Daftar Perencanaan Acara Pernikahan Prewedding Akad Resepsi

Daftar List Perencanaan Kebutuhan Acara Pernikahan  - Nah ayo siapa yang takut nikah, Siapa yang masih bingung apa saja yang dibutuhkan untuk acara pernikahan ? ahhh.. Nikah itu rumit sekali, pusing tujuh keliling untuk mengaturnya.

Ya itu adalah beberapa kandidat yang masih buta akan merencanakan sebuah pernikahan. Mungkin sebagian besar memang masih dibantu oleh orang tua agar kita tidak menjadi lebih pusing tujuh keliling. Tetapi apakah iya sampai segitunya ? Yukk cari tahu...

Baik sekarang saya kasih tahu ya daftar apa saja sih yang dibutuhkan dalam acara pernikahan mulai Preweding hingga sampai resepsi akhir.

1. Acara Prewedding

Acara prewedding, Dimana pasangan melakukan foto foto prewedding. Foto ini nantinya akan dicetak untuk dijadikan banner saat resepsi / foto saat membagikan undangan resepsi pernikahan. Prewedding ini bisa dipakai atau tidak.

a. Properti Prewedding

Seperti bunga, Jas, Baju putih dan lainya. Untuk mendukung foto prewedding biar tampak lebih bagus dan seru.

b. Tempat Prewedding

Tentaukanlah tempat prewedding, Bila memilih tempat dihotel pasti akan mengeluarkan biaya tempat. Pilihlah tempat berdasarkan tema prewedding. Memilih tempat dialam bebas biasanya tidak perlu membayar biaya tempat.

c. Fotografer

Tentunya dibutuhkan fotografer agar proses foto prewedding bisa bagus. Pilih fotografer yang sesuai dengan budget. Bila ingin yang murah, bisa meminta tolong teman atau saudara, sewa saja camera

d. Pilih Tema Prewedding.

Pilihlah tema prewedding, salah satunya adalah tema memasak, tema wisata, tema berbelanja, tema berkemah. Dan pastikan juga bahwa properti, tempat prewedding juga sesuai.


2. Akad

Acara akad ini adalah merupakan acara paling sakral, dimana mempelai pria menerima semua tanggung jawab yang telah diberikan oleh sang ayah mempelai wanita atau Wali wanita.

a. Tanggal dan Tempat Akad

Tentukan juga tanggal dan tempat akad. Untuk tempat akad biasanya di masjid atau ditempat kediaman mempelai wanita.

b. Emas Kawin / Mahar ( Laki2 )

Saat acara akad nanti, pastikan membawa emas kawin / mahar. Mas Kawin ini akan dilihat oleh bapak penghulu, memastikan bahwa mahar tersebut sudah sesuai dengan persyaratan saat administrasi di KUA

c. Baju / Pakaian akad

Koordinasi dengan pasangan kira kira, baju untuk acara akad memakai apa ?. Biasanya akad menggunakan pakaian hitam putih, jas dan kopiah hitam serta sepatu funtofel. Bisa juga meggunakan pakaian serba putih. Bila tidak punya, tak perlu membeli. Cukup sewa saja. Banyak yang menawarkan penyewaan baju akad. datang saja ke galeri wedding.

d. Kendaraan

Nah kendaraan ini juga penting, Saat merencanakan akad tentukan naik kendaraan apa kesananya, Cek kendaraan juga agar tidak menjadi masalah ditengah perjalanan. Pilihlah kendaraan dengan kondisi prima. Booking kendaraan H-2 / H-1 bila sewa mobil.

3. Resepsi

a. Tanggal Resepsi

Rencanakan tanggal resepsinya, tanggal resepsi sama dengan tanggal akad juga bisa, bila pisah tanggal juga tidak masalah. Bila melakukan resepsi sama dengan tanggal akad, Menurut saya lebih menghemat waktu dan tenaga.  

b. Dekorasi

Rencanakan dekorasinya, Biasanya terdapat paket wedding yang dimana sudah termasuk dekorasi pelaminan. Pilih dekorasi yang bagus dan terlihat berkesan. sama kan baju pelaminan dengan dekorasi pelaminan, pastikan warnanya juga cocok

c. Tenda, kursi dan lampu

Mulailah untuk mencari informasi penyewaan tenda, kursi, dan lampu, Jumlah kursi sesuaikan dengan undangan yang akan hadir. bisa 80% dari total undangan. Karena tidak semua undangan akan hadir dalam waktu bersamaan.

d. Kipas

Jangan kupa juga menyiapkan beberapa kipas saat acara resepsi. Kipas sangat penting agar para tamu undangan tidak gerah saat acara.

e. Katering

Untuk makanan, silahkan bisa pilih katering atau meminta tolong kepada seseorang untuk dibuatkan makanan, Urusan makanan ada 2 macam prasmanan atau sudah disediakan. Untuk katering jumlah pesananya adalah 1.5x dari jumlah undangan. Karena melihat para tamu sering kali membawa pasanganya.

f. Undangan

Silahkan atur berapa jumlah tamu yang akan dijamu. Apabila mengundang 500 orang buatlah undangan sedikit lebih banyak menjadi 520 undangan. Apabila mengundang orang orang yang jauh dari kota buatlah undangan digital berbentuk animasi. Dimana undangan tersebut bisa dikirimkan lewat grup atau pesan pribadi.

g. Souvenir dan atau Snack

Souvenir atau snack bisa diberi atau tidak. Biasanya souvenir atau snack diberikan ketika para tamu akan pulang. Jumlah souvenir bisa sama atau lebih dari jumlah undangan. Lebih baiknya buat lebih saja. Dan atur juga apakah souvenir diberikan dalam 1 undangan 1 souvenir atau 1 orang 1 souvenir. Bila memilih 1 orang 1 souvenir, tamu yang membawa pasangan akan mendapatkan 2 souvenir pastinya jumlah souvenir akan lebih banyak banyak.

h. Make Up dan Gaun Pengantin

Setiap mengadakan resepsi pasti menggunakan jasa make up dan gaun pengantin. Carilah beberapa paket wedding. Dimana didalam paketnya sudah termasuk make up, prewedding, dekorasi, hiburan.

Nah gimana, sebenarnya mudah kan, tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Kalo perencanaan bisa dimulai dari 3 bulan sebelumnya pasti akan lebih mudah. Ingat juga gak perlu mengeluarkan biaya pernikahan hingga bermewah mewah hanya sebuah resepsi. karena yang sesungguhnya dalam pernikahan adalah ya setelah pernikahan. Berjuang dalam kehidupan bersama..

~ Semoga Bermanfaat ~
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.