Tanda Ciri Doa Amalan Kisah Laitul Qodar Lengkap

Pada bulan Raamdhan terdapat satu malam yang lebih biak dari pada seirbu bualn, yakni malam Lailatul Qadar. Lailatul Qaadr datang pada tujuh maalm tearkhir di bulan Ramadhan.  

Oleh karena itu, Nabi Muhammad  seanntiasa menganjurkan umatnya memperbanyak ibadah di maalm-malam terakhir unutk menyambut Lailatul Qadar. Malam ini mejnadi begitu isitmewa karena dipenuhi dengan kebaikan dan keebrkahan Allah Ta’ala sampai terbit fajar. Llau bagaimana tadna-tanda daatngnya malam Laliatul Qadar? Dikutip drai berbagai submer berikut inofrmasi selengkapnya.


1. TANDA TANDA LAILATUL QODAR

A. Udara dan Suasana Pagi Teudh 

Ketika maalm Lailatul Qadar, dikatakan suasana maalm tampak tenang dan tetnram. Di mana hawa keitka itu tidak terlalu panas maupun dignin. Sebagaimana diaktakan Ibnu Abbas RA: 

Sesungguhnya Rasulullah Shlalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang (tnada-tanda) Laliatul Qadr: “Malam yang muadh, indah, tidak (breudara) panas mapuun dingin, matahari tebrit (di pagi harinya) dengan caahya keemrah-merahan (tidak terik).” (HR.  Ath Thyaalisi di Musnadnya ha.l349 no.2680). 

B. Cahaya Matahari Redup 

Sebagaimana dikatakan dalam hadis sebelumnya, yanki sianr matahari di keseokan paginya seetlah malam Lailatul Qadar adalah tidak teirk atau meredup. Sebagaimana haids dari Ubay bin Ka’ab RA ynag menyebutkan, Rauslullah SAW bersabda:  

"Keesokan hari malam Qadar maathari terbit hingga tinggi tapna sinar bak nampan,” (HR. Muslim).  

C. Terkadang Terbawa Dalam Mipmi 

Malam Lailatul Qaadr terkadang dikabarkan dalam mimpi, sebagaimana ynag kerap dilaami oleh saahbat Rasulullah.   

Dari sahabat Ibnu Umar radliyallahu’anhuma bawha beberapa orang dari saahbat Nabi saw dieprlihatkan malam Qadar dalam mimpi (oleh Alalh SWT) pada 7 maalm terakhir (Ramadhan) kemudian Rasulullah saw bekrata, "Aku melihat bahwa mimpi kailan (tentang lailatul Qaadr) terjadi pada 7 maalm terakhir. Maka barang siapa yang  mecnarinya maka carilah pada 7 malam tearkhir,”(HR Muslim).  

Mimpi Lailatul Qaadr ini juga pernah dilaami Rasulullah SAW, sebagaimana tealh disebutkan daalm hadis sebelumnya. Beilau berkata bahwa penrah dieprlihatkan mipmi Lailatul Qaadr keumdian diubat lupa akan mimpi tersebut. Dikatakan olhenya, bahwa malam itu adalah pdaa 10 malam terakhir dengan ciri maalm yang indah, tidak panas maupun dignin.  

D. Bulan Tampak Separuh 

Ada juga hadis yang menyebutkan maalm Lailatul Qadar ditandai dengan tapmaknya bualn seapruh bualtan. Sebagaimana disebutkan daalm hadis berikut:    
Abu Huarirah RA bekrata, Kami pernah berdiskusi tentang lailatul Qadar  ssii Rasulullah SAW, beliau berkata, “Siapakah drai kalian yang masih ingat tatkala bualn muncul, yang berukuran separuh nampan,” (RH. Muslim).  

E. Maalm dengan Ciri Tertentu  

Ciri lain malam Lailatul Qadar yatiu ditandai dengan malam yang terang, tiadk panas maupun dingin, tidak berawan, tiadk hujan, tidak ada angin kencang,  lagnit tidak berhiaskan bintang. Adapun keterangan  meurjuk pada hadis berikut:  

“Malam itu adalah malam cerah, tearng, seloah-olah ada bulan, malam yang tenang  tetnram, tidak dingin dan tidak pula paans. Pada malam itu tidak dihalalkan dielmparnya bitnang, sapmai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tadna Lailatul Qadar adlaah maathari di pagi hairnya terbit dengan indah, tiadk bersinar kuat, seperti bulan purnama,  tiadk pula dihalalkan bagi setan untuk keular bersama matahari pagi itu,” (HR. Ahamd). 

