Tips dan Cerita Sekolah Pondok Pesantren Diluar Kota

Tips Sekolah Dan Pondok Pesantren Diluar Kota - Berdasarkan pengalaman saya, yang tamatan pondok pesantren darul ulum jombang peterongan. Saya akan membagikan beberapa cerita singkat dan juga perjalanan menjadi santri, serta akan memberikan tips dan trik menjadi santri dipondok pesantren. Dan informasi kelebihan dan keuntungan yang diberikan dari pada hanya sekolah di negeri atau dirumah.

Sejak lulus MTsN didaerah saya dilumajang, saya sedikit dipaksa oleh orang tua untuk belajar dengan mondok diluar kota sana, secara otmatis saya menolak dan tidak ingin dipondokan. akan tetapi karena kakak kakak saya dulu juga mondok maka akhirnya saya iyakan.

Selang berapa waktu akhirnya saya pergi ke luar kota tepatnya didaerah jombang masih jawa timur sih. Tetapi dengan jalanan yang tidak seperti sakarang ini, perlu menempuh perjalanan selama 6 - 7 Jam. Sangat lama sekali.

Setelah saya sampai. Pondok yang bernama Darul Ulum ini, ternyata mempunyai banyak sekolah, antara lain : SMK Telkomunikasi, SMK Templek, SMA DU 1, SMA DU 2, SMA DU 3, Madrasah Aliya Negeri (MAN), Madrasah Madrasah Unggulan ( MAU), Untuk yang setara dengan SMP ada MTsN, SMP Negeri 3, intinya ada banyak deh mulai dari SD hingga SMA. Semua sekolah tersebut tunduk dalam aturan. 

Setelah itu saya memutuskan untuk memilih sekolah SMK Telkom sesuai dengan basic saya suka dengan komputer, Setelah melakukan penyerahan ijasah dan nilai nilai, akhirnya saya masuk ke dalam kelas jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL).  Begitu juga dengan calon teman temanku banyak yang berasal dari seluruh indonesia hingga indonesia timur.

Sekarang setelah dinyatakan berhasil diterima di sekolah tersebut, waktunya memilih asrama pondok. Hal tersebut adalah peraturan pondok, bila dari luar kota sekolah di darul ulum maka harus asrama pondok tidak boleh kost diluar kecuali anak kampung yang memang rumahnya dikota jombang. Saya memilih asarama pondok tinggi tak jauh dari sekolah, mungkin bisa ditempuh 5 menit berjalan kaki saja.

Itu adalah sedikit cerita saya sewaktu masuk ke pondok pesantren, disini saya akan bagikan tips pondok pesantren sesuai dengan pengalaman saya selama 3 tahun :

1. Kasur
Jangan sampai kasur terlalu sering dinjak injak oleh teman teman, karena itu bisa bikin gatal gatal dan biang kuman dan bakteri. Bisa jadi kaki teman yang kotor akhirnya menginjak kasur atau sprai yang biasa kamu tiduri.

2. Jangan Pakai Pakaian Teman
Jangan sering sering atau 1x pun memakai pakaian teman, apalagi yang bersifat lembab. Contoh Handuk, kaos kaki, baju, kaos, apalagi celana dalam. Itu mungkin saja terjadi. Meskipun anda dilarang untuk meminjam anda juga dilarang untuk meminjamkan. Bila anda terpaksa meminjamkan maka anda harus mencucinya sebelum dipakai.

3. Jangan pakai barang teman
Jangan pakai barang teman yang gatal gatal ditanganya, dikarenakan takut menular. Hal yang sangat terjadi adalah seperti bulpoin. Teman yang terkena gudik ditanganya lebih bisa menular ke teman. Pastikan untuk mempunyai barang sendiri, kalo itu terpaksa selesai pakai barang tersebut cucilah tangan.

4. Ikuti Aturan yang ada
Meskipun aturan yang ada didalam pondok merupakan hal yang aneh diluar sana tetapi itu merupakan kesalahan besar bila dilakukan ketika kamu menjadi santri, contoh : berpacaran bisa terkena sangsi denda Rp 500.000 atau dikeluarkan dari pondok dan sekolah bila berat, Keluar tanpa izin,

5. Banyakin Kenalan
Menjadi santri pasti memiliki banyak sekali calon teman, dari sini cari kenalan banyak santri, pastikan jangan terpengaruh dengan hal hal yang jelek. Disini anda akan bisa mendapatkan koneksi, membaca watak dan sebagainya dan dipastikan anda akan bisa mendapatkan banyak sahabat dan bisa saling sapa hingga dewasa.

6. Mandi
Jangan sampai mandi bersama, memakai sikat bersama dan sabun bersama. Jangan menggunakan air yang tidak bersih, biaya air berwarna seperti air sabun. jangan sampai menggunakan air tersebut. Gunakan air yang langsung dari pet atau aliran air. Kalo sampo tidak apa apa biasa malah banyak yang minta. hahaha...

7. Ulang Tahun
Pastikan kamu menyembunyikan tanggal lahir dari teman teman, karena sangat beresiko, mekipun itu merupakan bullying terhebat atau peng-usilan terdasyat. Biasanya sih setiap hari ulang tahun untuk teman teman spesial itu terkadang di masukin ke sungai, digerojok air kencing, dimintain traktir. Ya itu lah budaya budaya yang tidak baik. Tetapi sebaiknya menghindari saja. Enggak semua digitukan kok ada teman saya yang pendiam ulang tahun aman aman saja, tetapi biasa ada beberap traktiran seperti tumpeng.

8. Cari Makan
Carilah makan bersama teman teman agar lebih hangat dan lebih memperkuat pertemanan saja, terkadang jangan hanya cari makan, mungkin minum kop kewarung bersama, loundry sama sama, intinya banyakin sama samanya jangan individu nanti kamu gak betah.

9. Jalan Jalan
Nah ini juga, ketika anda mempunyai sahabat dekat atau teman dekat pasti akan ada rencana untuk jalan jalan ke luar kota, ke rumah temanya menginap. Dulu saya juga keluar pondok disaat liburan 3 harian, pergi ke rumah teman yang ada disurabaya untuk jalan jalan serta menginap dirumahnya.

10. Jangan Gosop Atau mencuri
Jangan gosop, apa itu gosop ? goso itu meminjam benda milik orang lain tanpa izin tetapi berniat untuk mengembalikan. Kalo bisa izin saja, kalo teman kamu adalah teman dekat its Ok namun barang yang digosop harus barang yang remeh seperti setrika mungkin, atau alat pemanas air. Tetapi itu gak tetap gak boleh. jadi pastikan anda tidak melakukan gosop. Apalagi mencuri, santri yang berhasil kedapatan mencuri bisa dikeluarkan dari pondok loh.. Kalo tidak biasanya anak santri lainya bisa main hakim sendiri, dan itu tidak boleh sebenarnya dalam islam dan negara.

Itu adalah beberapa tips yang mungkin bisa saya bagikan, Rasanya sangat senang sekali berada dipondok, mungkin 3 bulan hingga 6 bulan dipondok masih tahap adaptasi, tetapi setelah anda berhasil adaptasi pasti merasa ke asyikan sendiri bersama teman teman hingga saya saat ini sudah bekerja dan berumah tangga masih merasakan rindunya menjadi santri itu benar sangat melekat dihatiku. Saya akan bagikan lagi kelebih dan keasyikan menjadi santri.



Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.