Jangan kuasai banyak bahasa pemograman

Jangan kuasai banyak bahasa pemograman - jangan sampai anda menguasai banyak bahasa pemograman, contohnya : PHP, Ajax, C++, Delphi, Oracel, SQL dan masih banyak lagi. Sebagai teknik informatika jangan kuasai banyak bahasa. Sebagai seorang mahasiswa informatika tidak diperbolehkan menguasai semua bahasa karena itu benar benar diluar batas kemampuan. 


Seorang yang menemukan atau yang membuat bahasa c++ atau yang lainya juga hanya mengembangkan bahasanya sendiri. Jadi menurut penulis, lebih baik anda mengembangkan bahasa pemograman yang anda sukai, tetapi tidak menentut kemungkinan anda juga mempelajari seluruh bahasa hanya sebatas pengenalan saja atau lebih, tidak sampai mengusai lebih dalam. 

Saya sarankan anda mengusai bahasa pemograman yang mendukung kemampuan anda dalam merancang suatu aplikasi. Contohnya Java, PHP, Android dan SQL. jadi dengan mengusasi beberapa bahasa pemograman dalam berbagai platform bisa anda buat. Java untuk aplikasi destop, Php untuk website, android untuk mobile dan Sql untuk database.

Dan penulis sarankan untuk mengenal bahasa pemograman lainya contohnya Css, Ajax, Javascript ini untuk mendukung platform pembuatan website. meskipun anda tidak menguasai Css, Ajax dan sebagainya tetapi anda masih bisa menggunakanya dengan baik dan benar.

Alasan alasan kenapa anda tidak diharuskan menguasai banyak bahasa pemograman :
1. Setiap tahun perkembangan bahasa pemograman selalu bertambah, lebih baik anda fokus terhadap pemograman yang anda kuasai. Dengan ini anda lebih mudah untuk mengikuti perkembangan bahasa yang anda kuasai.
2. Setiap orang tidak akan bisa fokus kebanyak hal. Lebih baik anda fokuskan satu hingga empat bahasa pemograman yang ingin dan mampu anda kuasai.
3. Kesulitan dalam mengembangkan bahasa pemograman yang anda kuasai.
4. Kekurangan hal kerjasama dengan orang orang yang mempunyai bahasa pemograman yang berbeda beda. karena kita merasa mampu !! Lebih baik anda kerjasama dengan orang orang yang menguasai bahasa yang tidak kita kuasai untuk membuat suatu aplikasi, disinilah hubungan antara professional terjalin.


Kesimpulan:
Jangan memaksakan diri anda untuk menguasai banyak pemograman, karena itu hanya akan membuat perkembangan dalam menguasai bahasa akan berkurang. Lebih baik kuasailah bahasa pemograman yang benar benar anda ingin dan mampu untuk mengembangkan serta ber-inovasi dalam satu bahasa pemograman terlebih dahulu.

penulis : muhammad miftahul ulum
publis : 8.56 PM, 11/23/2014

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar sesuai dengan pembahasan konten diatas !!
Komentar tidak boleh mengandung unsur :
- Sara (penghinaan / pelecehan).
- Spamming (comment spam).
Gunakan kesopanan dalam berkomentar !!

Terima kasih atas Masukan, kritikan, saran atau pendapat dari pembaca.
Penulis akan berusaha menyetujui dan membalas secepatnya ^_^.

Diberdayakan oleh Blogger.