Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone Tanpa Root Berhasil

Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone Tanpa Root Berhasil - Mempunyai smartphone baru atau lama pasti ada beberapa aplikasi bawaan dari produk smartphone. Dari beberapa aplikasi bawaan ini terkadang ada aplikasi yang benar benar penting dan juga ada aplikasi yang itu tidak begitu penting. Malahan aplikasi menjadi bersarang dismartphone tanpa sama sekali digunakan. 

Salah satu aplikasi bawaan adalah browser, forum xiomi, vivo.com, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini tidak akan bisa dihapus dengan cara yang biasa yang ada hanyalah berhenti paksa dan juga nonaktifkan aplikasi. Tidak seperti aplikasi lainya dimana cara menghapusnya tinggal pergi ke pengelolah aplikasi dan disana terdapat tombol untuk unistall aplikasi atau hapus aplikasi. 

Manfaat dari menghapus aplikasi bawaan adalah bisa mengurangi memori internal bisa menghemat kuota internet. Karena aplikasi bawaan terkadang juga meminta update. Juga risih melihat aplikasi tersebut berada di shortcut layar smartphone.

Dengan mengahapus aplikasi bawaan tanpa root juga akan membuat smartphone tidak menghilangkan garansi, Sangat aman, lebih mudah juga.  

Disini saya akan menjelaskan cara menghapus aplikasi bawaan smartphone tanpa root, Disini saya sudah mencoba untuk menghapus aplikasi bawaan pada smartphone produk Xiomi dan Vivo. Syarat yang dibutuhkan adalah : 

1. Laptop
2. Smartphone
3. Kabel data

Tahap Tahap : 

A. Smartphone Mode Pengembang / Developer

Smartphone harus berada pada mode pengembang dan aktifkan Debugging USB. Bila belum tahu caranya, 

buka -> setelan

Pilih -> Masuk kedalam Tentang Ponsel

Tekan 7x -> Versi Perangkat lunak ( Sampai terdapat tulisan anda sudah menjadi pengembang atau developer)

Pergi -> ke Menu Opsi Developer 

Pilih dan Aktifkan -> Debugging Usb




B. Install, App Inspektor.

Install app inspector dismartphone anda. Cari saja di playstor, Lalu langsung saja install saja. 


Buka aplikasinya lalu pilih aplikasi yang akan di hapus.




Lihat yang dilingkari merah, "com.vivo.tips" itu adalah nama aplikasi yang nanti akan diperlukan sebagai perintah hapus aplikasi. 

C. Install ADB Tools di Laptop

Silahkan download saja ABD tools disini. Simpan hasil download ke di drive "D:\adb".

Buka -> Software CMD pada windows.

Lalu ketik perintah "D:"

Lalu ketik perintah "cd adb"



Disini CMD sudah masuk kedalam folder ABD Tools.

Disini mulai sabungkan kabel smartphone ke dalam laptop. Dengan kabel USB. 
Setelah itu ketik perintah "adb devices" pada cmd. Pastikan mode developer / debugging USB aktif nanti smartphone akan muncul 


dan pilih Ok. Lihat di bagian CMD akan tampil seperti ini.


langsung ketik perintah "adb shell". CMD akan masuk kedalam Smartphone, berlambang '$'
lihat gambar dibawah.



Lalu disini kita akan melakukan perintah hapus aplikasi bawaan.
Perintahnya adalah

pm unistall -k --user 0 '[nama aplikasi]'

Ganti [nama aplikasi] kata bewarna merah dengan nama aplikasi yang telah anda dapatkan dari aplikasi inspector di smartphone. Diatas tadi nama aplikasinya adalah 'com.vivo.tips' maka perintahnya akan menjadi.

pm unistall -k --user 0 'com.vivo.tips'

Setelah itu akan muncul tanda berhasil.


Diatas gambar tersebut, saya sudah mencoba untuk menghapus beberapa aplikasi bawaan vivo antara lain aplikasi website vivo, aplikasi browser, aplikasi email. Nah, setelah success. Aplikasi bawaan sudah benar benar hilang dari smartphone anda. Jadi kalo belum mudeng atau ada yang belum bisa silahkan ditanyakan.

Untuk Tips ini adalah Tolong hati hati dalam menghapus aplikasi bawaan, periksa terlebih dahulu apakah aplikasi bawaan tersebut dapat mempengaruhi sistem. Salah satunya adalah aplikasi camera, atau album dimana sistem pasti membutuhkan aplikasi tersebut. Jadi periksa dulu aplikasi yang benar benar tidak dibutuhkan. Seperti diatas yang menurut saya tidak dibutuhkan adalah aplikasi bawaan,  dimana aplikasi tersebut bisa digantikan oleh pihak ketiga. Contohnya : browser bawaan bisa digantikan dengan google chrome.
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.