TIDAK !! Pinjaman Online Bikin Hidup Hancur Susah Kapok Terbukti

Begitulah judul yang dibuat untuk menggambarkan kondisi pinjaman online sekarang ini. Banyak masyarakat saat ini yang sudah terjebak hutang yang banyak hingga tidak bisa membayarnya, malah harus menjual semua barang berharga mereka seperti emas, rumah, motor. Maka dari itu kamu sebaiknya pikir pikir lagi kalo mau meminjam dana online.

Saya secara pribadi pernah menginstall salah satu pinjaman dana online. Sudah upload berbagai data diri dan lain sebagainya. Akhirnya diapprove dan saya mendapatkan limit hingga 5 juta untuk meminjam dana online. Tetapi dengan melihat bunga yang benar gila karena gede' (besar) itu bunga. Tanpa pikir panjang saya langsung menghapus aplikasi tersebut.

Mencari cari informasi tentang positif dan negatifnya pinjaman online saya lihat dan menganalisasinya bawah pinjaman online ini lebih banyak dampak buruknya dari pada dampak baiknya. Pinjaman dana online seharusnya sangat baik untuk keperluan bagi orang yang benar terdesat banget. Seperti harus membayar biaya rumah sakit, periksa kandungan, biaya muka operasi, dengan syarat bahwa bisa dibayar setelah gajian bulan depan atau dihari berikutnya akan mendapatkan rizki yang bisa menutupi hutang tersebut. Itu adalah hal positifnya.

Hal negatifnya yang saya temukan adalah pinjaman online (pinjol) ini ternyata menyasar kepada orang orang yang tidak butuh uang, atau memaksa seseorang yang tidak butuh uang menjadi butuh uang. Contohnya adalah seperti memberikan pinjaman unturk traveling, berlibur atau berbelanja, mengirimkan notifikasi ke email saya terus menerus2. Akhirnya banyak orang yang terjebak didalamnya. Saya sarankan masyarakat jangan sampai tergiur karena ini. Mengapa pinjaman online ini sangat begitu berbahaya bagi yang tidak benar benar membutuhkan.

1. Bunga Tinggi.
Betapa bunga yang besar meminjam dana online. Banyak sekali yang memberikan bunga sebesarn 10 % hingga 30% setiap bulanya. Padahal bunga bank saja tidak sampai segitu hanya sekitar 2.2% / bulan. Seandainya kamu meminjam dana sebesar 1.000.000 saja maka bulan depan harus mengembalikan sebesar 1.300.000 dan itu masih bisa lebih.

2. Data Pribadi
Setiap melakukan peminjaman online maka secar
otomatis aplikasi akan meminta izin untuk mengakses data data kamu. mulai dari akun sosial media, nomer kontak seluruhnya, membaca sms. Intinya aplikasi tersebut meminta akses untuk melihat semua informasi yang ada di smartphone. So, ini berbahaya. Apalagi nanti data dijual dan disalah gunakan oleh pihak ketiga untuk menipu, iklan, asuransi. Ngeri Bukan.

3. Denda Tinggi.
Ya denda yang sangat amat tinggi. Bila terlambat membayar maka peminjam akan terkenda denda tinggi bisa sampai 2% perhari. contoh meminjam 1.000.000 dan telat membayar 5 hari maka 100.000 akan menjadi denda. Pokoknya begitu tidak mau tahu si peminjam itu lagi sakit, lupa, kesulitan ekonomi dan lain sebagainya. Yang menyebalkan lagi, ada pinjaman online yang mengatur apabila peminjam melunasi dengan cepat maka akan terkena denda juga. Bayar telat kena denda bayar cepat juga kena denda.

Apabila telat membayar maka secara otomatis data peminjam akan disetorkan ke bagian lembaga external atau bisa disebut sebagai debt collector. Yaitu seseorang yang selalu memantau dan memperhatikan gerak si peminjam. Mengakses seluruh kontak nomer telepon, menghubungi seluruh teman, rekan kerja, kerabat, bos, keluarga. Bisa jadi diri pribadi sipeminjam akan digunakan sebagai intimidasi untuk menjatuhkan jati diri agar sipeminjam mau melakukan pembayaran yang besar.

Jadi bukan berarti seseorang yang mentestimonial bahwa dia sudah meminjam beberapa kali. dan tidak terjadi apa apa. Saya pastikan bahwa keuangan seseorang tersebut sungguh buruk. Mungkin masih belum, nanti kalo mereka sudah ketagihan perlahan dia akan masuk kelubang yang bisa menyengsarakan hidupnya dan orang lain. Ada pepatah yang mengatakan jangan berhutang kalo tidak membutuhkan.

Banyak kasus yang terjadi, dibanyak forum dan banyak komentar komentar yang terkena jebakan pinjol ini. Jadi saya harap jangan sampai kamu meminjam dana online. PASTI RUGI !!

Lalu Bagaimana Tips Meminjam Dana Online Agar Meminimal Kerugian ?
Saya hanya sarankan gunakan pinjaman dana online bila benar benar sangat membutuhkan dan tidak ada lagi jalan keluar.

Sebelum meminjam dana online sebaiknya pinjam tetanggga, teman, kerabat, sahabat, saudara, orang tua. Jangan malu kepada mereka untuk meminjam, syukur syukur mereka bisa mendapatkan pahala atas bantuan dari kesulitan yang kita hadapi, dari pada beresiko dipermalukan oleh debt collector bila tidak sanggup bayar atau telat bayar.

Lalu Bagaiman Bila Sudah Terlanjur Meminjam Dana Online ?
Maka bayar hutang tersebut. dan segera hapus aplikasi tersebut dari smartphone. Apabila kamu tidak sanggup bayar cobalah meminjam tetanggga, teman, kerabat, sahabat, saudara, orang tua atau gunakan barang gadai. Jangan menutupi hutang dengan hutang. gali lubang tutup lubang.

Mungkin ini adalah keresahan saya ketika akan menggunakan jasa pinjol. Tetapi saat saya pikir ternyata sangat memberatkan hidup saya. meskipun !! saya bisa membayarnya. tetapi saya pikir lagi pasti ini merugikan saya. Dari pada saya menghutang karena hal yang tidak begitu penting mending saya bersabar mengumpulkan uang.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. Silahkan berkomentar bila ada yang tidak setuju atau yang setuju. Menurutmu bagaimana tentang hal tersebut ?

Tidak ada komentar:

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

Diberdayakan oleh Blogger.