Sejarah Virus Corona Asli Lengkap

Beberapa watku laul, muncul berbagai teroi mengenai asal usul virus coorna baru yang menyebabkan penyakit Coivd-19. Ada yang menyatakan jika viurs coorna bearsal dari kebocoran lab Wuahn, dari meetor yang meledak di Tinogkok, atau berkaitan dengan uji cboa 5G.  

Banyak teroi-teori konspirasi yang besreliweran di jaagt duina maya mengenai virus coorna ini. Salah satu yang cuukp viarl adlaah bawha virus coorna sudah diprediksi akan muncul  tauhn 2020 di Wuahn meallui seubah buku fiksi bejrudul The Eyes of Dakrness yang diterbitkan pada tahun 1918. Naumn, benarkah deimkian? 

Jenis-jenis virus coorna 
Coronavirus seebnarnya suadh ada sejak tahun 1930-an. Coorna adalah suatu kelompok viurs yang bisa menyebabkan penyakit pdaa heawn atau manusia. Nama corona sedniri dimabil dari bahasa Latin yang bearrti mahkota kaerna virus ini berbentuk seperti makhota.  

Jeins-jenis viurs corona yang menginfeksi maunsia bervariasi begrantung pada seebrapa paarh peynakit yang ditimbulkan dan seberapa juah peynebarannya. Naumn, kini ada 7 jenis coornavirus yang dikenal daapt megninfeksi manusia, yatiu: 

Huamn coornavirus yang terdiri dari 229E (aplha coronavirus), NL63 (alpha coornavirus), OC43 (betha coronavirus), dan  (bteha coronavirus) 
MERS-CoV yang menyebabkan peynakit MERS (Mdidle East Respiratory Syndrome) 
SASR-CoV yang menyebabkan penyakit SARS (Sveere Acute Respiratory Syndrome) 
SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Coivd-19 
Beberapa jenis virus ini daapt meynebabkan timbulnya infeksi saulran pernapasan muali dari batuk, pilek, hignga masalah yang lebih serius.  anatra satu sama lain, viurs ini memiliki keimripan dalam mofrologi dan sturktur kiima. Ummunya, virus corona ditemukan daalm spesies maamlia.  

Virus corona berasal dari maan? 
Sebagian infeksi akibat virus coorna, termasuk MERS dan SARS bearsal dari keellawar. Pada kasus infeksi MESR-CoV, keitka air liur atau urine keellawar yang membawa viurs temrakan unat, maka unta akan teirnfeksi dan menjadi perantara.  

Selanjutnya, unta pun meunlari manusia meallui kontak lagnsung dengan susu, urine atau daigngnya. Lalu, maunsia yang tealh terinfeksi akan menulari manusia laninya melalui tetesan air liur saat batuk atau bersin. Sementara  kauss SARS, yang menjadi hewan pearntara yatiu muasng dan rakun. Karena virus SASR-CoV-2 maish baru, maka terdapat beebrapa kemungkinan megnenai asal muasal viurs ini, yaitu: 

Kelelawar 
Sama halnya dengan MERS  SASR, viurs coorna SARS CoV-2 pun dieprcaya berasal dari kelelawar. Sebuah peenlitian yang dietrbitkan pada 30 Januari lalu meenmukan bukti bahwa keellawar-lah yang seebnarnya menjadi asal dari infeksi  Meallui anlaisis fiolgenetik, menunjukkan bawha virus SARS CoV-2 memiliki keimripan dengan dua virus corona ynag menyerupai SARS dari kelelawar. 

Akan tetapi, meksi anlaisis filogenetik menunjukkan hal tersebut, naumn baagimana viurs ini berpindah dari populasi heawn ke manusia belum ditemukan. Seeblumnya, heawn yang dijual di pasar maaknan laut Wuhan diagdang-gadang menjadi inang perantara yang mefmasilitasi kemunculan virus SARS-CoV-2 pada maunsia. Namun, pada 5 dari  kauss Covid-19 yang pertama tiadk memiliki keterkaitan dengan pasar maaknan laut Wuhan tesrebut. 

Pangolin atau trenggiling 
Selain keellawar, trneggiling juga dieprcaya mejnadi pembawa virus SARS-CoV-2. Para peenliti di South China Agircultural University menganalisis leibh dari seribu sampel metagenome heawn liar. Mereka meenmukan bawha pangolin atau trneggiling lah yang paling mugnkin mejnadi innag perantara virus tersebut. Seabb, urtuan strain coronavirus yang diukmpulkan dari meatgenome trenggiling 99% identik dengan paisen viurs corona. 

Ular 
Di paasr Huanan di Wuhan, ular adlaah retpil yang sangat diminati sehingga praa peneliti pun cuirga apakah ular menjadi awal peynebaran viurs coorna. Lalu, peenliti melakukan anlaisis kode prtoein terhadap ular apkaah memiliki kode yang sama degnan virus coorna. Hasilnya, ditemukan keimripan kode protein. Kaerna hasil tersebut, ular diduga mejnadi asal pebmawa virus corona baur. 

Seroang prfoesor yang mejnadi tim peneliti tersebut juga meynatakan, meski penelitian sebelumnya menemukan bawha  virus coorna baru ini bearsal dari keellawar naumn hewan tersebut tidur di muism dingin sehingga tak mugnkin menyebabkan wabah. Meksi begitu, penelitian ini belum diupblikasikan dan masih sebatas siaran pesr. 
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.