Terbukti Aman Berbelanja Online Dari Penipuan Kejahatan

Belanja online sekarang merupakan hal yang lumrah pada masyarakat sekarang ini. karena lumrahnya dampak dari belanja online adalah banyak toko offline kecil hingga besar kehilangan pasar mereka dan akhirnya bangkrut. Beralihnya toko offline menjelma menjadi toko online untuk memasuki pasar online adalah strategi yang bagus. Sehingga membuat pasar online dan belanja online semakin beringas. 

Hal Positif yang bisa kita dapatkan dari belanja online, adalah harga yang relatif murah dan barang yang mudah kita dapatkan. Hal ini yang menyebabkan belanja online semakin diminati. Oleh karenanya semakin luas belanja online diindonesia semakin ada tindak penipuan atau kejahatan. Penipuan juga semakin melebarkan sayap karena pasar online semakin besar. 

Sebagai seorang yang akan melakukan belanja online, alangkah baiknya kita memahami tentang dunia online dan sistem belanja online agar kita tidak tertipu dengan berbagai bentuk penipuan yang ada diinternet. Kita harus benar cerdas dan mengerti sistem berbelanja online sehingga kita mampu untuk mengetahui apakah sistem ini bisa merugikan kita sebagai calon pembeli. Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu yang tidak ingin menjadi korban penipuan di internet dalam berbelanja.

1. Perhatikan Testimonial 
Perhatikan setiap testimonial yang ada di lapak penjualan. Kamu bisa cek komentar lapak tersebut. Bisa melihat berapa cepat respon yang diberikan, kepercayaan dari orang lain, Dan bukti bukti lainya. Mengapa ini perlu dilakukankan. karena testimonial ini adalah pengalaman orang lain yang telah membeli produk dari lapak tersebut. Lihat kesan dan pesanya apakah memuaskan atau itdak.

Terkadang hal ini juga bisa dipalsukan dengan berpura pura menjadi calon pembeli. Maka tetap berhati2 jangan hanya melihat dari sisi testimonial saja. Jangan percaya testimonial dalam bentuk gambar, foto dan lain2 karena testimonial tersebut bisa saja di edit sesukanya oleh penjual.Pililah testimonial dalam bentuk web / komentar nyata.

2. Usahakan Memakai Pihak Ke Tiga
Lebih aman lagi bila kamu juga menggunakan pihak ketiga seperti bukalapak, tokopedia, lazada, shopee dan lain lain. Pihak ketiga ini menjamin kamu bisa transaksi seaman mungkin. Pembelian dilakukan oleh pihak ketiga, uang yang kamu akan dijaga oleh pihak ketiga dan bila barang sudah sampai tanpa kondisi cacat maka uang kamu akan diteruskan oleh pihak ketiga ke rekening penjual. Jadi lebih aman.

Tapi ingat, sebelum membeli silahkan melihat lihat komentar lapak dari pihak ketiga. Meskipun aman,  mungkin ada juga penjual yang slow respon atau barang yang dijual tidak sesuai dengan gambar itu bisa saja terjadi. Tetap usahakan mencari informasi tentang lapak produk yang akan kamu beli. Dan sebelum membeli periksa dulu ketentuan ketentuan dari produk yang kamu beli. Seperti Penjelasan dan ketentuan berlakunya seperti garansi produk dan lain lain.

Ada beberapa kasus yang terjadi dengan memakai pihak ketiga:
a. Barang yang dipesan lama.
b. Barang yang dipesan tidak sesuai dengan gambar.
c. Barang yang dipesan dikirim bukan barang yang dijual / tidak sesuai

Ini adalah beberapa kasus penipuan yang kadang kadang ditemukan dengan mamakai pihak ketiga, meskipun nanti kita bisa komplain ke pihak ketiga dan uang kita bisa selamat. Tetapi mohon tetap berhati2. Memakai jasa pihak ketiga meminimalisir atau mengurangi bentuk kecurangan dan penipuan. Jadi lebih baik pakai saja.


3. Periksa Nomer Telepon Dan Nomer Rekening
Kamu bisa memeriksa nomer telepon dan nomer rekening sipenjual di google. Ketik aja kata kuncinya "Penipuan [Nomer telepon / nomer rekening]" biasanya apabila memang nomer tersebut mengandung unsur penipuan maka nomer tersebut akan masuk kedalam daftar perbincangan dari forum atau web lain yang menceritakan bahwa nomer tersebut adalah penipuan.

Dulu saya juga pernah ingin membeli suatu produk di forum terbesar diindonesia. Lalu dengan no telepon tersebut saya cari dengan trik diatas. dan ternyata memang nomer tersebut sering digunakan untuk menipu dan banyak yang menceritakan pengalaman berdasarkan nomer telepon itu. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak melanjutkan transaksi saya. Terbukti dengan tidak melanjutkan transaksinya saya pun dikata katain oleh penipu.

4. Lihat Komentar Komentar Di Lapak Tersebut
Lihat lah komentar komentar orang lain dilapak tersebut. Apakah komentar tersebut menandakan lapak yang positif atau tidak. Bila tidak tinggalkan saja, mengandung resiko buat kamu yang akan menjadi pelanggan dari lapak tersebut.

Beberapa tips cara mengamankan kamu dari penipuan berbelanja online. Semoga dengan tips ini kamu dapat terhindar dari penipuan. Jangan melupakan tips yang sudah kamu baca. Apabila ada tips lagi maka artike ini akan saya update kembali. Terima kasih....

Tidak ada komentar:

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

Diberdayakan oleh Blogger.