Memulai Menabung Reksadana Saham Resiko Tinggi Keuntungan Tinggi


Mencoba Bermain Reksadana Saham Resiko Tinggi Dalam Reksadana, saya sudah merasakan reksadana pasar uang selama 1,5 tahun yang lalu. Hari ini saya sudah menyelesaikan pelajaran tentang nabung saham dan Reksadana Saham. Akhirnya saya memberanikan diri untuk konsisten menabung di reksadana saham yang jangka waktunya bisa 5 - 30 tahun dengan menabung beberapa ratus ribu tiap bulan-nya.

Nabung saham atau nabung di reksadana saham berbeda dengan nabung uang. Yang bisa kita ambil kapanpun kita mau. entah itu besok, sekarang, jam sekarang yang penting ada ATM pasti bisa diambil. Jadi sebenarnya nabung saham itu sama seperti mengikuti asuransi. Tiap bulan harus membayar, dan pas ada kondisi yang tidak menyenangkan pasti akan dibantu oleh pihak asuransi.

Di nabung saham persamaan dengan asuransi hanya sebatas cara membayarnya saja yang sama. sebenarnya juga tidak terikat, hanya saja mendisplinkan diri bahwa saya harus menabung saham tiap bulan tanggal 2 begitu seterusnya. Hingga antara 5 tahun hingga 30 tahun lamanya. Seandainya pun bulan ini tidak bisa menabung ya tidak apa apa, mungkin bulan depan bisa. ini tidak masalah.

Seandainya pada tahun ke 4 / 7 / 10 / 15 / 20 saya sudah merasakan untung dari nabung saham. Pada saat itu juga saya bisa mencairkan dana tersebut ke rekening saya. Nabung saham tidak cocok untuk jangka pendek yak. Cocoknya adalah jangka panjang, agar keuntungan bisa lebih mudah didapatkan. Kalo jangka pendek nabung saham sangat tidak dianjurkan karena cenderung akan merugi. 

Mungkin ada yang bertanya dalam hati. Dalam jangka pendek aja rugi apalagi jangka panjang ?. Saya jelaskan bawah nabung saham sama seperti emas. Dalam jangka pendek anda akan rugi tetapi dalam jangka panjang emas itu tiap tahun pasti naik. Seperti itulah saham dengan emas.

Mau tahu keuntungan dari nabung reksadana saham. Mari kita lihat dari simulasi dari bareksa. Saya mencoba untuk mensimulasikan nabung saham 500 ribu di awal, dan setiap bulan menabung 200 ribu.  saya mimilih reksadana saham syariah Secorinvest Sharia Equity Found sebagai simulasi. Mari kita lihat hasilnya dari tanggal 11 November 2013 hingga 01 Februari 2019 dibawah ini.


Penjelasan diatas keuntungan dari nabung reksadana saham adalah Rp 5,165,849.62 dan total investasi tersebut senilai Rp 13,100,000.00 maka total investasi dan keuntungan adalah Rp 18.265.849,62 dalam jangka waktu 6 tahun. 

Dengan konsisten menabung saham hingga 15 tahun atau hingga 20 tahun lamanya kita bisa mendapatkan uang senilai 1 milyar lebih bila dana yang diinvestasikan sedikit bertambah bisa menghasilkan 2 milyar. Anggap saja tabungan saham ini adalah tabungan hari tua nanti. 

Nah disini saya sudah menjelaskan tentang menabung reksadana saham. mungkin masih ada yang kurang jelas silahkan langsung bertanya dikomentar. 







Tidak ada komentar:

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

Diberdayakan oleh Blogger.