Penyesalan Saya Saat Bekerja Anak Kuliah Wajib Baca

Penyesalan Saya Saat Bekerja Anak Kuliah Wajib Baca - Kuliah memang mmepunyai masa masa yang menurut saya perlu untuk dibahas. Perkuliahan dan memilih jurusan yang sesuai dengan apa yang diinginkan merupakan bentuk pilihan masa depan. Nah lalu bagaimana kamu harus bersikap saat menjadi mahasiswa, apa saja tanggung jawab sebagai mahasiswa, lalu apa saja yang diperlukan demi untuk bisa masuk dengan mudah kedalam dunia kerja. 

Mengaca dari pengalaman saya menjadi mahasiswa alhamdulillah saya sudah pernah mengikuti berbagai organisasi dan juga komunitas. Mengiktui hal hal semacam itu membuat kita bisa berkembang dan bertumbuh, serta dapat berkomunikasih dengan baik dengan seseorang, entah itu teman, rekan organisasi atau pemimpin.

Bagaimana seorang mahasiswa tidak cepat berkembang dalam hal berkomunikasi dengan para pimpinan atau rekan sendiri. Teman teman seangkatan loh yang menjadi pimpinan, kalo teman sendiri saja, saya bisa menghormati pimpinan apalagi orang lain. Seperti itulah pola fikirnya. 

Jadi mengikuti organisasi dan komunitas yang sesuai dengan hobi itu adalah cukup baik untuk menunjang perkembangan diri dalam bentuk soft skill dan hard skill, oleh karenanya menjadi mahasiswa pastikan ambil organisasi atau komunitas yang menurut kamu itu baik. Cari saja organisasi kampus internal maupun external, komunitas berdasarkan hobi atau ketertarikan kamu, Mengikuti project dosen, menjadi asisten lab dan lain sebagainya. Mampu menompong perkembangan diri.

Meskipun sudah bergabung dengan organisasi dan komunitas, saya masih mempunyai penyesalan yang amat dalam. Apa itu ?

Yaitu menganalisa tentang masa depan, apa yang dibutuhkan oleh perusahaan disaat saya lulus nanti, Apa yang dibutuhkan pemerintah, skill apa yang harus saya kembangkan, skill apa yang harus dimiliki saat bekerja nanti, syarat syarat apa saja dalam mendukung CV  saat mendaftar pekerjaan, Sertifikasi apa yang perlu dimiliki. 

Hal Hal diatas merupakan bentuk penyesalan saya saat menjadi mahasiswa, Mungkin saat saya menjadi mahasiswa hanya mengandalkan materi atau praktikum dari kampus, Mengandalkan PKN, dan Skripsi. Itu adalah salah besar. Ada seorang teman mengatakan bahwa hasil skripsinya itu dibuat berdasarkan ilmu saat dia duduk dibangku SMK. 

Jadi bagi kalian para calon atau mahasiswa baru, jangan mengeluh hanya karena tugas kuliah banyak, tugas penelitian banyak. Justru itu tantangan dan kerja keras dibutuhkan untuk menghadapi dunia kerja. Penelitian kampus juga diperlukan untuk membuat kamu semakin peka, bisa, berfikir mudahnya menganalisa apa yang diperlukan dimasa depan.

Hal yang paling mudah saat anda menjadi mahasiswa, Silahkan membuka lowongan pekerjaan. Di jobstreet , linked dan berbagai situs lowogan pekerjaan, Cari bagian bagian pekerjaan yang sesuai dengan jurusan atau sesuai dengan keinginan, Lalu lihatlah syarat syarat yang dibutuhkan, skill apa saja yang diperlukan agar bisa bersaing dan dapat diterima kerja.

Selama anda menjadi mahasiswa pelajari dan kejar skill yang diperlukan perusahaan, itu adalah cara paling mudah dalam mencukupi skill agar kamu lebih mudah diterima kerja. 

Cari tentang informasi CPNS, Soal Psikotes dan masih banyak lagi. Hal ini insallah setelah anda lulus bisa menghadapi soal atau ujian masuk kerja. Bisa masuk diperusahaan BUMN, Menjadi PNS pasti membutuhkan banyak tahap kelolosan. Jadi persiapkanlah mulai dari sekarang.

Mungkin ini yang bisa saya sampaikan kepada adik adik calon mahasiswa atau sudah menjadi mahasiswa. Sebelum terlambat dan menyesal, lakukanlah yang seharusnya saya lakukan diwaktu itu. Semoga perkuliahan dan menuntut ilmu kalian bisa menjadi berkah. 

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.