Cara Mendinginkan Tidak Panas Atap Asbes Murah

 

Cara Mendinginkan Atap Asbes Murah - Pengalaman saya saat ini adalah membangun sebuah rumah kecil ukuran 6x10 dimana luas bangunan tersebut adalah 60m2. meskipun tanah saya seluas 6x17, saya membuat rumah dengan konsep rumah tumbuh. Rumah tumbuh adalah rumah yang kita buat dengan membangun ruangan yang penting dulu. Sehingga bisa ditinggali.


Membangun rumah minimalis, penting bisa ditinggalin dulu dari pada masih numpang ke mertua atau rumah orang tua apalagi kontrak atau ngekos. Dengan kebutuhan kami sudah berkeluarga maka mempunyai tempat sendiri adalah hal yang penting dan harus.


Dalam perencanaan kami dengan mempunyai budget 70 Juta sudah bisa membangun rumah 6x10. meskipun belum finishing. Belum keramik dan lain sebagainya. Juga berfikir bagaimana caranya agar budget material sesuai dan biaya tukang juga cukup. Salah satunya menghematnya adalah dengan menggunakan asbes sebagai atap rumah. Meskipun kita tahu asbes adalah atap rumah yang murah, kuat bahkan pemasangan mudah tanpa biaya yang banyak. bahkan pemasangan dalam 1 hari saja sudah bisa dilakukan. 


akan tetapi kekurangan asbes adalah panas, banyak orang yang mengatakan begitu, saya juga meyakini akan hal tersebut. Seperti dulu waktu kecil rumah orang tua kondisinya saat itu masih menggunakan asbes. dan itu terasa panas terkadang. Akhirnya saya putuskan untuk melakukan hal yang mungkin mengurangi panas asbes. Kami tahu bahwa asbes itu menyerap panas. Maka saya membutuhkan cat untuk menolak sebagian panas. karena tidak mungkin cat memantulkan panas 100%.


Disini saya mulai untuk melakukan analisa cat cat manakah yang bisa memantulkan cahaya ultraviolet matahari. Dimana diyakini sinar UV itu membuat panas asbes menjadi jadi. Saya mencari di google ternyata banyak juga cat untuk genteng, asbes, gavalum dan lain lain. Dikhususkan untuk menolak panas. akhirnya saya membeli cat yang bermerak nippo paint dengan cat jenis matex dengan warna putih. Putih menurut kami adalah warna yang lebih baik untuk memantulkan cahaya matahari. Disclaimer* Terserah teman teman mau pakai merek apa. Yang penting tanyakan kepada pembeli yang ada tahan panas matahari. Gitu aja. Saya tidak mensponsori nippo paint, hanya saja ini yang mudah saya dapatkan


Disini harga cuman 160 ribu / 2,3 Liter ( kota gresik ). Sangat mahal memang tetapi ini cukup untuk memantulkan panas matahari, karena hasilnya sangat berkilau kalo cat tebal sudah menghiasi asbes. Ingat yang dicat adalah alas yang halus bukan yang kasar. Berikut foto Catnya




Dan ini mungkin hasilnya.



Mungking ini yang bisa saya kasih informasi, bahwa cara untuk menolak panas asbes, mendinginkan atap asbes, cara agar tidak pengap menggunakan asbes.



Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.