Terbukti Mengatasi Laptop Sering Over Heat Panas Mati sendiri

Sudah sejak beberapa tahun kemarin laptop saya sudah mengalami beberapa penyakit. Penyakit ini sangat sering kita jumpai laptop atau pc yang sudah berusia tua. Overheat atau Kepanasan. Ya laptop yang udah berusia tua hingga 3 tahun keatas. biasanya sering mengalami penyakit mematikan ini. Efek penyakit ini adalah laptop tidak bisa menyala lama. Hanya bisa menyala sebentar saja, langsung otomatis mati sendiri. Atau menjalankan program program berat tiba tiba mati sendiri karena kepanasa.

Mengapa laptop bisa overheat.. namanya motor kalo dipakai terus kan knalpotnya bisa panas. sama seperti laptop kalo udah bertahun tahun tidak overheat tapi kenapa tiba tiba pada menginjak 3 tahun laptop langsung overheat. Nah sebab muasalnya ada banyak yaitu : 

1. Karena Pasta antara processor dan heatshink kering
Kalo sudah bertahun tahun itu laptop pastinya pasta sudah harus diganti. Seperti ganti oli. kalo ini tiap 3 bulan kalo laptop cukup 1 tahun sekali atau kalo udah merasakan overheat wajib harus diganti. karena kalo tidak ya laptop akan mati mati terus. nanti bisa merambat ke komponen lainya yang bisa rusak. Nah pemilihan pasta ini bisa ganti sendiri atau ganti di tukar service. Dan ingat pasta ini jangan beli yang murah sekitar 10ribu atau 20 ribu. Beli yang harganya 100ribu. Karena pasta yang berkualitas sangat aman untuk kemudian menghantarkan panas ke heatshink untuk dikeluarkan panasnya dengan kipas. Saya tidak merekomendasikan untuk membeli pasta yang murah.

2. kipasnya berdebu.
Nah ini adalah salah satu faktor yang biasanya terjadi karena laptopnya kotor atau memainkan laptop diatas tempat yang berdebu sehingga debu tersebut akan masuk dan menyumbat antara heatshink dan kipas laptop. Angin yang seharusnya masuk kedalam heatshink untuk membuang panas malah gag bisa masuk kehalang debu, maka panas akan terus panas dan menjadikan laptop langsung mati. Mengatasinya silahkan bersihkan butiran debu tersebut hingga bersih. atau berikan saja ke Service Laptop bilang bersihin butiran debu karena overhead. Sudah paham kog. Kalo gag bilang takutnya bisa lebih mahal jasa service laptopnya xixixi

3. Sensor kipas kurang joss.
Nah ini, Sensor kipas yang bermasalah karena laptop sudah tua. iya benar kalo sudah tua begini sensor laptop akan mulai menurun. Seperti Laptop saya ini sudah 9 Tahun toshiba c640. Mulai dari 2009 hingga desember 2018 tulisan ini dibuat. Laptop ada kabel berwarna kuning ini adalah sensor putar yang diberikan oleh kipas ke processor. Yang kemudian akan diputar sesuai dengan panas yang dihasilkan oleh processor untuk mendinginkan.

Dikarenakan laptop saya sensornya kurang sensitif oleh panas. maka tipsnya adalah dengan jumper kipas laptop. Jadi dengan trik ini kipas akan terus menyala tanpa dikendalikan oleh processor. Jadi laptop kita akan terasa dingin terus. kekuranganya adalah baterai laptop akan cepat habis. Tapi tidak masalah kalo saya, mending baterai habis dari pada mati2 terus dan membuat komponen lainya rusak

Nah studi kasus laptop saya yang sudah berumur 9 tahun ini. Akhirnya terpaksa memakai trik jumper kipas. Karena sudah memakai cara pertama belum solved, cara kedua juga belum solved maka dengan cara ketiga ini akhirnya solved juga. Sedikit operasi laptop sendiri.

Untuk mengatasi dengan cara yang ke 3 ini harap sudah tahu dan berani mengambil resiko. Silahkan cari tentang jumper kipas laptop di internet. kalo belum berani langsung datangkan ke service laptop buat jumper kipasnya. kalo service sendiri murah meriah. kalo service orang lain mahal bisa 100 ribu hingga 200 ribu karena resiko yang diambil. 

ok sampai sini saja. semoga bermanfaat ok.

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar sesuai dengan pembahasan konten diatas !!
Komentar tidak boleh mengandung unsur :
- Sara (penghinaan / pelecehan).
- Spamming (comment spam).

Terima kasih atas Masukan, kritikan, saran atau pendapatnya.
Penulis akan segera membalas secepatnya ^_^.

Diberdayakan oleh Blogger.