3 Hal Wajib Dipelajari Oleh Programmer Di Tahun 2021

3 Hal Wajib Dipelajari Oleh Programmer Untuk Masa Depan - Akhirnya setelah lama sekali saya tidak pernah update blog, kini saya bersyukur bisa menyempatkan waktu untuk berbagi ke teman teman khususnya untuk orang orang programmer atau software engineer. Disini beberapa pengalaman saya tarik dari 1 tahun lalu, untuk menganalisa kira kira hal hal apa saja yang perlu dipelajari.


Bagi kalian yang masih ingin mempelajari lebih lanjut terkait dengan industri app yang berkembang saat ini, mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Perlu kalian tahu, ini merupakan hal yang mungkin cukup penting untuk melangkah karir lebih baik lagi. Anda tahu bahwa memiliki skill potensi tinggi terhadap app dibutuhkan oleh industri cukup menantang dan bikin melek akan gaji yang ditawarkan. Memang tak mudah dalam mempelajari hal baru apalagi pekerjaan teman teman tidak mendukung hal ini, 


Salah satu contohnya adalah ERP merupakan app yang dibutuhkan oleh industri industri kelas atas, tetapi pekerjaan saat ini anda hanya mendevelopment website atau mobile. Meskipun hal ini cukup menantang, tetap kalian harus belajar hal baru disela sela waktu istirahat, atau dihari libur.


ya tantangan dari seorang IT atau programmer kita diwajibkan untuk terus berkembang, setiap versi code yang kita pakai pasti mempunyai perkembangan juga, function berubah, dan beberapa tambahan untuk efisiensi code. Apabila tidak berkembang maka saat itu juga pekerjaan kita akan menghasilkan app yang kuno tidak update. Bahkan usang, dan ketika itu juga akan menyebabkan karir akan stack bahkan bisa tertinggal oleh orang lain.


Inilah beberapa catatan perlu untuk diketahui tentang hal hal apa saja perlu untuk dipelajari dikemudian hari : 


1. Development ODOO.


Ini adalah hal yang cukup baru buat saya, karena Odoo ini merupakan sebuah aplikasi yang mempunayi beberapa plugin yang cukup komplex. bahkan kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembangkan ke yang dibutuhkan. Anda tahu wordpress ? ya seperti itulah.


Dari beberapa plugin dari odoo, bisa diubah sesuai dengan kebutuhan anda tentunya. Odoo ini menggunakan pemograman berbasis pyhton. Jadi bagi kalian yang ingin belajar odoo jadi siapkan dulu dasar dasar pemograman pyhton. Tenang aja, semua bahasa pemograman itu sama kok logikanya. Jadi jangan takut belajar bahsa pemograman baru. 


2. Development FrontEnd Web ( Vue, Reactjs ) + Desain Mobile


Berkaitan dengan frontend Web. Vue Js merupakan kerangka kerja untuk membuat website dan web mobile dengan menggunakan javascript sebagai basis codenya. Vue js juga mudah untuk dipelajari dan mudah dipakainya. Bahkan aplikasi yang menggunakan vue js atau single page ini mampu membuat web atau web mobile semakin cantik dan elegan layaknya aplikasi mobile.


Dalam perkembangan juga, vue ini juga mendukung teknologi PWA, progressing web app. Dimana teknologi ini mampu menjadikan website layaknya app mobile. Sehingga hanya melakukan desain website saja app sudah bisa dijalankan diberbagai device mobile, dekstop, tab dll.


Vue Js ini juga bisa menggunakan koneksi di berbagai server dalam bahasa pemograman apapun. Katakanlah Backend yang menjadi partner dari Vue Js. Entah menggunakan Backend dengan bahasa pemograman PHP, Python dan masih banyak lagi. Vue Js ini juga mempunyai banyak desain web yang sudah jadi. Jadi anda tinggal melakukan proses git clone saja dan mengeditnya sesuai dengan kebutuhan.


3. Development Mobile ( Flutter Android dan IOS )


Developement yang berkaitan dengan mobile, kalian wajib mempelajari Flutter ini, tak perlu teman teman belajar tentang android. Belajar flutter pun teman teman sudah bisa menghasilkan app android dan ios secara bersamaan. Efisiensi salah satu yang perlu dipelajari untuk mendukung kemampuan kita bisa bersaing dalam industri 4.0. Meskipun flutter adalah pemograman hybrid tetapi app ini bisa menghasilkan app menajubkan dan berdesain tinggi.


Saat ini saja, saya sudah belajar tentang flutter ini. Dan mudah mudahan bisa cepat mengerti tentang konsep dan juga membuat sebuah alur project dari flutter ini. meskipun pengalaman untuk membuat sebuah component select membutuhkan waktu 2 hari. haha.. yang penting tetap belajar ya..


Flutter juga banyak dibutuhkan didalam industri industri. Biasanya aplikasi ini digunakan hanya di internal perusahaan aja. Untuk mendukung operasional perusahaan. salah satunya adalah izin cuti, check in, check out kantor. dan masih banyak lagi. Bahkan app internal juga bisa digunakan untuk mengirimkan surat tugas atau surat jalan. Sangat Menarik bukan keuntungan keuntungan apabila bisa flutter

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.