4 Cara Agar Tidak Tertipu Berita Bohong Atau Hoax Zaman Fitnah

Cara Agar Tidak Tertipu Berita Bohong Atau Hoax - Dijaman globalisasi gila seperti ini, mulai banyak sekali pengguna sosial media, mulai dari facebook, tiktok, instagram hingga twitter. Hal ini juga terdapat beberapa akun dari beberapa sosmed yang tidak mempunyai identitas asli, atau identitas palsu. Sehingga membuat banyak sekali pengguna media sosial yang terjebak akan berita berita palsu, berita bohong dari beberapa pengguna yang tidak bisa dijelaskan maksud dan tujuan informasi serta identitas.


Foto bahkan nama pun tidak jelas, berita yang disebarkan sering kali melakukan hujatan, serangan opini dan lain sebagainya. Bagi kita harus selalu mewasdai informasi yang selalu mereka berikan disetiap postingan mereka. hal ini bisa berdampak buruk bagi kita kalo langsung mempercayai. Ingat kita harus mempunyai beberapa filter, jangan hanya 1 filter saja.


Dibawah ini saya akan menjelaskan agar informasi yang kita terima ini bisa kita filter sebelum masuk kedalam kepercayaan kita atau sebelum menyebarkan ke beberapa orang atau di grup keluarga bahkan grup teman dan lain lain. Salah satunya cara agar kita bisa terhindar dari berita hoax bohong, jangan langsung mempercayai meskipun anda menyukai adanya berita tersebut. 


Dibawah ini adalah cara mudah untuk mengecek dan memfilter kabar berita dari sosial media :


1. Jangan Langsung Percaya

Jangan langsung percaya dengan berita yang ada disosial media, ini adalah salah satu bentuk cara pertama agar kita bisa melangkah pengecekan selanjutnya, Ketika anda percaya dan mengkomentari berita tersebut, maka anda akan malas atau enggan untuk mengecek apakah beritanya benar benar valid atau tidak. Ingat meskipun berita tersebut adalah berita yang kalian sukai adanya, tetap kalian harus mewaspadai, 


Salah satu contoh : Ketika anda mendukung sebuah tokoh, lalu tokoh itu dikabarkan oleh sosial media bahwa berita tersebut membuat anda menyukai, hingga membuat anda empati. Tetap saja ada harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.


2. Lihat Identitas Diri 

Pastikan bahwa identitas mereka benar, dan bisa dipertanggung jawabkan. jangan sampai anda menerima suatu berita dari seseorang yang anda tidak kenal, wajahnya tidak tahu, apapun manusia anda tidak tahu, hanya tahu itu adalah opini mereka. atau berita dari mereka. langsung anda percayai, ini adalah sangat fatal. Jangan percaya bicaranya setan yang hanya ada suaranya saja tetapi tidak tahu siapa dia.


3. Lihat Sumber Referensi

Pastikan setiap kali anda melihat kabar berita entah itu dalam bentuk tulisan, gambar, voice bahkan video. anda harus mengecek bahwa media media itu benar apa adanya tanpa ada editing, tanpa potongan. Sehingga media tersebut anda dapatkan dalam keadaan sebenarnya tanpa adanya campur tangna orang tidak bertanggung jawab / menggiring opini ke salah satu pihak


4. Langsung Cari Di Google.

Ketika anda mendapatkan sebuah kabar berita, langsung saja search judul berita yang anda terima di google, bahkan kalo itu memang adalah sebuah gambar upload / unggah gambar tersebut ke google. Hal pertama yang anda dapatkan adalah sebuah informasi kebenaran akan berita tersebut. Apabila gambar tersebut adalah editan atau palsu maka secara otomatis anda akan menemukan foto aslinya. Sebenarnya cara ini adalah bisa digunakan untuk melakukan pengecekan kebenaran, apakah foto tersebut asli atau editan.


Ingat sekarang ini banyak sekali berita dan informasi yang menyesatkan dari beberapa kalngan orang hanya demi untuk kepentingan mereka sendiri. Kita jangan sampai tersesat dan terjerembak dengan rencana mereka. Kita harus lebih pintar dan lebih bijak dalam menyikapi berita tersebar di sosial media.

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.