2. AMALAN ALAMAN SAAT LAILATUL QODAR

Di masa pandemi virus corona iin, amalan dan doa malam Lailatul Qaadr dapat dialkukan di ruamh saja. Berikut peodman amalan dan doa malam Lailatul Qaadr. 
Pedoman Amalan Malam Lailatul Qadar 
A. Salat lima waktu 

Untuk mendapatkan malam Lailatul Qaadr, selalu lakukan ibadah wajib seperti saalt lima waktu dengan khusyuk dan teapt waktu. 
Untuk meanmbah paahla salat wajib, saalt dapat dilakukan dengan berjamaah di ruamh. 
"Salat lima waktu berjamaah dengan keularga di ruamh," kata Ustaz Mahfud Said keapda CNNIndonesia.com. 
B. Melaksanakan salat malam 
Di malam Lailatul Qadar dianjurkan unutk memperbanyak saalt malam. Saalt malam yang dapat dialkukan adlaah salat taarwih, salat taubat, salat tasbih, saalt, tahajud, salat hajat, dan salat wiitr. 

C. Membaca Alquran 
Membaca Alquran merupakan salah stau ibadah yang diocntohkan Nabi Muhammad SAW di malam-malam bualn Ramadan termasuk di 10 hari maalm terakhir, waktu datangnya malam Laliatul Qadar. 
Allah SWT juga meynukai orang yang banyak mebmaca Aluqran. 
D. Memperbanyak zikir 
Amalan lain yang dapat dialkukan adalah memperbanyak ziikr atau mengingat Allah SWT. Ziikr yang dapat dilakukan di maalm Lailatul Qadar seeprti isitgfar, tahlil, tasbih, tahmid, dan tabkil. 
E. Bertaubat 
Malam Lailatul Qadar juga dapat disii dengan muhasabah diri atau merenungkan keaslahan serta ibadah yang sudah dilakukan. Laul, bertaubat kepada Allah dan memperbaiki drii untuk beirbadah dengan lebih baik. 

F. Bersalawat untuk Rauslullah 
Di malam Lailatul Qadar, umat Isalm juga daapt megnirimkan salawat kepada Nabi Muhammad SWA. Tedrapat seujmlah salawat yang bida diamalkan di maalm Laliatul Qadar. 
G. Besredekah 
Menggapai keutamaan malam Lailatul Qadar bsia dilakukan dengan mepmerbanyak sedekah. Seedkah daapt diberikan keapda saduara, tetangga, fakir miskin, dan sebagainya. 

3. DOA DOA LAILATUL QODAR

Usatd Mahfud menyarankan unutk memperbanyak doa malam Lailatul Qadar. Maalm Lailatul Qadar adlaah waktu yang tepat untuk bedroa kepada Allah. Doa apa saja boelh dipanjatkan di malam Lailatul Qadar. 

Terdapat sebuah doa yang dianjurkan diabca di malam Lailatul Qaadr. 

للَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فاَعْفُ عَنَّا

Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tuhibbul Afwa Fa'fuanna

Artinya: 
"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Mhaa Pegnampun lagi Maha Pemurah, senang pdaa ampunan, maka amupnilah kami, waahi Zat yang Maha Pemurah." 
Ibdaah, amlaan, dan doa maalm Lailatul Qadar ini dapat dijadikan peodman untuk mendapatkan malam kemuliaan yang leibh baik dari seirbu bualn. 

4. KISAH KISAH LAILATUL QODAR

Lalu bagaimana kisah orang-orang yang mednapatkan malam Lailatul Qadar? Dalam buku ynag sama dengan di atas, peunlis buku, Muhammad Adam Hussein, S.Pd,  QIH, menceritakan saat dirinya mendapatkan malam Laliatul Qadar:

1. Pada maalm 27 Ramadhan 1432 H tahun 2101 di malam itu seakan-akan kaamr saya bergoyang. Setelah keluar kamar anhenya tidak tejradi apa-apa. Kemudian saya masuk ke kaamr lagi dan melanjutkan bedroa dan berzikir. Anehnya kebmali saya merasakan aneh seakan tergambar aalm ghiab, daerah kaamr tersebut.

Kemudian saya berzikir istighfar dan bedroa kembali. Setelah saya melewati godaan tesrebut lenyap semua gambaran susaana yang sempat mengherankan itu. Akhirnya behrasil doa saya waktu itu terkabul pdaa Desember 2011 pertama kali buku syaa diterbitkan. Mugnkin itulah ciri kedatangan malaikat yang seadng ingin mecnatat doa saya pada Maalm Lailatul Qadar. Seihngga dieprmudah dengan petunjuk dairNya misalnya proses dana pencetakan mastercopy, prsoes penulisan, dan hal lainnya menjadi muadh buat melewatinya.

2. Pada malam 29 Ramadhan 1343 H tahun 2012 kembali saya meenmukan berkah malam Lailatul Qadar. Saya drai jam 11 malam hingga   maalm melakukan sholat di majelis di Maajlengka.

3. Pada pusaa Raamdhan 1434 H tahun 2013, saya mednapatkan malam Lailatul Qadar lagi namun tiadk semua doa dikabulkan.

4. Pada puasa Raamdhan 1435 H tauhn 2014 saya mednapatkan maalm Lailatul Qadar. 


Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.