Pendapat Aku Tentang Harga Tiket Masuk Ke Borobudur Naik 750 Ribu

 

Pendapat Aku Tentang Harga Tiket Masuk Ke Borobudur Naik 750 Ribu - Tiket harga masuk yang dulunya adalah 50 ribu sekarang berubah naik menjadi 750 Ribu, alih alih dikarenakan untuk menjaga warisan budaya dunia, Unesco. Ada beberapa masalah yang terjadi ketika kebijakan tersebut tidak diukur dengan perundingan atau musyawarah terlebih dahulu dengan masyarakat sekitar.


Alasan alasan yang selalu di ungkapkan oleh pemerintah adalah bahwa candi borobudur dianggap mudah mengalami kerusakan, candi hilang karena dicuri, Agar yang membayar  mahal adalah orang orang yang tidak mudah membuat kerusakan, atau mencintai / lebih mengerti terkait dengan situs yang dilindungi dan tidak mudah untuk dirusak.


Yang saya mau luruskan adalah, ketika biaya masuk mahal seperti itu. Bagaimana keadaan dengan UMKM yang telah lama berada di borobudur untuk menjual pernak pernik. atau oleh oleh. Lalu dikatakan bahwa yang bisa membayar lebih mahal itu yang boleh naik ke candi. Apakah seperti orang yang membayar lebih mempunyai level yang baik untuk menaiki candi. Hanya orang orang tertentu. Orang miskin dilarang naik candi. 


Atau alasan tersebut adalah karena candi tersebut adalah tempat ibadah. Kalo memang itu adalah tempat ibadah, ya seharusnya candi borobudur itu ditutup saja, karena itu dikhususkan ritual bagi umat budha, tidak sepatutnya tempat ibadah dibuat tempat pariwisata. 


Tapi dari pikiran aku sendiri, terserah lah mau naik 1 juta naik 10 juta buat masuk ke borobudur. Karena aku sendiri sudah tidak tertarik untuk melihat candi tempat peribadatan orang lain atau sesembahan orang lain, karena itu bisa jadi menggangu tempat orang lagi ibadah. Bahkan saya menekankan bahwa jangan memasuki tempat ibadah orang lain. Tapi kalo memang itu adalah tempat wisata yang dimana adalah hal itu warisan budaya indonesia bahkan dunia. biarlah tiket masuk lebih terjangkau. Agar orang orang lebih mengenal apa itu situs candi borobudur, 


Kasih lah penjaga yang selalu berkeliling ditempat candi, untuk memperhatikan perilaku pengunjung itu lebih baik dari pada harus menaikan tarif lalu dikatakan agar candi tidak rentan kerusakan.

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.