Kenali Dulu Resiko Sistem COD Shopee Tokopedia Lazada

 

Resiko Mengaktifkan Sistem COD Shopee  -  Kali ini saya akan membahas terkait dengan resiko resiko yang terjadi ketika melakukan pengaktifan sistem COD. Ini bukan hanya dari shopee aja ya, bisa dari marketplace lainya. Bisa Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya. Sistem COD merupakan fitur cash on delivery, Dimana pembayaran dilakukan ditempat secara langsung oleh pihak edisi. 


Seharusnya pelanggan tahu sistem COD ini, Bahwa sistem ini harus dilakukan pembayaran ketika barang sampai. Saat barang diterima. Bukan saat barang sudah dibuka, sedang dibuka, bahkan barang tersebut sudah di coba baru dibayar. Bahkan bukan kalo pelanggan merasa puas baru dibayar. Ini jelas jelas salah ya. Sama halnya kalo kamu mau beli makanan yang diantar, kan pasti langsung dibayar. bukan dicoba in dulu kalo enak baru dibayar, kan gak gitu ya. Tapi


Namanya pelanggan gak semua seperti itu, Kadang kadang ada yang memaksa dibuka dulu baru kalo sesuai baru dibayar. Padahal sistem ini itu kalo gak sesuai silahkan ajukan komplain bukan malah menolak untuk membayar dan mengembalikan barangnya.


Nah resiko resiko seperti diatas adalah sangat bisa terjadi di sistem COD di martket place. Saya jelaskan lagi dibawah ini :



1. Terjadi gagal bayar, saat terjadinya COD. bisa jadi alasanya pelanggan kurang tahu sistem dan gak mau bayar, atau salah alamat, orang yang beli gak ada di tempat. 


2. Barang hilang ketika COD gagal. Biasanya sistem ini membuat para kurir menjadi malas, karena harus mengembalikan paketan tersebut ke asal. Iya kalo satu kota, satu provinsi. Kalo beda provinsi, beda pulau bisa bisa barang penjual hancur sering kebanting banting ketindih. Bahkan bisa jadi pihak ekspedisi menjadi malas. karena itu adalah menjadi kerugian.


3. Sulit dimintain pertanggung jawaban kalo barang kenapa napa.


4.Penjualn rugi di packing. Gimana gak rugi, setelah dilakukan packing ternyata batal. Ya otomatis biaya packing siapa yang akan menanggung. Pastinya penjual.


Sistem ini mungkin masih harus dilakukan pengkajian lagi, karena dari segi sistem di indonesia masih banyak yang terima barang dulu, dibuka dulu, kalo suka dibayar kalo enggak ya gak dibayar. Bahkan barang nya suka kalo tidak punya uang. Tinggal enak bilang "Gak punya uang mas, gak jadi dulu." wah wah... 


Tetapi sistem ini juga divalidasi oleh si shopee, bila terjadi 3x atau 2x sistem ini COD gagal dilakukan oleh akun tersebut. maka sistem COD ini akan dinonaktifkan auto oleh sistem. But ini itu siapa terusan yang menanggung biaya 2 kegagalan sistem COD ini. ya gak. Jadi ketahuilah resiko resiko bagi penjual ya. Terimakasih..

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.