Berbagai Masalah Saat Belanja Online Di market Place Toko Online

Berbagai Masalah Saat Belanja Online Di market Place Toko Online - Resiko dalam melakukan pembelian di internet mulai dari membeli di Tokopedia Bukalapak Blibli dan semua toko online di seluruh Indonesia pasti ada yang namanya resiko kehilangan barang barang rusak barang hilang barang tidak sesuai dan lain sebagainya. oleh karenanya kita itu harus cerdas dalam melihat resiko  tersebut.

Saya akan memberikan penjelasan tentang kesalahan-kesalahan mana saja yang perlu diperhatikan Apabila kita ingin membeli barang di toko online. penjelasan ini nantinya bisa membuat anda memahami dan sekaligus menemukan solusi. Solusi dibawah ini khusus untuk pembeli.

A. Kesalahan Penjual 

Apa saja kesalahan kesalahan yang bisa terjadi dikarenakan kesalahan penjual. 

1. Resi tidak segera diinputkan, / salah kode input. Kesalahan ini juga karena penjual salah dalam melakukan input seri waktu pengiriman barang sehingga perlu dilakukan pembenaran dari penjual.

solusi pembeli : minta chat ke penjual dan bilang bahwa resi salah input.
solusi penjual : update kembali resi anda.

2. Penjual tidak mempedulikan pesanan, ketika anda membeli pesanan. Penjual intinya tidak menggubris sehingga pesanan anda terlewatkan hingga batas waktu yang telah ditentukan. Membuat pesanan anda dibatalkan secara otomatis oleh sistem. Ini adalah kesalahan penjual. Disini uang anda tetap akan kembali.

solusi pembeli : tidak ada solusi, solusinya hanya menunggu dan pilih barang dengan melihat penjual aktif.
Solusi Pnejual : apabila memang stok habis segera lakukan update stok di market place, apabila anda tidak aktif silahkan tutup sementara toko anda, dan beritahukan kapan toko anda buka.

3. Ketika barang sampai dan dipegang oleh pembeli dan dibuka ternyata barang tidak sesuai atau barang rusak. Ini jelas salah dari penjual karena tidak teliti dalam memaketkan barang pelanggan. atau penjual lupa untuk mengecek barang apakah masih bisa digunakan atau tidak.

Solusi pembeli : minta untuk diganti, jangan sampai anda klik menerima pesanan, tapi silahkan komplain.
solusi penjual : teliti kembali sebelum melakukan pengepakan pesanan agar tidak terjadi kesalahan seperti ini. Anda harus mengganti sesuai pertanggung jawaban sebagai penjual jelas ini karena kesalahan anda. Apabila barang elektronik silahkan untuk melakukan tes pada barang agar pembeli bukan terima barang rusak

B. Kesalahan Market Place

Apa saja kesalahan kesalahan yang bisa terjadi dikarenakan kesalahan market place.

1. Apabila terjadi pengiriman barang, informasi tracking barang tidak jelas. informasi dari kemarin kemarin tidak berubah. ini terjadi mungkin saja sistem market place tidak berjalan dengan baik.

solusi pembeli : silahkan melakukan tracking barang ke website pihak ekspedisi.

2. Pembayaran belum selesai, padahal sudah transfer. lagi lagi ini adalah kesalahan sistem di market place. Sistem gagal mendeteksi bahwa ada transferan masuk dari pelanggan.

solusi pembeli : bantuan pada market place dan ceritakan masalahnya.

Kebanyakan kesalahan market place berada pada sistemnya sendiri, untuk itu solusi paling benar adalah langsung menghubungi pihak terkait. 


C. Kesalahan Pihak Pengiriman Barang

Lalu apa saja nihh kesalahan kesalahan yang biasanya terjadi karena pihak ekspedisi itu sendiri : 

1. Paket hilang, saya pernah mengalami kemarin. Paket hilang biasanya terjadi karena kesalahan si ekspedisi, entah paketanya hilang dijalan, atau terjatuh entah bagaimanapun kejadianya barang itu hilang.

solusi pembeli : minta ke pihak ekspedisi untuk segera melakukan investigasi dan bertanggung jawab dengan minta ganti rugi. ganti rugi ini adalah total belanja serta rugi pengiriman barangnya.

