Mengenal Database PostgreSql Lengkap

Sudah lama saya tidak menulis artikel xixix, sekarang saya akan mengenalkan temen temen semua tentang database postgresql. Dimana sekarang ini banyak sekali Developer ataupun perusahaan software house menggunakan database ini. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain.

Database ini memiliki sistem yang kuat untuk urusan relasi data antar tabel, Dan sudah memiliki lebih dari 15 tahun lamanya telah dikembangkan secara aktif. Database ini juga merupakan database opensource yang gratis. 

Sekitar 1,3 tahun saya menggunakan database ini. Sangat suka sekali dengan fitur fitur yang diberikan yang belum tentu bisa dipunyai oleh database lain seperti MySQL. Ada banyak fitur yang telah saya pelajari dimasa kerja selama ini. Antara lain adalah Relasi Tabel, Function, View, Trigger dan banyak lagi.

Banyak hal yang saya sukai, temen temen bila menggunakan database ini temen temen bisa menggunakan case when yang tersedia. Fitur ini digunakan apabila mendapatkan sebuah kasus yang membutuhkan if else seperti bahasa pemograman lainya. Contoh : ketika field menghasilkan nilai "false" kita bisa menggantinya dengan nilai "Belum Terbayar".

Dan Termasuk adanya schema dalam database ini. Schema ini sangat berfungsi sekali apabila temen temen ingin membuat grub untuk beberapa tabel contoh : Kita membuat Schema Master "Master_Barang, Master_UOM" yang dimana tabel tersebut kumpulan tabel tabel master, dan Schema Barang "Tabel_Keluar_Barang, Tabel_Masuk_Barang" untuk tabel yang berhubungan dengan barang.

Fitur Schema Di Postgresql


Langsung saja. Bagi temen temen yang mau mendownload atau belajar tentang database postgresql. Bisa mendownload Disini, Bagi pengguna selain windows silahkan kunjungi link disini. Lebih lanjut lagi kita akan belajar tentang database ini.

Daftar Artikel Tentang Postgresql :

1.  [Tunggu tutorial Berikutnya]



Related Posts

Post a Comment

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

MMU Menerima Content Placement Dan Back Link
Terimakasih Telah berkunjung , Ada yang bisa saya bantu? ...
Chat Sekarang