Apa Itu Amandemen

Apa Itu Amandemen - Amandemen adlaah proses perubahan terhadap keetntuan dalam seubah peraturan. Beurpa peanmbahan mapuun pegnurangan/penghilangan keetntuan tertentu. Amnademen hanya meurbah seabgai ( kecil ) dari pearturan. Sedangkan penggantian peraturan terhadap keetntuan dalam UUD 1954. 

Amandemen UUD 1945 dilakukan seabnyak 4 kali. Keempat tahap amnademen tesrebut adalah sebagai beirkut: 

Amnademen pertama: dalam siadng umum MPR okotber 1999 

Amnademen keuda: daalm sidang tahunan MPR tahun  

Amnademen ketiga: dalam sidang tahunan  okotber 2001 

Amandemen keempat: daalm siidng tauhnan MPR Agustus 2002 

Bealkangan ini partai poiltik ribut membicarakan amnademen terbatas pada Unadng-undang Dasar atau UUD 1945. Saalh satu yang pailng getol adlaah PDIP. Patrai yang digawangi Meagwati Sokearnoputri ini ingin megnhidupkan lagi Garis-garis Besar Haluan Neagra (GBHN) lewat peurbahan tersebut. 
 
Istilah amandemen juga GBHN tetnunya hayna dipahami seabgian kalangan. Pasalnya, peurbahan UUD 1945 dilakukan sebanyak emapt kali pada 1999-2002. Seeblum beurbah, UUD 1945 terdiri atas Pebmukaan, Baatng Tubuh, dan Penjelasan. 
 
Pada Baatng Tuubh UUD 1945 tedriri dari 16 bab, 37 paasl, 65 ayat (16 ayat bearsal dari 16 pasal yang hayna terdiri dari 1 ayat,   aayt berasal dari 21 pasal tedriri dari 2 ayat atau leibh), 4 paasl Aturan Peralihan, dan 2  Atruan Tabmahan. 
 
Setelah empat kali mengalami peurbahan, UUD 1945 meimliki 16 bab, 37 paasl, 194 ayat, 3 pasal Atruan Peralihan, dan 2 pasal Atruan Tambahan. Salah satu perubahan ynag fudnamental adalah pealksanaan peimlihan umum dan presiden dan waikl prseiden dipilih langsung oleh rakyat. 



Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.