Inilah Sebab Kenapa Matahari Bisa Terbakar Di Ruang Angkasa, Perlu Kamu Tahu




Yo guys, coba kita bahas soal ini! Jadi, kita seringkali ngerasa kalo di luar angkasa gak ada oksigen, jadi mungkin kita pikir gak mungkin ada api di situ, kan? Tapi, nyatanya, ada hal yang agak bikin ngebetein. Kayaknya, Matahari kita tuh bisa menyala dengan api, padahal di luar angkasa gak ada oksigen, mestinya gak mungkin deh api bisa berkobar di sana.

Tapi, jangan salah, bro! Sebenarnya, di ruang angkasa itu masih ada oksigen, walaupun gak sebanyak yang ada di Bumi. Oksigen ini dalam bentuk molekul, lho, yang terdiri dari dua atom oksigen yang nyambung kovalen. Nah, ini penting banget buat kehidupan, juga buat pembakaran bahan bakar fosil.

Cek ini, para peneliti udah temuin oksigen di beberapa tempat di luar angkasa, kayak Nebula Orion, awan Rho Ophiuchi, sampe galaksi yang namanya Markarian 231. Tapi, ini belom jawaban kenapa Matahari bisa terbakar.

Kita tau, Bumi ini satu-satunya planet yang punya api, selain Matahari sama bintang lainnya. Nah, buat api itu bisa ngebar, harus ada oksigen di atmosfer. Tanpa oksigen, api gak bakal bisa menyala. Bahkan buat api bertahan, diperlukan atmosfer yang punya sekitar 16 persen oksigen.

Meskipun oksigen molekuler adalah salah satu yang paling banyak di alam semesta, tapi di Matahari kita, gak ada banyak tempat buat oksigen. Malah, panas sama cahaya Matahari itu dihasilkan dari proses fusi nuklir, bro!

NASA bilang, Matahari punya massa gede banget yang disatukan oleh gaya gravitasi. Ini yang bikin suhu dan tekanannya naik tinggi banget di dalamnya. Jadi, suhu di inti Matahari bisa sampe 15 juta derajat Celcius, loh! Ini cukup buat ngejaga proses fusi nuklir terjadi. Di sini, atom-atom hidrogen bergabung jadi helium, dan proses ini melepaskan energi yang luar biasa besar.

Jadi, kalo Matahari gak terbakar dan angkasa itu hampa, gimana kita ngerasain panasnya di Bumi? Nah, panas yang kita rasain itu sebenernya hasil radiasi Matahari yang nyampe ke Bumi dan berinteraksi sama partikel di sini.

Intinya, di luar angkasa memang gak ada oksigen buat api, tapi Matahari punya cara sendiri buat menyala. Gitu, bro!

Kategori Post :

New Info : Informasi, viral, agama, tips dan trik, teknologi, kamasutra.
Bisnis Internet
Hard * Soft Skill : Soft Skill, Hard Skill, blogger, pemograman, hacking.
Pengalaman / Review : Review Wisata, pandangan, politik, review produk.
Keuangan : kartu kredit, investasi, pinjaman.

Related Posts

Post a Comment

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

MMU Menerima Content Placement Dan Back Link
Terimakasih Telah berkunjung , Ada yang bisa saya bantu? ...
Chat Sekarang