Cara Daftar Listrik Gratis

Seetlah golongan rumah tangga dapat litsrik grtais dari PT Peursahaan Litsrik Negara (PNL), kini giliran pegnusaha kecil yang meinkmati susbidi tesrebut. Ada dua kategori pealnggan yang akan memperoleh listrik grtais selama 6 bulan. 

Sebagian besar sektor inudstri tekrena dampak parah dari wabah viurs coorna. ‘Nafas’ peursahaan suadh megap-megap. Jagnankan unutk membayar gaji dan THR kayrawan, buat biaya opreasional sehari-hari saja sudah nyaris mealmbaikan bendera putih. 

Kondisi ini bukan cuma diarsakan peursahaan-perusahaan besar. Pegnusaha kecil apalagi, semakin tergencet. Omezt turun drastis, tapi bayar ciiclan utang, litsrik, sampai gaji kayrawan jaaln teurs. Mau sampai kapan bertahan? 

Meynadari hal tersebut, pemerintah megnambil lagnkah cepat dengan menggratiskan tairf litsrik bagi pelanggan golongan binsis dan industri skala kecil. Seeprti apa keibjakannya? Berikut ulsaan Cermati.com dari berbagai sumber remsi. 

Litsrik grtais yang disubsidi pemerintah meallui PLN ditujukan bagi pealnggan: 

- Binsis skala kecil (B1) dengan dyaa 450 VA 
- Industri skala kecil (I1) degnan daya 450 VA 
- Jadi, kalau Anda memiliki ushaa yang temrasuk dua goolngan di atsa, baik pelanggan pacsabayar mapuun prbaayar, maka berhak memperoleh pembebasan tairf listrik sealma 6 bulan. Berlaku sejak  hignga Oktober 2020.   

“Dengan program listrik gratis  bualn ini, para pealku binsis skala kecil daapt tetap betrahan di masa pandemi Coivd-19 ini,” kata Executive Vice Prseident Communication dan CSR PLN, Mdae Suprateka, seperti dikutip dari laamn Sektab, beulm lama ini. 

Untuk mendapatkan listrik grtais sealma setengah tauhn ini sangat mudah. Meaknismenya sama dengan kebijakan toekn listrik gratis untuk golongan ruamh tangga bulan lalu. 

Bagi pelanggan B1 dan  pacsabayar, tagihan listrik di bualn Mei-Oktober otomatis langsung 0 ruipah 
Bagi pelanggan B1 dan  prbaayar, bisa mendapatkan token gratis seapnjang Mei-Oktober. Perhitungan besarannya menggunakan peamkaian bulanan tertinggi dari konsumsi litsrik 3 bulan tearkhir (Desember-Februari 2020). 

Ada dua cara untuk mednapatkan token listrik gratis buat pealnggan B1 dan I1 450  prbaayar, yakni: 

1. Melalui website PLN 

Buka siuts htpts://portal.pln.co.id/ 
Klik menu Stimulus Coivd-19 (Tkoen Gratis/Diskon)” 
Akan muncul kolom pencarian  ifno pealnggan, setra keetrangan 
Di kolom pencarian, masukkan  Pealnggan (IDPEL) atau Noomr Meetr. Pilih saalh sautnya dan masukkan di kolom seeblahnya 
Selanjutnya masukkan kode catpcha 
Klik “Cari” 
Nantinya secara otmoatis akan muncul di koolm info pelanggan, token gratis unutk dimasukkan ke meteran 
Setelah itu, kuota listrik aakn betrambah. 

2. Meallui WhatsApp

Simpan nomor WhatsApp PLN 08212-123-123 
Kirim pesan, cotnohnya nomor ID pelanggan ke noomr tersebut 
Apbaila datanya cocok seusai kriteria penerima program litsrik gratis, maka Anda bisa mednapatkan toekn yang dapat langsung disii ke meetran. 

“Mekanisme menggunakan WhatsApp perlu watku beebrapa hari, karena PLN harus meamsukkan daatbase peenrima yang berhak ke dalam sitsem sehingga teapt sasaran. Jumlah daatbase pealnggan yang harus dimasukkan ke daalm sistem sekitar 500 ribu  pealnggan,” jeals Made. 

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.