Cara Membuat Perencanaan Keuangan Bulanan Pengeluaran Tahunan

Cara Membuat Perencanaan Keuangan Bulanan Pengeluaran Tahunan  - Mungkin bagi kamu yang sudah bekerja dan mungkin sudah menerima gaji pastinya kamu sudah memerlukan sebuah perencanaan keuangan. Saya dulu setiap ada pengeluaran setiap bulan, setiap hari saya catat, Pengeluaran tahunan pun saya bagi menjadi beberapa bagian menjadi biaya bulanan, sehingga ketika ada biaya tahunan muncul maka secara otomatis saya lebih tenang karena uang tersebut sudah tersedia.

Lalu apa sih pentingnya perencanaan pengeluaran bulanan / tahunan ?. Penting banget karena ada beberapa informasi yang bisa diberikan, informasi ini sangat penting dalam hal keuangan. Informasi tersebut bisa memberikan sesuatu tentang kebijakan dalam pengambilan keputusan dalam melakukan proses pengeluaran, penyimpanan, investasi, cicilan dan lain sebagainya. Berikut ini adalah penjabaran : 

1. Pengeluaran.

Dengan mengetahui pengeluaran kita setiap bulannya bahkan hingga biaya biaya tahunana, kamu akan tahu dan bisa mengetahui batasan batasan pengeluaran kamu, uang yang sebenarnya dibutuhkan, dan lain sebagainya.

2. Investasi

mengetahui Investasi, mengetahui akan uang yang bisa kami investasikan sehingga kamu mempunyai perencanaan yang baik dalam memandang masa depan, merencanakan dalam membeli sebuah rumah, impian impian yang bisa kamu capai. 

3. Keinginan

Kamu perlu bisa mengontrol keinginan kamu, kamu tahu akan uang yang menganggur, memberikan batasan batasan keinginan yang bisa kamu penuhi, tidak menggebu gebu dalam membeli produk, intinya kamu bisa mengontrol akan hal ini.

4. Pengeluaran Harian

kamu bisa mengetahui budget pengeluaran harianmu berapa sehingga kamu tahu apakah hari ini sudah over budget atau sudah sesuai. Sehingga kamu dapat mengontrol.


Mungkin itu beberapa contoh saja informasi yang penting bisa kamu dapatkan ketika membuat perencanaan keuangan. Hal ini membuat kamu semakin melek terkait keuangan. Apalagi buat kamu yang sudah berkeluarga otomatis ini sangatlah teramat penting. baik lalu berikut ini contoh informasi excel yang bisa saya bagikan. Lihat gambar dibawah ini,





Dari gambar tersebut saya jelaskan poin poin yang sudah saya berikan informasi dalam bentuk angka, berikut ini adalah penjelasanya : 

1. Tuliskan sebuah nama untuk bentuk pengeluaran kamu, 
2. Berikan total budget yang harus kamu keluarkan, ingat budget ini harus dikeluarkan.
3. Perwaktu : Merupakan sebauh waktu kapan budget ini harus dilunasi, apakah bulanan / tahunan.
4. Periode : Disini tuliskan periodenya kalo tahuanan 12, kalo bulanan 1. Karena budget ini akan dibagikan ke periode, contoh disini saya ada sim A katakanlah biaya tersebut adalah 150.000, tanggal kadaluarsa 5 tahun. maka ada 60 bulan, maka 150,000 / 60 : 2,500

Dari sini kalian bisa melakukan pembuatan sendiri sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Semoga kamu bisa merencanakan keuangan dengan baik dan bisa memandang kedepanya menjadi lebih baik juga.

Kategori Post : Informasi : viral, agama, tips dan trik, teknologi. Bisnis Internet. Soft Skill. Hard Skill : blogger, pemograman, hacking. Review Wisata : pandangan, politik, review produk. Keuangan : kartu kredit, investasi, pinjaman.
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com is an information blog founded in 2014. This blog shares information from experiences, tips, and tricks, as well as comments from the author's side. I am someone who is always eager to learn new things and share my knowledge of various topics. 

Diberdayakan oleh Blogger.