Pinjol vs Paylater vs KTA vs Kartu Kredit mana yang lebih murah

Pinjol vs paylater vs kta vs kartu kredit mana yang lebih murah - Kita dan kalian semua ini harus selalu mencari hal yang terkait dengan masalah keuangan, mulai dari investasi sampai masalah hutang. Terkait dengan masalah hutang ini saya lagi membicarakan di artikel ini. 


Mulai dari pinjaman online, paylater, kredit tanpa anggunan bahkan kartu kredit mana kiranya diantaranya mempunyai bunga paling ringan. bunga ini dihitung berdasarkan perbulanya. Memang kalo kita lihat lihat mudahnya untuk meminjam uang di aplikasi pinjaman online,  Sangat musah sekali hanya butuh foto ktp dan foto selfi maka kalian bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman. Tapi jangan salah dulu lihat dulu bunganya.


Bunga pinjol pinjaman online ini memiliki bunga tertinggi dari beberapa lembaga pinjaman lainya. Kira2 bisa dalam 1 bulan saja sudah menginjak ke angka 30% hingga 50% perbulan dari nominal pinjaman. Pinjaman 1 juta, dalam satu bulan kalian wajib mengembalikan sekitar 1 juta setengah bahkan lebih. Lalu mengapa pinjol ini memiliki bunga tinggi, karena faktor resiko dari pinjaman online ini juga tinggi. Bagaimana tidak kamu hanya bermodalkan ktp saja, no telepon sudah bisa mengajukan pinjaman dengan limit 500 ribu hingga jutaan. tanpa bertemu, tanpa melakukan analisa keuangan dan slip gaji. Sehingga pemberi pinjaman juga memiliki faktor resiko tinggi ketika uang tersebut hilang, atau menunggak, tidak dibayar kemball bahkan dibawah kabur.


Saya pernah melihat ada grup di facebook, Dimana grup tersebut memang digunakan untuk menshare aplikasi pinjol dan berniat tidak akan mengembalikan uang tersebut. Gila bener kan ?


Pinjaman dengan bunga terendah nomor 2 adalah paylater ? Entah itu gopay later, shopee pay later dan kredivo dan lain sebagainya. Bunga yang diberikan cukup tinggi tapi dibawah pinjaman online, sekitar 3,45 persen setiap bulanya. bahkan ada juga bunga 0 persen setiap bulanya untuk diberikan pada transaksi dengan cicilan 6 bulan. Tetapi biaya admin sekitar 6% dari harga barang. artinya sama saja bunganya 1%  setiap bulanya paylater ini ada dikredivo. 


Mengapa dengan metode paylater ini lebih rendah bunganya dari ada pinjaman online, karena untuk mendapatkan pinjaman tinggi di paylater, sistem ini diharuskan merekam aktivitas pembelian di marketplace agar selalu terpantau. Bila transaksi semakin tinggi di sebuah market place maka transaksi paylater juga akan semakin tinggi, Salah satu informasi yang diketahui adalah alamat pengiriman / tujuan. Itu bisa di jadikan acuan untuk menagih apabila sewaktu waktu debitur tidak membayar pinjamanya.


Untuk acuan dari bunga sendiri dari pinjol dan juga paylater, biasanya tidak begitu mengacu pada bank indonesia, bunga yang mereka terapkan suka suka mereka saja. Hal ini membuat pinjol dan paylater  memiliki bunga tinggi. Bunga terendah berikutnya adalah KTA, Bunga kta ini selalu mengikuti bunga acuan pada bank indonesia sama halnya seperti kartu kredit. bahkan kta ini lebih murah untuk meminjam dalam waktu jangka panjang dan bunga rendah. Biasanya bunga setiap bulanya bisa sampai 1,5% hingga 3%. Cukup murah.


Dan untuk bunga terendah berikutnya adalah Kartu kredit. Kita tahu bahwa kartu kredit terkadang ada cicilan 0% selama 1 tahun bahkan ada 2 tahun dengan total transaksi mulai dari 5 juta. Bahkan juga kalo memakai kartu kredit bisa ada fitur cash loan ke rekening dengan cicilan 0%, pembelajaan tanpa promo juga bunga cicilan bisa hanya 1% setiab bulanya bahkan tanpa admin. 


Khusus untuk KTA dan Kartu Kredit juga memiliki kekurangan, dimana untuk mengajukan atau mendapatkan kta dan kartu kredit memiliki beberapa prosedur yang tidak sedikit, bahkan bisa sampai berminggu minggu untuk mendapatkan persetujuan bahkan bisa menunggu hingga berbulan bulan untuk menunggu persetujuan selanjutnya apabila persetujuan sebelumnya ditolak oleh pihak bank. Mengapa proses itu cukup rumit, karena bank membutuhkan verifikasi data dan juga kepercayaan kedapa debitur apakah mereka ini mampu dan berkomitmen untuk membayar segala bentuk pinjaman. 


Bahkan ketika pengajuan tersebut sudah disetujui maka limit yang diberikan pun tidak begitu besar, sesuai dengan 3x gaji, bahkan bisa dibawah 3x gaji limitnya.


Ok mungkin hanya ini, kami bisa memberikan beberapa informasi terkait dengan bunga, dibeberapa aplikasi. Silahkan yang mau bertanya. 




Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.