Budayakan Membaca || Minat Membaca

Minat Membaca - Rata rata penduduk diindonesia tidak mempunyai minat membaca, dengan dibuktikan bahwa lebih sedikitnya orang yang pergi ke toko buku maupun ke perpustakaan. Ini yang mengakibatkan seseorang sulit untuk berkembang tentang hal hal yang mereka sukai. 

Buku merupakan jendela dunia. Yang artinya bahwa buku merupakan wawasan yang sangat luas untuk dibaca oleh seseorang untuk mengetahui sesuatu yang belum diketahui. Hal ini merupakan faktor daya pikir yang luas, cara pandang luas yang akan dimiliki apabila sering kali membaca hal hal yang bermanfaat seperti buku.

Pengalaman saya menjadi seseorang yang senang sekali membaca segala buku. Termasuk buku Teknologi, wirausaha, spikologi, Sastra, Filosfi dan lain sebagainya. Fikiran saya terhadap suatu pandang masalah atau pendapat dari orang lain benar benar terbuka. Menanggapi suatu kejadian atau peristiwa itu benar benar fantastik dalam apa yang ada diotak kita diwaktu mencernanya.

Terkadang sesuatu yang diucapkan oleh seseorang yang senang membaca itu akan menghasilkan sesuatu yang baik untuk didengar. Contoh hal diutarakanya pendapat seseorang yang gemar membaca dan orang yang tidak nanti akan kelihatan dari segi keindahan berbicaranya dan arti dalam ucapanya.

Sederhanya saja, Umur manusia kurang lebih bisa bertahan hingga 60 tahun. Dari segi keaktivan atau masih adanya motivasi belajar paling tidak hanya umur 50 tahun. Sekarang !! Bagi teman teman siswa, mahasiwa dan orang dewasa yang sudah bekerja. Coba renungkan !! Apa yang sudah saya dapatkan dari proses belajar mulai dari awal saya belajar hingga sekarang ini. Kalo kita renungi kita hanya mampu sedikit sajalah yang diketahui. 

Maka dengan cara membaca kita mempunyai cara yang lebih praktis untuk mengetahui sesuatu hal yang belum kita ketahui. Salah satu cara kita mendapatkan ilmu adalah dengan membaca. Membaca itu sama saja kita memelajari ilmu yang ditulis orang lain untuk diketahui dan dipraktekan.

Ilmu allah yang kita dapat itu perantaranya hanya berasal dari pengalaman diri sendiri dan orang lain. untuk mendapatkan ilmu dari orang lain apa yang bisa kita lakukan ?
1. Sekolah, kuliah kita dapatkan dari ilmu guru guru yang disampaikan
2. Teman, sahabat, seminar, komunitas, organisasi semua itu dari orang lain.
3. Membaca buku, ini juga dari orang lain.

Maka untuk mendapatkan ilmu yang cukup seharusnya kita harus tahu sumber sumber tersebut. Sekarang sekolah, les dan kuliah. kurang dari 20 tahun. Teman sahabat seminar dan lain lain juga 1-4 tahun berproses. Lalu yang seumur hidup kita belajar dari membaca buku. Kenapa membaca buku termasuk belajar seumur hidup ? 

Jelaslah, membaca buku adalah hal yang tidak terbatas dan tidak dikengkang oleh waktu. Orang yang berumur 40 tahun lebih bagaimana dia belajar dari orang lain, karena rata rata orang yang berumur tua mereka akan kesulitan untuk belajar sesuatu dari orang lain. Masak iya orang yang sudah lanjut usia harus mengikuti organisasi, komunitas sekolah lagi, atau kuliah. hal yang Paling masuk akal adalah membaca buku.

Maka membaca buku dalah salah satu cara untuk meningkatkan ilmu pengetahuan kita, menunjang daya fikir kita terhadap nilai suatu pandang yang baik. Membaca adalah salah satu perintah yang tertulis dialquran. Bacalah Bacalah !!

STOP MEMBACA, LESTARIKAN KEBODOHAN

Penulis : muhammad miftahul ulum
publish : 12/1/2014

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar sesuai dengan pembahasan konten diatas !!
Komentar tidak boleh mengandung unsur :
- Sara (penghinaan / pelecehan).
- Spamming (comment spam).
Gunakan kesopanan dalam berkomentar !!

Terima kasih atas Masukan, kritikan, saran atau pendapat dari pembaca.
Penulis akan berusaha menyetujui dan membalas secepatnya ^_^.

Diberdayakan oleh Blogger.