Cara Membuat Perencanaan Liburan Perjalanan Wisata

Cara Membuat Perencanaan Perjalanan Wisata - Gagal merencanakan adalah merencanakan kegagalan, Begitu juga dengan rencana perjalanan wisata. Bagi kamu yang ingin sekali melakukan perjalanan wisata setidaknya kamu harus melakukan perencanaan terkait dengan wisata, trannsportrasi, biaya, penginapan, makan dan lain sebagainya.

Mulai dari transportasi perjalanan menuju kota wisata, transport perjalanan ke wisata, transport bolak balik ke hotel, kuliner dan lain sebagainya. Pemilihan tempat wisata, wisata alam, wisata musium atau wisata permainan. Pemilihan tempat akomodasi hotel, losmen, guest house dan lain lain. Pemilihan makanan kuliner. Dan anggaran biaya harus sesuai budget.

Baiklah, sekarang untuk mempermudah perencanaan liburan mari kita mulai dari tahap pertama hingga berakhir : 

1. Memilih Kota Wisata

Pemilihan kota wisata adalah salah satu tahap pertama. Disinilah kamu mulai mencari kota mana yang akan menjadi kota tujuan wisata. Tentukanlah wisata seperti apa ? Apakah pilihan wisata alam, wisata permainan, wisata kuliner dan lain sebagainya. Bila memilih wisata alam maka cocok kota yang memiliki banyak gunung, perbukitan. Bila memilih wisata wahana permainan dan musium carilah kota yang memiliki banyak sejarah dan wahana permainan.

2. Memilih Wisata

Memilih wisata merupakan tahap kedua, Carilah dan buat daftar dari beberapa wisata di instagram yang ingin kamu kunjungi. Carilah beberapa review dari wisata tersebut terkait harga, kenyamanan, lokasi. Dari daftar wisata pilihlah kembali yang menurut anda bisa dikunjungi sesuai dengan perencanaan waktu. Saya sarankan untuk mengunjungi 2 wisata dalam 1 hari agar tidak terburu buru dan pastikan jarak antara wisata 1 dan 2 dekat. Mungkin hanya perjalanan 1 atau 2 jam saja. 

3. Memilih Hotel

Tahap selanjutnya pilih hotel sesuai dengan budget. Mulai dari pemilihan Hotel berbintang, guest house, losmen. Saya sarankan untuk memilih tempat lokasi hotel, pililah hotel yang berada ditengah tengah wisata Mengapa ? Karena lokasi ditengah wisata akan membuat anda lebih mudah menempuh jarak dan memperpendek waktu perjalanan.

4. Memilih Transportasi Antar Wisata

Disini rencanakanlah bagaimana cara anda datang ke lokasi wisata mulai dari berangkat dari hotel, makan kuliner, makan sehari hari, keliling mencari oleh oleh. Apakah dengan Go-Jek, Grab, sewa mobil, sewa motor atau naik kendaraan umum. Pillih kendaraan sesuai dengan budget dan kecepatan untuk sampai. Bila memang lebih memilih sewa motor lebih baik booking jauh jauh hari apabila waktu yang anda rencanakan adalah termasuk hari libur panjang, ditakutkanya kehabisan persewaan motor. 

5. Memilih Transportasi Antar Kota

Untuk perencanaan tranportasi dimana anda akan pergi ke kota wisata, bisa menggunakan Pesawat, Mobil, Motor, Kereta api, Bus pastinya sesuaikan dengan budget anda. Paling penting adalah tujuan perjalanan anda adalah dekat dengan hotel dimana anda memesananya. Jadi setelah anda melakukan perjalanan jauh, maka akan lebih mudah untuk langsung pergi ke Hotel dan beristirahat. Contoh bila hotel dekat dengan stasiun maka naiklah kereta api, bila dekat dengan terminal carilah bus.

Baik mungkin tips tips ini yang bisa saya berikan dari pengalaman saya. Bagi anda mempunyai tips lain, tambahkan dikolam komentar, Terimakasih.

~ Semoga Bermanfaat ~

Tidak ada komentar:

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

Diberdayakan oleh Blogger.