Cara Memvalidasi dimensi gambar image Validasi tinggi lebar gambar


Bertemu dengan ane lagi, disini ane akan beritahu antum tentang cara memvalidasi dimensi gambar, kita sebagai orang yang cenderung suka untuk bermain main dalam dunia sourcode website antum pasti akan mendapatkan sebuah situasi dimana untuk memvalidasi pada gambar sangat penting saat gambar tersebut diupload kedalam server web. kalo antum gag memvalidasi itu image/gambar maka content kita bisa bisa jadi berantakan gara dimensi tidak sesuai dengan apa yang antum inginkan atau antum tetapkan agar terlihat menarik.


nah masalah ini akan muncul, cara mengatasi ya jelas antum harus memvalidasinya dari dimensi gambar. contoh antum menetapkan dimensi gambar pada lebar 500px dan tinggi 500px, alhasil apabila orang lain upload gambar yang dimensi tidak sesuai yang antum tetapkan maka bisa content akan menjadi berantakan, disain web jadi berantakan, gambar menjadi tidak beraturan. nah sekarang antum harus belajar cara memvalidasi image. begini caranya langsung ke sourcode :



Disini antum harus buat file index.php terlebih dahulu, dengan sourcode dibawah ini



antum buat proses.php dengan sourcode dibawah ini



setelah itu antum buat deh fungsi yaitu fungsi_cek_dimensi.php. ini digunakan untuk memvalidasi dari proses tersebut.



Ingat antum harus jadikan 3 file tersebut dalam 1 folder tidak boleh terpisah. setelah itu jalankan file index.php-nya lalu upload file yang berdimensi lebar 500px tinggi 500px, apabila dimensi tidak sama dengan 500x500 tersebut maka bernilai 0 atau false atau tidak jadi diupload oleh server.

Mungkin dari sini antum masih kebingungan, antum wajib berkomentar !!
biar bisa ane jawab kebingungan antum dimana.

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar sesuai dengan pembahasan konten diatas !!
Komentar tidak boleh mengandung unsur :
- Sara (penghinaan / pelecehan).
- Spamming (comment spam).
Gunakan kesopanan dalam berkomentar !!

Terima kasih atas Masukan, kritikan, saran atau pendapat dari pembaca.
Penulis akan berusaha menyetujui dan membalas secepatnya ^_^.

Diberdayakan oleh Blogger.