Cara Membuat CV Curriculum Vitae Yang Benar Professional

Cara Membuat CV Curriculum Vitae Yang Benar Dan Bagus - Setelah lulus dari SMA, SMK atau Sekolah Tinggi pastinya banyak dari berbagai siswa atau mahasiswa akan mencari pekerjaan. Salah satu persyaratan untuk melamar pekerjaan adalah Curriculum Vitae (CV). CV ini merupakan salah satu biodata tentang diri pelamar. Bagi kamu yang baru pertama kali membuat CV atau yang sudah pernah membuat tetapi masih belum terlihat professional silahkan simak beberapa penjelasan tentang CV.

CV merupakan sebuah informasi diri dan pengalaman. Jadi pastikan CV yang dibuat merupakan sebuah identitas diri dan pengalaman secara jujur dan apa adannya. Buatlah CV dengan template yang bagus, warna yang cerah.

1. Identitas Diri

Buatlah dan kasih informasi tentang identitas diri, Nama, No telepon, Alamat Domisili, Tinggi, Berat badan, Tempat dan Tanggal Lahir, Status Menikah. Berikanlah identitas biodata yang jelas : 

Alamat Domisili dibutuhkan agar HRD tahu posisi pelamarnya sedang berada dimana.

Tinggi dan berat : Agar HRD bisa menyesuaikan bahwa pekerjaan yang ditawarkan sudah sesuai.

Tempat dan tanggal lahir : Informasi ini berguna untuk syarat pekerjaan yang dibatasi dengan umur maksimal.

2. Pendidikan Formal dan Non Formal

Jelaskan secara singkat saja, SMK / SMA dan Perguruan Tinggi berasal. Tak perlu menulis sekolah mulai dari TK, SD hingga Perguruan tinggi. Berilah 2 saja smk dan perguruan tinggi. Yang sesuai dengan jurusan pekerjaan. Contoh bila melamar pekerjaan bagian akutansi dan jurusan SMK nya adalah terkait dengan akutansi, boleh diikutkan. Bila tidak ada jangan dimasukan.

Pendidikan Non Formal bisa dimasukan juga. Bisa dari Pendidikan Pondok Pesantren / Les Bahasa Inggris, Pelatihan Teknik.

3. Pengalaman Organisasi

Cantumkan beberapa pengalaman organisasi, Bila kamu mempunyai banyak pengalaman organisasi silahkan cantumkan 2 atau 3 dengan tingkatan jabatan paling tinggi waktu kamu mengikuti organisasi.

Contoh : 

Organisasi Pergerakan Mahasiswa Kreatif inovatif, Sebagai Ketua 2013 - 2015.

4. Kamampuan Skill

Kemampuan skill juga penting untuk diperlihakan di CV, Salah satunya adalah kemampuan skill dibidang pekerjaan tersebut. Bisa tentang keahlian dalam bidang komputer, akutansi, kreatif dalam bentuk disain dan masih banyak lagi. Cantumkan kemampuan skill berdasarkan kesesuaian pekerjaan yang dilamar.

5. Sertifikat

Sertifikat merupakan hal yang harus dimiliki, Disinilah letak keindahan dari sebuah CV. Bagaimana CV kamu akan dilirik, Kamu bisa mencantumkan sertifikat toefl, SAP, ERP atau Sisco. Cantumkanlah sertifikat yang ternama. Bagi yang belum punya sertifikat ternama bisa diganti dengan sertifikat pelatihan atau seminar.

6. Pengalaman Kerja / Praktek kerja nyata ( Fresh Graduate )

Berikanlah informasi pengalaman kerja atau praktek kerja nyata bagi yang masih fresh graduate. Pastikan pengalaman kerja yang dimasukan bersama dengan waktu masuk dan keluar. Bila waktu masuk dan keluar kurang dari 1 Tahun jangan dimasukkan. Karena akan dinilai buruk. Kamu bisa dinilai tidak bisa konsisten, suka berganti ganti pekerjaan.

Contoh : 

Perusahaan A : 2016 Juni - 2018 Agustus
Perusahaan B : 2018 Agustus - Sekarang

Nah bagaimana, Kamu sudah tahu kan apa saja yang perlu ditampilkan di-CV. Jadi cantumkan informasi di-CV berdasarkan apa yang telah saya jabarkan diatas. Dibawah ini adalah salah satu bentuk CV saya sendiri dimana CV ini masih dalam keadaan Fresh Graduate Klik Disini.

Masih ingin diskusi dan membahas tentang Curriculum Vitae, Silahkan langsung dikotak komentar ya.




Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.