Apa Itu Uang Dinar dan Dirham Uang Yang Sesungguhnya

Apa Itu Uang Dinar dan Dirham Uang Yang Sesungguhnya - Uang dinar atau dirham merupakan uang  yang sesungguhnya, dimana uang dinar dirham bukan terbuat dari kertas tetapi terbuat dari emas dan perak. Sehingga uang dinar dirham didalamnya memiliki sebuah nilai sendiri, sedangkan uang kertas tidak memiliki nilai didalamnya, tetapi uang kertas hanya memiliki nilai dari kepercayaan masyarakat serta nilai dari tukar uang asing terhadapnya.

Iya jadi untuk menjelaskan tentang uang dinar dan dirham ini sangat panjang jadi silahkan memasang bahu biar lebih enak membacanya hehe.. Lanjut.. 

Jaman dahulu untuk melakukan transaksi jual beli mulai dari emperium romawi dan persia sudah menggunakan dinar dan dirham. Jaman modern sekarang ini tiba tiba kita menggunakan sebuah kertas sebagai pilihan alat jual beli. Bagaimana bisa uang kertas ini dijadikan alat transaksi, dari mana nilai uang kertas berasal, apakah nilai uang kertas akan hilang ? Baca Disini

Nah setelah membaca panjang lebar terkait dengan uang kertas, jadi anda sudah yakin bukan kalo uang sebenarnya adalah uang yang berasal dari emas dan perak. Mengapa uang sebenarnya harus berasal atau terbuat dari emas dan perak ? baik simak dibawah ini :

1. Emas dan dirham

Kita tahu emas merupakan logam mulai, Logam mulai sangatlah mahal harganya karena nilai didalamnya, cara melakukan pembuatan emas sangatlah sulit, ada banyak mekanisme, proses serta resiko yang dihadapi dalam membuat sebuah logam emas. Dari sini kita tahu bahwa proses sebegitu sulitnya maka hasil tersebut juga akan sangat bernilai. Emas dan perak sudah pasti didalamnya mempunyai nilai. Lalu mengapa logam mulia harus berasal dari emas tidak dari besi dan lainya ?

Jadi untuk bisa menentukan standart mata uang dunia, suatu logam harus mempunyai 4 unsur wajib yang harus dimiliki apa saja itu :



Abj Syarat Unsur
a Unsur pertama tersebut tidak boleh mengandung gas, bila unsur mengandung gas maka dalam penukaran atau transaksi akan kesulitan dan mudah hilang.
b Unsur ke-dua tidak boleh mengalami korosi sehingga uang tersebut bisa rusak, Bila memakai besi, besi bisa rusak terkena air garam mudah berkarat. Kertas bisa rusak karena terkena air, terbakar, sobek dan lain lain.
c Unsur ke-tiga tidak boleh mengandung radio aktif, dimana penggunanya bisa terancam bila memiliki logam tersebut.
d Unsur ke-empat harus cukup langka, tidak boleh terlalu langka sehingga masih bisa ditemukan,


Baik dari unsur unsur ini, Logam emaslah yang untuk saat ini sudah tidak tergantikan oleh logam lainya, maka dari itu emas adalah salah satu bentuk mata uang sesungguhnya. Lalu bagaimana dengan uang kertas ? 

Dari 4 unsur tadi uang kertas sudah tidak bisa memenuhi unsur b dan d. Jadi uang kertas batal menjadi uang yang sesungguhnya. Lalu mengapa uang kertas masih tetap berharga. Baca uang kertas disini

2. Tetap Bernilai

Mengapa nilai uang dinar dan dirham masih tetap bernilai jikalau koin dinar dalam keadaan patah, terbelah menjadi 2, kotor, terbakar dan lain sebagainya ? Karena, nilai tersebut ada didalam uang itu sendiri. Berbeda dengan uang kertas, bila sobek terbagi menjadi dua sudah tidak berlaku, Baca tentang uang kertas disini

3. Terbatas

Bahan mentah dari pembuatan emas dan dirham merupakan suatu barang tambang, Yang dimana bahan mentah tersebut bisa habis, Bila dimana suatu barang mentah cepat habis maka emas dan perak juga merupakan logam mulai yang terbatas, sehingga nilainya akan terus naik seiring perkembangan manusia. Hukum permintaan dan penawaran menyatakan bila sebuah permintaan lebih tinggi dari pada penawaran maka harga atau nilai atas barang tersebut akan menjadi lebih tinggi.

Baik, Sudah tahu kan manfaat dinar uang yang sesungguhnya ini. Dimana saya bisa membeli dinar dan dirham ?

1. Melalui Gerai Dinar

Kamu bisa langsung pergi alamat website di http://geradidinar.com, Untuk melihat harga dinar bisa langsung dihalaman depan web Disana ada beberapa menu utama, pilih nama menunya "agen". Dihalaman agen terdapat informasi agen agen diseluruh kota indonesia kamu bisa menghubungi secara personal.

Kelebihanya anda bisa mendapatkan harga yang sesuai di website gerai dinar.

Kekuranganya mencari agen nya itu sulit setengah mati, rata rata stoknya kosong, Banyak juga yang menjual dinar emas dari tangan ke 2 ke 3 sehingga harga lebih mahal.

2. Melalui Dinar Antam / Butik Antam

Disini kamu bisa membeli dinar emas di antam, di butik emas, Cari saja dikota kota besar, butik antam pasti tersedia.

Kelebihanya, Stok emas pasti tersedia.

kekuranganya, dinar emas dianggap emas perhiasan sehingga melakukan pembelian diantam terkena pajak PPN 10% membuat harga dinar di butik antam lumayan mahal.

3. Melalui M-Dinar 

Apabila membeli melalui M-dinar anda melakukant transaksinya melalui transfer, tetapi M-dinar ini seperti menabung emas, emas anda akan menjadi saldo di dompet elektronik, Web untuk m-dinar sendiri di https://new.m-dinar.com/ Jadi untuk melakukan mendaftaran silahkan klik disini

Kelebihanya di M-dinar ini, anda bisa melakukan jual beli m dinar secara cepat dan mudah. Mencairkanya pun langsung ke bentuk mata uang rupiah bisa. Dinar emas anda bisa disimpan lebih aman.

Kekuranganya adalah M-dinar bentuk dompet digital, jadi anda tidak sempat bisa memegang uang dinar emasnya.

Difoto atas, saya berhasil mendapatkan 3 uang dinar emas dari melakukan transaksi jual beli dengan seseorang tangan ke lebih dari 1. Harga sedikit lebih mahal dari harga gerai dinar tetapi sedikit lebih murah dari pada membeli di antam, selisihnya sekitar 5% dari harga emas gerai dinar.



Akhirnya artikel yang berjudul Apa Itu Uang Dinar dan Dirham Uang Yang Sesungguhnya, telah selesai. Mungkin dari beberapa pengunjung ingin bertanya seputar dinar dan dirham silahkan tulis komentarnya.

Semoga bermanfaat hingga kemudian hari.

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.