VPN akan diblokir oleh pemerintah, Bisakah ?

VPN akan diblokir oleh pemerintah, Bisakah ? - Disaat mulai kominfo menyatakan akan mengurangi layanan akses ke whatapp, Whatapp hanya bisa digunakan menerima pesan saja, tidak bisa menerima dan mengirimkan gambar atau video. Akhirnya banyak sekali tutorial bermunculan cara membuka blokiran kominfo terhadap layanan chat whatapp. Pemblokiran terjadi karena banyaknya hoax tersebar dimedia chatting terutama whatapp. 

Setelah membaca dan mempelajari tutorial tersebut. Kita bisa menyimpulkan bahwa VPN Network merupakan sebuah layanan untuk meneruskan pengiriman data dan menerima data  dari pihak ketiga. Simulasinya ketika ada Rumah A,B dan C. jalan ke A dan Ke B ada pemblokiran jalan. maka Rumah A membutuhkan rumah C untuk bisa pergi ke rumah B. Jadi rumah C ini sama seperti VPN kalo didalam jaringan.

Layanan VPN ini bisa bebas mengakses segala web penjuru dunia meskipun provider membatasi beberapa web yang mengandung konten negatif. Sehingga banyak sekali orang orang mulai memakai VPN ini demi mengembalikan whatapp seperti sedia kala, mudah diakses, tanpa batas terima foto atau video dan lain sebagainya.

Dengan maraknya orang orang memakai VPN, akhirnya tanpa diketahui muncul lah beberapa dampak buruk penyalahgunaan dari aplikasi VPN, salah satunya pencurian data. Ada berita mengejutkan bahwa ada seorang pria yang kehilangan semua uangnya setelah menggunakan VPN. Dari kasus inilah pemerintah ingin memblokir VPN di indonesia.

Lalu apakah VPN memang bisa diblokir ? Dari cara kerja vpn sendiri yang telah saya jelaskan diatas, bisa saja vpn diblokir, tetapi VPN merupakan sebuah jalan alternatif, tahu kan kalo jalan alternatif pasti ada banyak. Kalo pemerintah berniat ingin memblokir VPN maka sama halnya pemerintah memblokir situs berkonten negatif. Kita tahu bahwa tidak semua situs berkonten negatif berhasil diblokir oleh pemerintah. Dibalik itu VPN sendiri juga sangat bermanfaat bagi beberapa perusahaan untuk hal yang bersifat keamanan data, tentunya memakai VPN berbayar.

Langkah langkah ini apakah hanya sebuah ide atau kah hanyalah isu yang digaungkan demi menenangkan masyarakat dari beredarnya berita tentang dampak buruk VPN. ya semoga kebijakan kebijakan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat.

~ Semoga Bermanfaat ~
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.