Memahami Tingkatan Bahasa dan Projek Saat Menjadi Programmer

Kali ini saya akan membahas tingkatan programmer dalam projek. Setiap programmer pasti mempunyai beberapa hal khusus dalam melakukan pekerjaan mulai dari membuat produk dan projek. Dalam melakukan pekerjaan tersebut dipastikan bahwa seorang programmer diharuskan menguasai beberapa bahasa pemograman. Penguasaan bahasa inilah yang seharusnya programmer mengetahui seberapa tingkat dalam melakukan tugas. 

Kali ini saya akan memberikan ilmu yang saya dapatkan semenjak lebih dari 1 tahun bekerja di perusahaan software house berbasis scrum. Baik kali ini saya akan membahas semua tingkatan seperti SIMPLE, COMPLICATED, COMPLEX dan CHAOS

1. SIMPLE
Simple ini adalah tingkatan pertama dalam menguasai bahasa pemograman atau dalam mengerjakan sebuah produk atau project masih dalam tahap mudah. Contoh saja seperti tokoo online, blog, company profil. dan lain lain. projek dan produk ini masih dibilang simple dengan fitur2 standart.

Mudah mengerjakan dikarena memang sudah menguasai bahasa pemograman. Jika anda sudah menguasai bahasa pemograman maka kemungkinan anda akan berada diarea SIMPLE ini bila didukung dengan pengerjaan projek yang mudah juga. 

Mudah mendapatkan referensi diinternet atas masalah yang ada. Mungkin hanya membutuhkan referensi dari website lokal saja sudah menyelesaikan permasalahan. Produk atau projek yang dikerjakan juga sudah dapat diperkirakan berapa lama dia bisa menyelesaikan pekerjaanya.

2. COMPLICATED
Complicated ini adalah tingkatan kedua dalam menguasai bahasa pemograman. Dengan mengerjakan sebuah projek atau produk mempunyai skala besar, Mungkin bisa jadi dengan projek yang mempunyai sistem yang cukup besar. salah satu contohnya adalah aplikasi Toko Online dengan Pembayaran Auto Payment, Forum

Masih mudah mencari referensi diinternet, Masih mudah menemukan solusi dari masalah pekerjaan. Referensi yang dicari sudah tidak bisa menggunakan referensi web lokal sudah diharuskan mencari website luar negeri yang berbahasa inggris. Juga sudah membuka web forum programmer. Bisa jadi referensi yang dicari lebih sedikit dari pada referensi di katagori SIMPLE

Dalam menyelesaikan pekerjaan masih dapat diperkirakan seberapa lama pekerjaan akan dapat diselesaikan meskipun lebih sulit dari pada tingkat Simple, Kemungkinan juga bahwa waktu yang dibutuhkan juga lebih panjang dari pada SIMPLE. 

3. COMPLEX
Complex ini adalah tingkatan ketiga dalam menguasai bahasa pemograman, Rata rata pengerjaan Complex ini adalah sebuah aplikasi yang mempunyai cakupan yang cukup besar, dengan sistem yang besar, fitur yang lengkap serta keamanan yang tinggi. juga masih mempunyai referensi aplikasi yang lain dengan sistem yang bisa dicontoh atau masih bisa ditiru dan dirubah.

Dari segi referensi saja sudah tidak cukup hanya menggunakan referensi lokal saja, sudah mencari referensi web luar negeri yang berbahasa inggris, referensi yang ditemukan untuk mengatasi solusi sudah sangat sedikit sekali. Sudah mencari website referensi disitus asli seperti android development, PhP reference, Java Reference. Bisa bertanya tanya dalam banyak forum.

Dalam menyelesaikan pekerjaan projek sudah sulit memperkirakan waktu yang dapat diselesaikan. Dikarenakan setiap masalah yang ada membutuhkan waktu yang berbeda beda dalam mencari solusi. Hal ini mengapa COMPLEX sangat membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada Simpledan Complicated. 

4.CHAOS
Chaos ini adalah tingkatan yang terakhir, dalam menguasai bahasa pemograman chous ini adalah tingkatan yang bisa dibilang professional dalam mengembangkan aplikasi. Dikarenakan tipe ini mempunyai projek yang mempunyai Skala besar. Projek yang baru dan masih belum ada yang membuat projek sebelumnya. Tidak mempunyai referensi projek dan sistem yang jelas. Diharuskan untuk membuat sistem yang baru dan tidak pernah ada sebelumnya, serta memikirkan keamanan dan lain sebagainya.

Dari segi referensi sangat sedikit sekali. Bila ada masalah dalam mengerjakan maka membutuhkan ketepatan dalam mencari solusi. Referensi sudah tidak bisa dicari karena sangat sulit, mungkin bisa mempertanyakan dalam forum forum luar negeri. Ini juga harus didukung dengan bahasa inggris yang baik dalam menjelaskan masalah di forum. Mungkin juga masalah yang dihadapi baru pertamakali terjadi, yang membuat referensi tidak ada diinternet. Diharuskan mencari solusi dari solusi solusi yang ada dengan menggabungkan beberapa referensi yang ada setelah itu research sendiri untuk mencari penyelesaian.  

Dalam menyelesaikan pekerjaan ini membutuhkan perkiraan yang kemungkinan tidak bisa lagi ditetapkan waktu selesainya kapan. Terkadang CHAOS ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menyelesaikan tugasnya. karena disetiap hal dia harus mencari solusi yang masih gelap harus meraba raba dengan waktu yang entah kapan masalah bisa selesai. Dan masalah yang ada juga tidak hanya 1 atau 2 berkali2 pastinya. Biasanya untuk mengerjakan tipe Chaos ini selalu dibarengi dengan melakukan research terlebih dahulu. dari segi keamanan, Interface dan masih banyak lagi. Hal ini bisa membutuhkan berbulan bulan tahun lamanya bagi Chaos untuk menyelesaikan tugasnya karena kurangnya referensi yang ada. 

Mungkin dari beberapa tingkatan yang sudah saya bagikan, kira kira dinomer berapakah anda dalam mengerjakan sebuah projek. seringkali kali anda berada ditingkat yang mana ?

Mungkin setiap orang berbeda beda dalam menentukan tingkatanya. Terkadang programmer yang masih perlu belajar seperti menjadi Chaos karena memang sifatnya yang masih meraba raba gelap. Tetapi semakin anda mengerti tentang Coding maka status tingkatan anda akan berubah lagi hehe.

Mungkin ini adalah menjelasan singkat tentang tingkatan bahasa pemograman dalam mengerjakan sebuah Projek. Bila masih belum memahami tentang hal ini. Silahkan saja untuk bertanya dikolom komentar.

-Nice


Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar sesuai dengan pembahasan konten diatas !!
Komentar tidak boleh mengandung unsur :
- Sara (penghinaan / pelecehan).
- Spamming (comment spam).
Gunakan kesopanan dalam berkomentar !!

Terima kasih atas Masukan, kritikan, saran atau pendapat dari pembaca.
Penulis akan berusaha menyetujui dan membalas secepatnya ^_^.

Diberdayakan oleh Blogger.