2. Paket terjadi kerusakan, biasanya terjadi kerusakan barang bisa karena salah pihak ekspedisi caranya adalah lihak sampul paket kalo sampul paket rusak maka karena pihak ekspedisi. Jika barang rusak tetapi sampul masih bagus berarti barang rusak karena kesalahan sipenjualnya. 

solusi pembeli : minta ganti rugi,

3. Salah Kirim, terkadang paketan kita sangat lama sampainya karena memang ada kesalahan kirim di expedisinya. dikirim ke bandung es nyasar ke bogor.

solusi pembeli : minta komplaint dan minta pengecekan atas barang anda.

4. Tidak menghubungi penerima barang, kesalahan ini juga sering terjadi bahwa banyak kurir yang tidak melakukan konfirmasi pengiriman barang ke penerima akibatnya banyak paket yang menerimanya bukan si pemilik tetapi temanya, satpam dan lain sebagainya dimana ini rawan hilang.

Solusi pembeli : komplain saja dan kritik.

D. Kesalahan Pembeli

Apa saja yaaa... kesalahan kesalahan pembeli saat berbelanja online. simak baik baik karena kesalahan paling banyak terjadi karena pembeli sendiri.

1. Tidak membaca deskripsi produk.terkadang ketika pembeli tidak membaca deskirpsi yang terjadi baisanya barang tidak sesuai, dan berbagai komplain dari pembeli. Padahal dideskripsi produk itu dijelaskan terkait dengan produk.

solusi pembeli : baca yang rajin ya.
solusi penjual : beri petunjuk untuk membaca deskripsi

2. Salah Transfer, kejadian salah transfer ini diakibatkan karena pembeli kurang teliti. 

Solusi pembeli : apabila anda mentransfer dengan jumlah cukup besar silahkan langsung hubungi bank anda untuk mengembalikan uangnya.

3. Salah pilih ukuran barang, pemjbeli yang tergesa gesa sering tidak melihat atau tidak melihat ukuran produk cooth baju, celana dan lain sebagainya. akhirnya salah beli dan ukuran hingga tidak bisa dipakai. ini mutlak kesalahan pembeli.

Solusi pembeli : BACA...

4. Salah pengiriman barang, Ketika melakukan checkout segera anda pilih ekspedisi mana yang ingin anda pilih. jangan salah pilih ekspedisi karena murah biasanya lambat, dan jangan mahal mahal jika tidak ingin ongkir mahal.

solusi pembeli : teliti

5. Salah alamat tujuan barang dikirim. ini dia, pebeli harus teliti jangan samapai salah alamat, kalo salah alamat yang dikirim anda akan merasa bingung. karena anda tidak akan bisa merubah alamat ketika barang sudah masuk ke pihak ekspedisi.

solusi pembeli : Teliti lagi alamatnya, hapus alamat yang tidak terpakai. Tulis alamat dengan lengkap.

6. Tidak mencantumkan pesan,  biasnaya ketika pihak penjual mengharuskan anda mencantumkan pesan dengan warna atau ukuran. bila tidak akan dikirimkan secara random. Ini juga salah pembeli tidak membaca deskripsi meskipun udah membaca tetapi lupa memberikan informasi di komlom pesan.

solusi pembeli : jangan lupa

7. Tidak tracking barang, terkadang pembeli bisanya hanya komplain ke penjual karena barang tidak sampai sampai. padahal pembeli tidak pernah melakukan tracking barang. Bisa jadi barang akan dikirimkan tetapi anda tidak ada ditempat maka barang akan dibawa kembali. Dan pembeli bingung kenapa gak sampai sampai

solusi : setiap dilakukan pembelian sering lakukan tracking barang 2 hari kedepan hingga barang sampai ditangan anda


Jadi diatas adalah berbagai permasalahan saat anda berbelanja online. agar anda tahu masalah anda dan tahu solusi yang harus dihadapi. Sehingga permasalahn akan segera cepat teratasi dengan segera. apabila anda mempunyai masalah yang tidak ada diatas maka anda perlu menceritakan dikolom komentar.
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.