Belajar Menganalisis dengan metode SWOT

analisis SWOT
Belajar Menganalisis dengan metode SWOT - analisis merupakan hal yang sangat penting digunakan dalam menentukan tujuan pada suatu strategi, bidang, organisasi, komunitas dan lain sebagainya. Dengan menggunakan analisis SWOT bisa mempermudah kita untuk menganalisa masa depan sebagai tujuan kita akan berbuat atau melakukan sesuatu dengan benar.


Menganalisis SWOT sangat mudah dilakukan untuk orang awam seperti kita. Tetapi jangan meremehkan  hasil analisis SWOT. Belum tahu hasilnya bisa sangat menajubkan, Hasil  ini lah yang akan menentukan tujuan yang akan kita lakukan kedepanya. Apakah itu sebuah strategi, Rencana, Evaluasi dan lainya

Analisis SWOT sendiri mempunyai 4 faktor yaitu Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kita disini akan membahas 4 faktor tersebut:

Kekuatan : 
Kekuatan masuk sebagai faktor analisis SWOT. Kekuatan merupakan peranan penting dalam melakukan kegiatan analisis ini. Sebagai seseorang yang bijak seharusnya kita memaksimalkan kekuatan yang dimiliki. Kekuatan inilah yang nantinya bisa membantu kita dalam menganalisa kemampuan atau kelebihan yang dimiliki untuk suatu kedepanya.

Setiap orang pastinya mempunyai kelebihan dalam diri mereka sendiri. Orang yang menggunakan kelebihan dengan semaksimalnya mungkin seseorang tersebut sudah dapat memanfaatkan kemampuan yang telah mereka kembangkan. Untuk menjadi yang terbaik kita juga harus mampu mengetahui skill, kelebihan yang kita miliki.

Untuk mencari tentang kekuatan ini, Carilah data tersebut dibagian internal contohnya adalah kekuatan diri sendiri, kekuatan organisasi, komunitas. Yang jelas kekuatan ini nantinya dicari dari sisi internal.


Kelemahan :
Benar kelemahan juga termasuk salah satu faktor penentu dalam analisis SWOT. Didunia ini tidak ada yang sempurna pasti mempunyai kelemahan. Dengan kelemahan ini ditemukan kita bisa lebih fokus dan lebih mudah memperbaiki akan kelemahan untuk menjadikan lebih baik. Nantinya dengan kelemahan ini kita bisa tahu dan Kita akan berfikir dengan kelemahan ini. Apa yang akan kita lakukan ? Tidak mungkin kita membiarkan kelemahan terus berlubang. pastinya akan diperbaiki !!

Untuk mencari kelemahan ini, carilah hal tersebut disisi internal. Maksudnya adalah cari kelemahan pada bidang tersebut. contohnya adalah mencari kelemahan diri, organisasi dan lain lain. Masih meliputi sisi internal


Peluang :
Peluang merupakan kesempatan. Dari segala bidang aspek pasti kita dapat menemukan akan kesempatan yang bisa kita perbuat. Mencari sebuah peluang merupakan hal yang sangat asyik sekali. Cara tersebut bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan kelebihan dan memperhatikan aspek kelemahan. kemudian hal ini bisa kita analisis untuk mendapatkan peluang kedepanya.

Peluang juga bisa kita terapkan dengan melihat tujuan dan memanfaatkan sesuatu yang lebih baik. saya contohkan sebagai peluang dari komunitas linux adalah Mengadakan seminar keamanan android. Ini termasuk peluang yang baik karena Operasi sistem android sudah menyebar luas. 


Ancaman:
Setiap peluang pasti  mempunyai sisi terbalik yaitu ancaman atau resiko. resiko ini yang akan kita jadikan sebagai bahan pertimbangan dan perhatian dalam menghadapi sesuatu kedepanya nanti. Untuk itu dengan mempunyai informasi dari sebuah ancaman kita bisa memanajemen akan hal ini. Nantinya kita bisa menghadapi dan melakukan cara untuk bisa menghindarkan bentuk segala ancaman.

faktor ancaman contohnya seperti : saingan seminar keamanan pada komunitas lain, Peserta kurang berminta dan lain sebagainya.

Contoh Menggunakan Analisis SWOT :

Menganalisis tentang Blog Ini 

Kelebihan :
1. Blog ini menggunakan tulis tangan tanpa adanya unsur copy paste, Murni dari penulis blog ini.
2. Menggunakan nama domain dot com (lebih keren, lebih dipercaya, lebih terlihat professional)
3.  Menggunakan nama domain dari nama penulis asli. Ini menambah kepercayaan dari sisi penulis.
4. berhubung penulis jurusan informatika, suka organisasi, komunitas. dan membaca buku lebih, bisnis internet. maka hal itu akan mempermudah membuat artikel tentang Teknologi informasi, pandangan umum, bisnis dan lain sebagainya
5. Penulis mempunyai tips dan trik SEO

Kekurangan :
1. Kurangnya pengalaman dalam hal tulis menulis. 
2. Bahasa yang digunakan dalam menulis masih labil.
3. Kurangnya promosi blog ini.
4. hanya menuliskan 1 artikel setiap harinya.
5. kurangnya pengurusan blog. karena batas waktu

Peluang :
1. Menuliskan artikel tentang tips dan trik tentang teknologi informasi, pandangan, hard skill dan soft skill
2. Mempromosikan situs blog pribadi lewat bbm, facebook.
3. Menerbitkan artikel di facebook
4. Menerbitkankan di media sosial , bookmark dan lain lain

Ancaman :
1. Lemah dengan blog lain dalam menerbitkan artikel yang sama katagorinya
2. Lemah SEO dengan blog lain
3. ketidak percayaan akan blog ini.

Sangat mudah bukan. :')

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar sesuai dengan pembahasan konten diatas !!
Komentar tidak boleh mengandung unsur :
- Sara (penghinaan / pelecehan).
- Spamming (comment spam).
Gunakan kesopanan dalam berkomentar !!

Terima kasih atas Masukan, kritikan, saran atau pendapat dari pembaca.
Penulis akan berusaha menyetujui dan membalas secepatnya ^_^.

Diberdayakan oleh Blogger.