Jenis Pengembalian Utang Di Berbagai P2P Lending

Jenis Pengembalian Utang Di Berbagai P2P Lending - Ada 3 hal jenis pengembalian ketika seseorang akan melakukan hutang ke berbagai pihak, entah itu ke lembaga atau ke personal. 3 jenis ini adalah Pengembalian bulanan, Lupsum atau Grace Period. 

dari ketiga jenis ini mempunya beberapa perbedaan dan keuntungan, Lalu manakah keuntungan dari jenis pengembalian ini yang paling tinggi. jawabnya ada di bawah : 

Pengembalian Bulanan

 Pengembalian bulanan, jenis pengembalian bulanan ini memiliki keuntungan paling besar diantara 2 jenis pengembalian. Setiap bulan akan menerima Pokok dan juga Bunga setiap bulan. Mengapa paling menguntungkan ? Karena setiap bulan pokok dan bunga dikembalikan sehingga anda bisa melakukan investasi kembali lebih cepat. Pengembalian bulana ini juga bisa ditemukan di P2P amartha dan koinworks.

Contoh : Anda melakukan peminjaman dengan jumlah 12 juta dan bunga 12% pertahun, jika waktu peminjaman adalah 1 tahun maka anda akan memperoleh pokok + bunga perbulan sejumlah Rp 1.120.000

Pengembalian Grace Period

Pengembalian ini memiliki keuntungan tengah tengah atau ke 2 dari 2 jenis pengembalian dana hutang. Grace period ini dana akan dikembalikan setiap bulan sekali / 3 bulan sekali / 6 bulan sekali dana kembali ini hanya untuk bunganya saja. untuk pokoknya akan dikembali saat jatuh tempo. Jenis pinjaman dengan pengembalian grace periode salah satunya adalah Sukuk, SBN.

Contoh : Anda melakukan peminjaman dengan jumlah 12 juta dan bunga 12% pertahun, jika waktu peminjaman adalah 1 tahun dan Grace Periodnya setiap 1 bulan  maka anda akan memperoleh bunga perbulan sejumlah Rp 120.000.

Pengembalian Lupsum 

Pengembalian tipe ini memiliki  jenis pengembalian keuntungan paling rendah, Anda bisa mendapatkan uang pokok dan juga bunga diakhir jatuh tempo. Biasanya tipe jenis pengembalian ini memiliki minat paling rendah diantara jenis pengembalian yang lainya. 

Contoh : Anda melakukan peminjaman dengan jumlah 12 juta dan bunga 12% pertahun, jika waktu Lupsum adalah 1 tahun.  Pada jatuh tempo anda akan memperoleh nominal pokok dan bunga sejumlah Rp 12.000.000 + 1.440.000

Dari penjelasan diatas, anda bisa memilih jenis pinjaman dengan pengembalian yang sesuai kebutuhan anda. Hal ini, anda juga bisa merencanakan keuangan anda dengan baik. Bila ada keuntungan dengan pengembalian bulanan lebih baik dipilih saja.

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.