Cara Menggunakan Firebase Crashlytics di Flutter | Merekam Error Production flutter App

Cara Menggunakan Firebase Crashlytics di Flutter | Merekam Error Production flutter App - Kali ini kita akan berkenalan dengan fitur crashlytics pada firebase, apa itu fungsi dari crashlytics ini ? jika kamu merasa pernah membuat sebuah aplikasi entah itu android, vue atau apapun itu pastinya kamu pernah merasakan sebuah kesalahan / error pada seuatu aksi. Entah waktu melakukan proses data input out atau mengelola informasi data dari inputan atau dari database. Sehingga kesalahan tersebut membuat aplikasi tidak berjalan dengan yang seharusnya.


Terdapat beberapa kesalahan pada aplikasi membuat developer harus segera melakukan perbaikan atas beberapa error atau warning pada code, nah ketika dalam melakukan tester dipastikan terdapat beberapa error yang terjadi pada device tester, membuat kita sebagai developer kesulitan untuk melakukan dimana letak kesalahan, ketika melakukan proses data. Karena aplikasi yang berjalan di device tester bukan aplikasi yang berjalan dengan debuging. Debuging sendiri adalah proses aplikasi yang setiap eksekusi code bisa langsung terlihat prosesnya dan akan ditampilkan ke dalam informasi berbentuk window.


Tanpa debuging maka developer akan kesulitan untuk menganalisa bagian mana kesalahan terjadi, maka fitur crashlytics ini mempermudah pekerjaan developer dalam menganalisa dimana letak kesalahan itu terjadi yang membuat sisterm tersebut tidak berjalan dengan baik atau aplikasi tiba tiba keluar / force close.


Berikut ini adalah contoh rekaman error dari aplikasi flutter di crashlytics.



Memang menurut saya error yang direkam oleh firebase, cukup membantu dalam menganalisa terkait dengan error, tetapi rekam error tersebut tidak se detail pada saat melakukan debuging. Setidaknya kamu bisa mendapatkan informasi error dari setiap aplikasi yang berjalan di setiap device. Ini membantu banget buat kamu apabila terjadi keluhan dari setiap customer / client bahwa terjadi error pada alur A, atau flow B tidak berjalan dengan baik. Akhirnya kamu bisa memeriksa dan memperbaikinya.


Lalu bagaimana cara kamu bisa memasang crashlytics firebase ini, Silahkan simak beberapa cara untuk melakukan proses menggunakan crashlytics ini : 


1. Lakukan install library flutter pub add firebase_crashlytics

2. Lakukan penambahan code pada bagian  android/build.gradle

1
2
3
4
 dependencies 
 // ... other dependencies such as 'com.google.gms:google-services'
 classpath 'com.google.firebase:firebase-crashlytics-gradle:2.7.1'
} 

3. Lakukan penambahan code pada bagian file android/app/build.gradle

android {
// ... your android config
}

dependencies {
// ... your dependencies
}

// tempel kode dibawah ini
apply plugin: 'com.google.firebase.crashlytics'

Sekaran kita sudah cukup untuk melakukan setup pada android kini kita memerlukan proses untuk menangkap error di bagian file main.dart

1. Import terlebih dahulu, kode dibawah di file main.dart

Taruh kode dibawah ini sesuai dengan code import dibawah

import 'package:firebase_crashlytics/firebase_crashlytics.dart';

Lalu tulis kode dibawah ini dibagian void main()

// Initialize Firebase.
await Firebase.initializeApp();
// Code dibawah ini berfungsi untuk merekam semua kesalahan / error di flutter
FlutterError.onError = FirebaseCrashlytics.instance.recordFlutterError;


Sudah Selesai, kamu sudah bisa melakukan proses dimana crashlytics akan berjalan dengan baik, Lalu kamu perlu mengetahui beberapa code dibawah ini.

Code dibawah ini digunakan untuk melakukan proses crash secara manual, kamu tak perlu bingung untuk mencoba membuat code error. Disini sudah disediakan, 

FirebaseCrashlytics.instance.crash();


Kalo kamu ingin mengetahui code siapa ini yang error, kita bisa memberikan informasi identitas code yang error, contoh ketika kamu punya 4 tester device, dan 1 device yang error, ketika kamu lihat error difirebase ada bermacam macam kamu ingin tahu hanya error 1 device ini. maka kamu perlu memberikan identitas disetiap error. error itu milik identitas tersebut. 

FirebaseCrashlytics.instance.setUserIdentifier("12345");

Dari kode diatas, saya menggabungkan device id sebagai identitas error pada crashlytics. Untuk lebih jelasnya tentang crashlytics ini silahkan langsung saja menuju ke sumber Disini



Related Posts

Post a Comment

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

MMU Menerima Content Placement Dan Back Link
Terimakasih Telah berkunjung , Ada yang bisa saya bantu? ...
Chat Sekarang