Perlukah Memberikan Vitamin Anak Susah Makan Kepada Si Kecil ?

Makan Dengan Lahap

Melihat anak tidak mau makan adalah kesusahan tersendiri bagi orang tua, wajar saja jika mencarikan vitamin anak susah makan untuk membuat si kecil memiliki nafsu makan yang baik. Namun sebelum memberikan vitamin apapun kepada anak anda sebaiknya sebaiknya pahami dulu kondisi psikologis si kecil. Berikut adalah beberapa tips simple yang bisa anda terapkan untuk membuat si kecil lahap makan.

1.Kenali Alasan Anak Susah Makan

Biasanya anak yang sedang dalam masa pertumbuhan justru lebih menyenangi jajanan pinggir jalan daripada bekal makanan yang disiapkan oleh ibunya.  Umumnya anak anak menyukai makanan maupun jajanan yang berasa manis maka wajar saja jika susah untuk mengkonsumsi nasi dengan sayuran. 

Jangan memaksa anak dengan cara mengancam akan menghukum jika tidak mau makan sayuran, hal ini justrsu akan membuat anak semakin tidak menyukai sayuran. 

Buatlah variasi cara penyajian sayuran yang hendak di berikan kepada si kecil, anda bisa mengajak si kecil ketika membeli sayuan di supermarket, pelan-pelan kenalkan manfaat sayuran kepada anak anda dengan cara mengajaknya bercerita tentang kandungan vitamin yang ada pada sayuran.

2. Kenalkan Anak Pada Aneka Buah Yang Ada

Bentuk dan warna buah yang bervariasi dengan aneka warna tersendiri sebenarnya sudah sangat cukup untuk membuat si kecil menjadi tertarik untuk mengkonsumsinya. Tetapi kasus yang sering terjadi pada anak anak adalah mereka tidak mau rutin mengkonsumsi buah, si kecil terkadang hanya penasaran saja namun setelah mencoba buah tersebut ia tidak mau memakanya lagi. 

Disini anda perlu mensiasatinya dengan menyajikan buah yang berbeda setiap harinya. Jangan anda menyajikan buah yang itu itu saja sehingga membuat si kecil merasa bosan. Perlu di ingat sayuran dan buah lebih baik di konsumsi dalam jumlah kecil tetapi rutin dari pada si kecil lahap pada awalnya saja.

3. Mengajak Anak Untuk Menyiapkan Menu Makan

Curhat yang sering kita temui dari para ibu adalah si kecil sering kali tidak mau menghabiskan makananya baik itu pada momen makan bersama keluarga maupun bekal yang sengaja di bawakan kesekolah.

Ada satu trik yang efektif dan sudah terbukti di praktekan oleh para ibu yaitu ; ajak si kecil ikut menyiapkan menu makannan mulai dari proses memilih sayuran, buah maupun ketika mengolahnya, rasa ingin tahu anak anak yang besar adalah celah yang sangat efektif untuk di manfaatkan dalam membiasakan anak dengan makanan yang tidak begitu disukainya dan biasanya itu adalah buah dan sayuran.

4. Memilih Vitamin Anak Susah Makan Dengan Rasa Yang Enak

Ini adalah langkah terakhir jika cara cara di atas sudah di lakukan tetapi si kecil tetap susah untuk diajak makan. Sekarang ini banyak sekali vitamin anak susah makan yang di jual di pasaran tetapi mungkin tidak semuanya akan disukai oleh si kecil. Nah disini tugas anda untuk memilihkannya, anda bisa melakukan pencarian di internet untuk mencari vitamin yang pas. Pilih vitamin anak susah makan dengan jumlah testimony positif yang terbanyak dan pastikan rasanya enak agar si kecil mau rutin mengkonsumsinya. Bisa juga anda berkonsultasi dengan dokter anak agar anda tidak salah pilih. 

Semoga beberapa tips singkat diatas dapat membantu anda membuat si kecil lahap makan, sehingga anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan tumbuh kembangnya.
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.