Tips Dalam Mengerjakan Project Aplikasi Perusahaan [Pengalaman]

Beberapa Kendala Masalah Dalam Project Aplikasi [Pengalaman] - Kali ini saya akan share beberapa pantangan pantangan terjadi disetiap melakukan project aplikasi. Dari beberapa pengalaman saya terjun ke dalam project ada beberapa yang harus diketahui oleh seorang fungsional dan developer.

Agar nantinya saat pembuatan jadwal atau estimasi pengerjaan bisa selesai tepat waktu sesuai dengan analisa fungsional dan developer. Dari beberapa kasus yang telah dianalisa, bisa menghasilkan kesimpulan kesimpulan dan tahap rancangan serta rencana. Jadi berikut ini adalah beberapa tips dan trik agar analisa dalam kendala pengerjaan project bisa lebih mudah di temukan, mempercepat proses pengerjaan, membuat proses bisnis dan memperlancar pengerjaan :

1. Modul Hingga Sub Modul

Analisa dari project tersebut ke beberapa modul pengerjaan, Dengan membagi ke beberapa modul anda akan lebih mudah merancang setiap modul ke dalam beberapa sub modul. Dari sisi pengerjaan akan lebih mudah.

Lihat apakah modul tersebut lebih banyak prosesnya ?, jika iya bagi modul tersebut menjadi beberapa sub modul agar nantinya anda lebih mudah dalam menganalisis proses sistem, kasus tertentu, hambatan, dan resikonya.

2. Pelajari Kasus Tertentu

Dari beberapa modul tersebut, mulai dari modul pertama hingga akhir tanyakan secara details ke client untuk kasus tertentu. Kasus tertentu ini catatlah dengan baik. Hal ini yang biasanya membuat project berjalan lambat. Jangan sampai ditengah perjalanan dalam melakukan pengerjaan project ada kasus yang belum ditemukan, akhirnya akan membuat development dan bisnis proses harus diubah kembali.

3. Bisnis Proses

Pelajari bisnis proses dari project tersebut, pelajari tentang bagaimana sistem aplikasi berjalan. Alangkah baiknya jika sudah ada sistem diperusahaan tersebut. jika belum ada maka anda harus merangcang sebauh sistem bisnis proses. Bisa dari flowchart sistem, 

Bila telah selesai melakukan analisa dan merancang bisnis proses, Beritahu atasan anda dan juga client anda. Presentasikan hasil dari rancangan anda. jelaskan se-detail detailnya hingga mereka setuju dengan rencangan. Bila mereka tidak disetujui revisi dan segera lakukan presentasi kembali hingga sampai bisnis proses tersebut disetujui. Baru lah melangkah ke tahap selanjutnya yaitu Development.

Tips ini sangat baik bila digunakan dalam project aplikasi di sebuah perusahaan, Dimana project tersebut sangatlah besar karena mencangkup berbagai bidang apalagi didalamnya ada akutansi. Maka diperlukan beberapa strategi yang harus dilakukan agar lebih mudah dalam pengerjakan.

Mungkin hanya hal ini yang bisa saya sampailkan. Ingat lakukan tahap tahap diatas sesuai dengan urutanya agar proses pengerjaanya bisa teratur.


Tidak ada komentar:

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

Diberdayakan oleh Blogger.