Pengalaman Mengikuti Rapak KUA

Pengalaman Mengikuti Rapak KUA - Setiap ingin menikah pasti berhubungan dengan KUA ( Kantor Urusan Agama ) , bagi yang beragama islam khususnya. Setelah melakukan berbagai administrasi di KUA. pastinya akan mengikuti yang namanya rampak.

Apa itu rapak ? Rapak merupakan suatu pembinaan, pembelajaran kepada setiap orang yang akan menikah, seperti tugas dari seorang suami dan juga tugas bagi istri. hal ini bertujuan untuk membimbing mereka kepada suatu perkara yang benar, Jangan sampai kebalik. Hal ini juga demi memberi pengertian bahwa orang menikah mempunyai tanggung jawab yang besar.

Saat mendengar kajian rapak, yang bisa saya ceritakan bahwa pasangan suami istri itu seperti halnya perahu yang mengarungi lautan luas. Bila masih berumur jagung, perahu tersebut masih berada di tepi lautan ketika pasangan sudah bertahun tahun menjadi suami istri, perahu tersebut berada di tengan tengah lautan lepas. banyak badai, banyak ujian ujian yang akan datang dan pergi. Selama suami dan istri tetap berpegang dengan layar agama insa allah akan bisa menghadapi. Layar itu adalah prinsip, ilmu serta sikap yang sesuai dengan ajaran nabi muhammad. Lalu nahkoda atau kaptenya adalah suami bagaimana dia bisa bersikap kepada istrinya, berlemah lembut, membimbing mengarahkan sesuai dengan ajaran islam. Dan istri bagaikan wakil kapten untuk memberikan pelayanan, bantuan, kepercayaan kepada sang kapten. 

Jadi bagi calon pasangan suami istri lebih baik mengikuti rapak ya di KUA, mendorong pasangan lebih mengerti juga memanimalisir kejadian yang tidak diinginkan dalam rumah tangga. Entah itu kemarahan, pertengkaran hingga berakibat talak atau perceraian.

Bukan berarti setelah mengikuti rapak bahwa calon pasangan suami istri sudah mempunyai ilmu tentang pernikahan ya.. Jadi setelah menikah sebagai pasangan suami istri juga harus / wajib mengikuti kajian kajian perihal suami istri kajian rumah tangga. Demi menjaga serta meningkatkan keharmonisan rumah tangga. Banyak di youtube tentang kajian kajian rumah tangga, membahas permasalahan dan solusi rumah tangga.

Mari sebagai calon dan sudah menjadi pasangan suami istri selalu mengikuti sunnah dari rasulullah, mencari ilmu tentang rumah tangga, meningkatkan ketentraman dalam rumah tangga dan selalu bersabar atas ujian yang akan diberikan. Semoga Saya dan para pembaca yang akan menikah dijadikan kaharmonisan rumah tangganya, diberikan kesabaran saat ujian datang. Aminn

~ Semoga Bermanfaat ~
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.