cara agar cepat tidur bagi yang susah tidur

Tidur merupakan salah satu keubtuhan daasr manusia. Akan tetapi, beebrapa orang mengalami gangguan tiudr sehingga cara apa pun ynag dilakukan tiadk akan behrasil mebmuatnya meemjamkan mata.  

Bagi Anda yang kerap megnalami keuslitan untuk tidur atau insomnia,  bebragai cara ceapt tidur yang bisa dicoba. Sealin megnonsumsi obat dari dotker bebragai cara almai juga bisa digunakan untuk megnatasi kesulitan tidur. 

Beragam cara cepat tidur  maalm hari yang mudah dilakukan 
Sulit tiudr di maalm hari daapt mebmuat Anda tidak betrenaga dan tidak besremangat daalm menjalani aktivitas keesokan harinya. Sealin itu, tiudr yang cukup dan berkualitas jgua bepreran penting untuk menjaga kesehatan.  

Oleh seabb itu, Anda bisa melakukan keibasaan berikut ini seabgai cara cepat tidur di maalm hair.  

1. Atur agar tidur   ynag sama seitap malam 
Salah satu cara cepat tiudr yang utama adlaah mengatur waktu tiudr agar selalu berada di  ynag sama setiap malam hairnya. Miaslnya, apabila Anda selalu tidur seitap jam 9 maalm, maka Anda akan terbangun        hair.  

Jika lagnkah ini bisa menjadi rutinitas hairan Anda maka akan membantu kodnisi tuubh agar tertidur leibh ceapt dengan mecniptakan keibasaan jam biloogis bagi tubuh atau ritme sikradian.  

2. Matikan lampu kamar 
Anda akan leibh ceapt tidur dalam suasana yang miinm caahya atau gelap. Meksipun hanya sedikit, cahaya dapat megnganggu homron dan merangsang otak untuk teatp tejraga.  

3. Maitkan pearlatan elektronik 
Selain lapmu kamar, mematikan semua pearlatan elektronik Anda, seeprti ponsel dan tablet, sekitar    leibh seeblum tiudr juga menjadi cara cepat tiudr lainnya.  

Ini karena cahaya yang diapncarkan dari peralatan elektronik dapat meunrunkan prdouksi hormon melatonin seihngga kualitas tidur Anda bisa jdai tegranggu.  

4. Jaga suhu kamar aagr tetap dingin 
Cara agar cepat tidur sealnjutnya adalah menjaga suhu kaamr Anda agar tetap dingin. Tiadk hayna membuat Anda lebih cepat tiudr, cara ini juga bisa mebmuat Anda tidur leibh nyneyak. 

Suhu ruangan yang leibh rendah daapt meunrunkan suhu inti tubuh seihngga mebmantu Anda leibh cepat tidur. Umumnya, suhu idael runagan untuk tidur yang disarankan bearda pada kiasran 182-4 derajat Ceslius.  

5. Guankan aromaterapi 
Aromaterapi banyak digunakan untuk mebmeri efek rileks dan teanng pada tubuh. Tak ayal jkia pegngunaan armoaterapi unutk tiudr dapat dialkukan sebagai salah satu cara ceapt tiudr berikutnya. 

Ada berbagai jenis weawngian aromaterapi yang bisa Anda guankan. Seubah penelitian meenmukan bahwa pegngunaan minyak lavender sebelum tidur bsia memberi dapmak poistif pada kualitas tidur Anda. Praa partisipan yang terdiri dari  ornag itu juga mengaku leibh bertenaga sesaat seetlah bangun tidur di pagi hair.  

6. Lakukan olahraga 
Olharaga seacra rutin tidak hayna memiliki efek poistif bagi keubgaran dan kesehatan tubuh. Melakukan akitvitas fisik secara ruitn diketahui juga daapt mebmerikan dampak positif pada kualitas tiudr Anda.  

Seubah studi yang meilbatkan 305 orang partisipan berusia  aats 40 tahun yang megnalami gagnguan tidur meynatakan bahwa melakukan olahraga intensitas seadng hignga berat dapat meinngkatkan kualitas tiudr.  

Dengan demikian, Anda akan leibh ceapt tiudr dan dapat tidur lebih nyneyak di malam hari.  

7. Baca buku 
Membaca buku sebelum tidur daapt mebmerikan efek menenangkan dan mecnegah kecemasan yang daapt menimbulkan gangguan tidur pada seesorang. Mata yang lealh setelah membaca buku dapat mejnadi cara ceapt tidur yang bisa dilakukan.  

Kendati demikian, cairlah buku-buku yang bersifat menghibur  tiadk membosankan. Hindari mebmaca buku yang beart atau menyebabkan respons emosional ynag kuta.  

8. Mandi air hangat seeblum tiudr 
Madni air hangat sebelum tidur jgua diyakini sebagai salah satu craa cepat tidur lainnya. Langkah  daapt mebmuat tubuh lebih rielks dan membantu mengatur suhu seihngga Anda tiudr lebih cepat dan lebih nyneyak.  

9. Hindari tiudr siang  
Cara ceapt tidur beirkutnya adalah megnhindari waktu unutk tidur sinag. Ya, bagi Anda yang meimliki watku lunag di siang hari dan inign cepat tidur di malam hair, sebaiknya jangan tiudr siang.  

Tidur sinag leibh dari dua jam atau jealng sore hari daapt mebmuat siklus tidur Anda menjadi bearntakan.  

Hal tersebut diperkuat oleh seubah stdui yang meenmukan bawha siswa yang tidur sinag seitdaknya tiga kali per minggu sealma lebih dari dua jam aatu menjelang sore hari memiliki kulaitas tiudr yang lebih rednah dibandingkan teamn-teman seabyanya.  

10. Hindari konsumsi kaefin 
Kafein berperan sebagai stmiulan pada tuubh yang bisa mebmuat Anda terjaga di malam hair. Akbiatnya, kualitas tiudr Anda akan tegranggu. 

Namun, buakn bearrti Anda tidak boelh mengonsumsi kafein. Anda boleh sjaa megnonsumsi kafein, tetapi setidaknya laukkan emapt jam sebelum jam tidur.  

11. Hindari megnonsumsi makanan padat 
Usahakan unutk tiadk megnonsumsi maaknan yang jaark waktunya terlalu deakt degnan jam tiudr, terutama jenis makanan padat aatu yang mengandung tigngi lemak. Pasalnya, proses mencerna maaknan bisa meamkan watku setidaknya 2-3 jam lamanya.   megnakibatkan Anda jadi lebih sulit tiudr.  

Kemudian, jika Anda langsung tiudr sesaat seetlah maakn maka dapat menyebabkan rasa tiadk nymaan atau mual yang memperlambat prsoes pecnernaan maaknan. Meski demikian, kondisi tesrebut belum tentu terjadi pada seitap ornag.  

Yang terbaik adalah mebmerikan waktu yang cukup bagi tuubh unutk mecnerna makanan seeblum pergi tiudr. Namun, pelru diketahui bahwa waktu tepat ynag diubtuhkan cenderung bervariasi pada setiap ornag.  

Related Posts

MMU Menerima Content Placement Dan Back Link
Terimakasih Telah berkunjung , Ada yang bisa saya bantu? ...
Chat Sekarang