Cara Mengamankan Akun Di Internet Dari Kejahatan Cyber

Cara Mengamankan Akun Di Internet Ecommerce Sosial Media - Salah satu bentuk kekhawatiran bagi kaula muda hingga pembisnis di internet, memiliki banyak sekali akun untuk berbisnis, atau bagi orang orang yang menyimpan uangnya di beberapa layanan lewat internet, Mulai dari investasi, Simpanan emas, dan masih banyak lagi.

Nah kamu tidak inginkan bila akun instagram, facebook, whatapp, telegram dan beberapa akunmu dikuasai oleh oarang lain tanpa sepengetahuanmu, Dimana nanti akunmu bisa disalah gunakan untuk melakukan penipuan, pencurian data foto atau video dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu biar akunmu terjaga selalu dari kejahatan, dari jebakan kejahatan, phising  : 

1. Pastikan Alamat Login

Pastikan anda sudah check dibagian alamat URL. Apakah sudah benar ataukah belum, lalu apakah dibagian url paling kiri sudah menggunakan https ?, sebaiknya loginlah ke halaman web dengan menggunakan HTTPS jangan HTTP saja, Keamanan HTTPS lebih baik dari pada menggunakan HTTP saja. 

data dikirim dengan menggunakan HTTP rentan terhadap pencurian data lewat jaringan lokal dan jaringan internet. karena saya berpengalaman melakukan pembacaan data lewat jaringan lokal warnet dengan menggunakan tools hacking, diwaktu saya kelas SMA dulu. jadi usahakan untuk menggunakan https sebagai keamanan disetiap login.

2. Pastikan No Telepon Kamu

Pastikan nomer telepon kamu aman, pastikan pesan validasi yang dikirimkan oleh beberapa website untuk verifikasi nomer telepon tidak diberitahukan kepada orang lain meskipun itu teman dekat apalagi orang baru kenal. 

Fatalnya, bila kamu memberikan kode verifikasi ke orang lain, bisa bisa akun mu akan langsung dikuasai oleh orang lain. Lalu ia bisa menggunakan data privasimu untuk kepentingan kejahatan. jadi jangan coba coba ya.

Singkronkan akun mu ke no teleponmu, mengapa ? karena dengan ini keamanan akunmu akan lebih berlipat ganda. Apabila ada kejahatan atau ada perilaku yang mencurigakan maka no teleponmu adalah alat untuk memverifikasi kamu yang sebenarnya. Jadi jangan sampai no telepon menjadi kadaluarsa atau hangus ya..

3. Pastikan alamat email kamu

Jangan sampai lupa alamat email, email merupakan bentuk penyelamat kedua jika akunmu sudah diobok obok orang lain, sistem akunmu akan memberitahumu tentang sesuatu yang tidak wajar ke alamat email. Jadi pastikan email tetap aktif, jangan sampai menggonta ganti alamat email sehingga membuat pusing kedepanya.

Jangan klik halaman promosi di email yang bisa menuju kealamat link tertentu, Jadi berhati hatilah dengan alamat link yang dikirimkan ke alamat email. Mungkin saja itu adalah pencurian data akun, Jadi pastikan untuk melihat alamat link terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk diklik.

4. Pastikan password kamu

Pastikan kamu menggunakan password yang terdiri dari Huruf besar, Huru Kecil, Angka. dari sini pasti lebih aman bila seseorang ingin mengetahui password kamu. Jangan membuat password 1 untuk semua akun, Stop hentikan. Jadi setiap akun, pakailah password yang berbeda. Kalo lupa bagaimana ?  Ada tipsnya contoh : password facebook ULUM-FB atau twitter ULUM-TW. menurut kreativitasnya  masing masing gimana menentukan password baik, benar dan sulit di ketahui orang lain.

Semoga dengan tips diatas, anda tidak perlu khawatir lagi mempunyai akun yang mungkin cukup berguna, entah karena ada deposit harta, investasi emas dan lainya. ~ Semoga Bermafaat ~

Tidak ada komentar:

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

Diberdayakan oleh Blogger.