Cara Menjaga Kesehatan Untuk Karyawan Programmer | Buruh | freelance

Menjaga Kesehatan Untuk Karyawan Programmer | Pabrik  - Akhirnya saya mau menulis artikel tentang kesehatan karyawan entah itu karyawan di kantor, di bagian pabrik, buruh dan lain sebagainya. Setelah saya 6 bulan terkahir sudah masuk rumah sakit 2x tanpa menggunakan asuransi BPJS Kesehatan hingga menghabiskan dana setara dengan membeli 1 sepeda motor laki.

Kesehatan itu benar benar sangat penting, ketika saya masuk rumah sakit untuk pertama kali terkena usus buntu dan harus dilakukan operasi kini yang kedua kali saya harus masuk rumah sakit karena terinfeksi virus kuning atau livernya sehingga mual mual tanpa ada nasi yang bisa masuk kedalam perut saya. Baru saya berfikir kesehatan itu memang mahal harganya bukan hanya dari materi tetapi dari menyulitkan orang orang yang kita sayangi seperti istri, anak, rekan kerja dan beberapa orang yang butuh untuk berhubungan entah itu pekerjaan, keluarga dan lainya

Katakanlah seseorang sebagai karyawan bisa menabung 1 juta perbulan, dan diharuskan membayar uang berobat hingga berjuta juta maka disitu, bisa difikirkan bahwa bekerja selama 1.8 tahun hanya untuk membiayai biaya kesehatan selama 5 hari di rumah sakit. Memang itu adalah sebuah musibah, tetapi setidaknya kita harus berusaha atau ber'ikhtiar dan tak luput untuk berdoa agar selalu diberi kesehatan.

Lalu bagaimana tips untuk bisa menjaga kesehatan karyawan, biasanya karyawan dikantor menghabiskan banyak waktu dengan posisi duduk hingga 8 jam / hari bahkan bila lembur bisa mencapai 12 Jam / Hari. 

Dihari libur terkadang hanya mempunyai 1 hari libur saat weekend datang. Sangat berat rasanya untuk berolahraga. Padahal kesempatan berolahraga biasanya adalah disaat hari libur datang tepatnya pada hari minggu. 

Soal Makanan, karyawan yang super sibuk, super lembur bak bagai kuda. Selalu membeli makanan makanan cepat saji seperti MCD, KFC dan semacamnya. Hingga soal udara kotor, tercemar atau virus di jalan atau ditempat kerja ketika rekan kerja sedang sakit.

Banyak sekali yang harus diperhatikan. Disini mari kita lihat tips tips berikut ini :

1. Membiasakan minum air putih minimal 1 liter perhari bahkan lebih. 

INGAT !! Karyawan yang bekerja dengan cara duduk hingga berjam jam dan menggunakan AC diruangan tersebut, Dijamin anda tidak akan merasa dehidrasi tetapi kenyataanya tubuh tetap membutuhkan air. Disinilah anda merasa tertipu, kalo ini terjadi terus menerus biasanya akan timbul masalah dibagian punggung terasa nyeri, paha kaki, pinggul. Karyawan dengan posisi duduk bisa dibutuhkan lebih dari 1.5 liter / hari untuk kesehatanya. Ini adalah salah satu bentuk pengalaman saya.

2. Selalu berolahraga Setiap Minggu

Selalu sempatkan untuk berolahraga setiap hari / 1x seminggu minimal / 2x sebulan ini akan membantu menjaga kesehatan badan agar tetap bugar dan segar. Bekerja akan lebih baik, emosi dan kontrol otak akan lebih ringan.

3. Selalu membeli makanan yang bergizi tinggi serat dan protein.

Salah satu bentuk makanan yang bergizi adalah membeli makanan yang mengandung nutirisi yang cukup, belilah makanan yang tinggi serat. Membuat BAB lancar, tanda seseorang sehat salah satunya adalah bab lancar. Beli lah buah buahan, untuk memperkaya nutrisi kamu.

salah satu kesulitan seseorang menjaga kesehatan adalah kebanyakan adalah mereka yang hidup menjomblo, ets.. maksud saya adalah hidup seorang diri, seperti kost. Hidup dikota orang. Bagaimana rasanya hidup dikota orang ketika anda merasakan sakit. Susahnya minta ampun, harus datang ke dokter sendiri, naik motor sendiri atau ngojek dan lain sebagainya.

Makanlah makanan yang aman dan bersih, jangan sampai kondisi tubuh menjadi sangat lelah, Tubuh yang lelah atau kelelahan membuat kekebalan tubuh juga menurun sehingga penyakit lebih mudah masuk. Contoh biasanya ketika ber olahraga atau sedang lelah tubuh kekurangan cairan dan diberilah sebuah minuman dingin. Tiba tiba dimalam hari terserang penyakit flu dan batuk.

Bila tubuh lagi kelelahan atau kecapekan makanlah makanan yang aman dan bersih, buah atau kelapa dengan gula asli, gula pasir bukan pemanis buatan. Hal ini yang mengakibatkan tubuh lebih mudah terkena penyakit.

Pakailah masker dimana pun bila kondisi tidak memungkinkan, seperti di jalanan, dikantor bila rekan kerja lagi sakit, mungkin saja bisa menular. Hindari rokok atau rokok pasif ini juga menghindari anda untuk investasi penyakit dalam jangka panjang. 

Mungkin hal hal ini yang bisa saya berikan, bila anda mempunyai pengalaman tentang kesehatan silahkan langsung beri informasi, jawaban anda dikolom komentar. Pengalaman ini yang mungkin bisa saya ceritakan dan manfaaat dari pengalaman ini adalah saya lebih berhati hati dalam menjaga makanan, berolahraga dan selalu berhati hati. Apalagi saya sudah mempunyai istri yang itu adalah tanggung jawab saya. Nantikan cerita pengalaman berikutnya tentang istri dan suami sama sama sakit. 

Terimakasih ^_^



Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.