Cara Menggunakan Fungsi Distribute Firebase Flutter | Apa itu Distribute Firebase Flutter

Fungsi Distribusi Pada Firebase Flutter - Hari kita akan membahasa tentang distribusi salah satu fitur penting pada layanan firebase. Jadi saya akan bercerita tentang development pada sebuah aplikasi android. Ketika teman teman melakukan development flutter membuat aplikasi android, setelah menyelesaikan proses development, pasti harus dilakukan sebuah proses testing,


Proses testing merupakan proses dimana aplikasi yang telah selesai prose development maka akan dilakukan pengujian mulai dari proses flow, pengujian tombol, pengujian pada device tertentu yang memiliki perbedaan dari segi besar tampilan,  core, system dan lain lain. Ketika hal ini dilakukan pastinya kamu harus juga memiliki banyak sekali pengujian oleh beberapa tim, atau sekedar teman teman dekat untuk melakukan pengujian. 


Dengan melakukan pengujian secara manual, pasti kamu perlu mengirimkan file apk / aab ke grup, whatsapp atau aplikasi pesanan lainya. Mungkin 1x atau 2x ok saja, tetapi bagaimana jika kamu membutuhkan perbaikan versi 1, perbaikan versi 2 hingga versi seterusnya, bahkan kita tahu bug aplikasi selalu saja ditemukan dalam setiap versinya, hal ini sangat tidak disarankan karena kamu bisa mengharuskan upload ulang, memberitahu rekan / teman ada versi baru yang sudah diperbaiki hingga 10x pengulangan seperti itu.. 


Nah disini pentingnya fitur dari firebase app distribution, membuat kita dimanjakan atas apa yang harus kita lakukan dan itu lebih memudahkan mulai dari tenaga waktu dan record atau perekaman error. Disini saya akan singkat menjelaskan tata caranya, untuk sebelumnya kamu harus sudah mempunyai account firebase pada aplikasi yang dimaksud.




Pertma buatlah sebuah grup tester, isinya isa teman teman atau rekan kerja kalian, Sebenarnya fitur ini ada di bagian play console. tetapi harus bayar terlebih dahulu, tetapi kalo difirebase ini lebih ke gratis aja. nah setelah kamu sudah bikin grup silahkan langsung upload di tab release. Ketika melakukan proses addd group dengan email, pastikan rekan / teman kamu mendapatkan email masuk dari google untuk memvalidasi penerimaan sebagai tester aplikasi.


Dari sini setiap melakukan proses tester bisa dikombinakan dengan firebase crashlytics. Ketika ada error langsung ke rekam, setiap ada perubahan aplikasi ada update terbaru otomatis akan memberitahu kepada tim tester terkait. 


Jadi kesimpulanya adalah fitur firebase ini akan mempermudah bagi development untuk mensetelkan aplikasi. So buat kamu jangan sampai gak digunakan karena ini penting banget untuk mendukung proses development aplikasi. Untuk bahkan kita bisa belajar cli pada firebase agar proses upload menjadi lebih mudah dan cepat tanpa harus membuka web firebase dan login terlebih dahulu.



 


Related Posts

Post a Comment

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

MMU Menerima Content Placement Dan Back Link
Terimakasih Telah berkunjung , Ada yang bisa saya bantu? ...
Chat Sekarang