Cara Git Pull Dengan PHP Server Linux Auto Git Pull

Cara Git Pull Dengan Code PHP Server Linux Auto Git Pull - Nah setelah aplikasi didevelopment dan dilakukan push origin head maka sebagai ditesting oleh user. Nah cara aplikasi bisa ditesting oleh user maka aplikasi harus pull diserver. Nah keribetan dari seorang promgrammer harus selalu push ke branch lalu melakukan merge ke branch lain, setelah itu login ke server lalu melakukan pull aplikasi dari branch. 

Nah seharusnya semua itu berjalan otomatis, agar lebih memudahkan programmer dalam melakukan development aplikasi. Nah untuk itu saya akan memberikan informasi cara lebih mudah dalam melakukan pull pada server tanpa harus melakukan login dan pull manual. Hanya dengan menjalan link dari server. maka Secara otomatis website akan terupdate sesuai dengan perubahan yang ada di bitbucket.

Ikuti Tutorial dibawah ini :

Pertama tama buatlah file php di bagian appserv atau diserver php linux contoh alamatnya : /var/www/html/project1/pull.php. Buatlah dengan nama pull.php isikan seperti kode dibawah ini 

<?php 

system("/usr/bin/env -i HOME=/var/www/html/inv git config user.name 'nama panjangmu' 2>&1");
system("/usr/bin/env -i HOME=/var/www/html/inv git config user.email 'emailmu@gmail.com' 2>&1");
system('/usr/bin/env -i HOME=/var/www/html/inv git pull https://Username:Password@bitbucket.org/name/namaproject.git dirty 2>&1');

?>

Saya akan jelaskan dari code diatas :

system Berfungsi untuk melakukan perintah pada server linux, Menjalankan command pada linux.
Untuk Warna Orange = Isikan Path dimana lokasi project berada
Untuk Warna Biru = Isikan username bitbucket
Untuk watna Merah = Isikan password bitbucket
nama panjangmu = ganti dengan nama kamu
emailmu = ganti dengan email kamu di bitbucket.
bitbucket.org/name/namaproject.git = ambil url yang berada di bitbucket clone project.



Setelah itu simpan. saja.

jangan lupa untuk dilakukan perintah Chmod -R 777 pada folder project kamu, agar perintah dari file pull.php bisa berjalan dengan baik. sebagai contoh :

Chmod -R 777 /var/www/html/Folder_Project_Name

Setelah itu langsung saja akses file pull.php, kalo dari kasus file pull.php saya taruh disana, maka alamat link yang harus saya buka ada di  http://172{domain}:80/project1/pull.php 
Apabila berhasil maka akan ada informasi keterangan bahwa pull request telah berhasil.

Nah dari sini, URL atau link dari pull.php ini bisa kita jadikan sebagai cronjob dan schedule setiap 1 menit sekali. Jadi tanpa harus melakukan run URL, aplikasi bisa pull otomatis.

Dari teman teman mungkin ada kasus lain, atau ada error, langsung saja dikolom komentar,

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.