Pembayaran QRIS Memudahkan Pengguna Dan Pemilik Merchant

Pembayaran QRIS Memudahkan Pengguna Dan Pemilik Merchant - Hari ini tepat sudah Januari tahun 2020 dimana semua qrcode pembayaran dari berbagai jenis ewallet mulai dari OVO, Gopay, DANA, Link aja dan lainya harus menggunakan qris standarisasi dari bank indonesia, QRIS merupakan qrcode yang sudah distandarisasi oleh bank indonesia, sehingga dalam 1 merchant hanya membutuhkan 1 qrcode saja bisa menerima semua jenis pembayaran.

Peraturan ini sudah diberlakukan 1 januari 2020, Maka secara masal semua merchant diindonesia sudah harus menggunakan standarisasi QRIS ini, Mulai dari E wallet hingga Bank. Peraturan ini juga akan mempermudah kita sebagai konsumen dan juga merchant sebagai penjual cukup 1 qrcode dan 1 jenis e wallet sudah bisa transaksi.

Meskipun QR code ini diterbitkan dari bank sinarmas atau sejenisnya dan pembayaran menggunakan link aja, ovo, gopay akan terkoneksi dan bisa bertransaksi, Bisa jadi scan pembayaran melalui kredivo juga akan bisa digunakan. tetapi untuk informasi kredivo masih saya tanyakan, apakah kredivo juga mendukung pembayaran ini.

Bagi para merchant silahkan untuk menggunakan 1 QRIS /  QR code saja, yang berlambang QRIS GPN. dengan ini saja anda sudah bisa menerima semua pembayaran mulai dari e wallet, Ovo, dana, link aja, gopay, mandiri, bca dan masih banyak lagi. Tanpa harus menyediakan EDC super ribet untuk mendapatknya. dan pastinya lebih cepat. 

Merchant ini yang dimaksud bukan hanya penjualan yang memiliki kios, tetapi pedagang kaki lima yang berkeliling juga akan bisa mendapatkan manfaat dari QRIS ini. Tempel saja QRIS ini di bagian kaca tempat dagangan, Yakin saja, uang yang dibayarkan akan secara otomatis masuk kedalam rekening bank atau e wallet.

Sedangkan untuk konsumen sendiri, hanya perlu menyediakan jenis pembayaran entah melalui e wallet (OVO, GOPAY, LINK AJA, DANA) atau mobile bank ( BCA ) yang sudah mendukung pembayaran qris ini. Tak perlu lagi anda harus split dana anda ke berbagai e wallet. Meskipun untuk sekarang masih terjadi kelebihan masing masing dalam melakukan pembayaran di merchant online tertentu, Contoh : OVO digunakan di Tokopedia, Baraksa dan Grab, Gopay Digunakan transaksi Gojek, Playstore, DANA transaksi di Lazada dan buka lapak, TIX id, link aja transaksi di Blue Bird, Gojek, Grab tokopedia. KRL, KAI 

Lihat dari segi e wallet mempunyai pembayaran yang berbeda beda untuk transaksi merchant online. Jadi mau gak mau sebagai konsumen pasti akan menginstall semua e wallet, karena kebutuhan pembayaran juga berbeda beda. Mau nonton saja harus Dana buat bayar di TIX, mau transaksi KAI harus install Link aja. Capek deh.. Setidaknya pembayaran di merchant offline sudah bisa menjadi 1.

Mungkin itu sih yang bisa saya sampaikan, kalo ada informasi lebih lanjut saya akan update artikel ini, apabila ada informasi dari pembaca langsung saja menuju ke kolom komentar.
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.