Pengalaman Pesan Kamar Hotel Check In Out Serba Serbi

Pengalaman Pesan Kamar Hotel Check In Check Out - Nah hari ini saya akan berbagi pengalaman tentang menginap dihotel. Mulai dari penginapan indekos hingga hotel berbintang. Nah biasanya saya mulai memesan hotel pasti lewat aplikasi pegi pegi, yang menurut saya itu lebih murah dari pada aplikasi lainya, sebenarnya ada aplikasi OYO dan aplikasi AIRY mungkin lebih murah dari pada aplikasi pegi pegi, hanya saja saya belum pernah mencoba.


Nih berikut ini adalah beberapa historis pemesanan saya diaplikasi pegi pegi.



Dari historis tersebut saya akan bercerita tentang bagaimana sih caranya masuk ke dalam hotel, lalu membutuhkan persyaratan apa saja. dan lainya. Nah biasanya nih banyak orang yang menanyakan tentang hotel ?, 

Dibawah ini saya rangkum beberapa pertanyaan yang mungkin banyak ditanyakan oleh orang awam.

1. Apasih bedanya penginapan dan hotel berbintang ?

Pasti harganya terutama, Fasilitas kamar dan kualitas layanan-nya. Biasanya nih setiap kamar itu ada fasilitas : Jam Alarm, AC, TV layar datar, Akses internet WIFI, Kamar mandi pribadi, Fasilitas kamar mandi, Meja, Bath, Bathtub, Toilet ,Non Smoking Room, Sower, Makan Malam, Sarapan, Air panas, Balkon, Kolam Renang. Handuk, Peralatan Mandi, Sandal Santai, Kulkas mini

Jadi semakin mahal dan tinggi kelasnya, maka semakin banyak juga fasilitas yang bisa didapatkan. Kalo penginapan ala kelas melati biasnaya cuman dapat : kipas / AC , kasur.

2. Apa syarat untuk bisa menginap dihotel ? 

Nah biasanya untuk hotel berbintang, menyerahkan 1 KTP saja. Nanti KTPnya akan dikembalikan karena data KTP akan ditulis dikomputer untuk di data saja. Bila membawa pasangan, hotel ini jarang meminta bukti pasangan sah ( Buku Nikah )

Kalo di kelas melati atau dihotel yang bukan berbintang biasanya diminta menyerahkan KTP untuk disimpan oleh staff hotel. KTP akan diserahkan kembali ketika akan melakukan checkout. Bila membawa pasangan, hotel ini jarang meminta bukti pasangan sah ( buku nikah )

Nah kalo hotel syariah syaratnya bukan hanya KTP saja tapi harus menyertakan buku nikah apabila membawa pasangan.

3. Kapan Boleh mulai Check In dan Check out ?

Nah untuk kapan boleh check in dan check out itu tergantung kondisi hotel. Biasanya hotel menerapkan Check in jam 01.00 Siang dan Check out Jam 12.00 Siang. Kalo hotelnya sepi biasanya kamu bisa check in diawal bisa jam 11, jam 12. Karena hotelnya sepi. Kalo rame biasanya hotel akan mempersilahkan masuk kamar ketika kamar sudah selesai dirapikan oleh petugas hotel dan itu tidak akan lebih dari jam 01.00 Yang telah ditentukan oleh hotel.

4. Kalo Terlamabat Check In Gimana ?

Kalo anda terlambat checkin hingga lebih dari 12 jam maka anda akan dianggap membatalkan pesanannya, kecuali jika anda sudah menghubungi pihak hotel bahwa anda akan terlambat checkin. 

5. Kalo Terlambat Check Out Gimana ? 

Kan pihak hotel sudah memberikan check out jam 12, Nah Ada yang namanya late checkin dari pihak hotel hingga jam 01.00, Biasanya late checkout adalah 1 jam, maksudnya adalah anda boleh terlambat checkout hingga batas waktu 1 jam. Bila lebih dari 1 jam maka anda akan terkena denda dari pihak hotel.

6. Check In jam jam 01.00 Tapi saya datang duluan ?

Nah, setiap hotel menyedia fasilitas penitipan barang gratis untuk menunggu check in hotel. Jadi kamu bisa titipin barang bawaan kamu diresepsionis hotel. Lalu kamu bisa jalan jalan sebentar dan kembali sesuai jam check in. Harusnya fasilitas ini GRATIS, kalo bayar artinya hotelnya kurang pelayananya.

7. Larangan larangan apa saja yang tidak diperbolehkan di hotel ?

a. Merokok bila kamar hotel AC, Bila ketahuan anda akan terkena denda sesuai dengan kebijakan managemen hotel. Bila kamar tidak memfasilitasinya.
b. Narkoba, Miras Judi. UUD dilarang oleh negara
c. Membawa pasangan tidak sah. khususnya Hotel Syariah. ( Bila ketahuan akan terkenda denda, pihak berwajib )
d. Membawa peralatan atau faslitas hotel. contoh : Bantal, Selimut, Tv.

Tips Tips

1. Kalo anda merencanakan memesan hotel untuk menginap 2 hari 2 malam, lebih baik carilah 2 hotel. Biar kamu mempunyai pengalaman yang berbeda dari hotel sebelumnya. Kalo dalam kondisinya yang memungkinkan.

2. Bawalah peralatan mandi seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi bila masih ada. Bila memang dibutuhkan.

Nah semoga saja jawaban dari pertanyaan diatas bisa membantu teman teman, Jawaban diatas diambil dari pengalaman saya sewaktu menginap di beberapa hotel. Bagi kamu yang masih ingin menanyakan 
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.