Mana Yang Terbaik Tenaga Manusia vs Tenaga Mesin Robot Di Pabrik


Mana Yang Terbaik Tenaga Manusia vs Tenaga Mesin Robot Di Pabrik - Pertama tama saya mohon maaf atas penyampaian nanti yang masih kurang, karena ini sangatlah dilema untuk membahas siapa yang terbaik diantara 2 tenaga ini. Asal mula saya terfikir untuk membuat artike ini adalah karena banyaknya pabrik pabrik diluar sana yang sudah menggantikan kerja manusia ke Mesin atau Robot. mengapa demikian.

Setelah melihat fenomena ini bukan bararti manusia kalah dengan robot. Tetapi dalam hal hal yang sudah dilakukan oleh robot maka manusia juga harus berkembang untuk tidak kalah dengan mesin ( robot ). Kalo skill manusia sama dengan skill pada robot maka jelas robot akan menang dibandingkan dengan manusia secara efisiensi , mudah, cepat dan murah. 

Sama halnya yang terjadi di pabrik pabrik indonesia ini, Rata rata pekerja yang monoton atau itu itu aja yang selama dia bekerja yang dikerjakan itu, tidak berganti ganti. Contohnya adalah melakukan pengepakan dan memasukan produk2 ke kardus, lalu melinting roko secara manual, Menggoreng bahan bahan, menutup dan mengunci kantong Dan masih banyak lagi. Nah pekerjaan pekerjaan seperti ini itu bisa nantinya akan digantikan oleh sebuah robot / mesin.

Pekerjaan tersebut yang itu itu aja akan mudah untuk dibuatkan mesin robot untuk menggantikanya. karena manusia itu menang pada fleksibelitasnya dalam bekerja tidak seperti robot, ketika sebuah robot disetting dan dibuat untuk melakukan pekerjaan A maka dia tidak akan bisa melakukan pergantian pekerjaan B. Berbeda dengan manusia ketika manusia melakukan pekerjaan A maka dia bisa melakukan pekerjaan B dengan sangat cepat bila dibutuhkan dan melakukan pergantian, berbeda dengan robot. Setiap pembuatan robot perlu investasi hingga ratusan juta dan milyaran hanya untuk melakukan pekerjaan dengan spesifikasi tertentu.

Maka bila pekerjaan tersebut pasti dilakukan hingga sampai tahunan dan puluhan tahun pekerjaan itu pasti itu itu aja, Maka penting untuk digantikan saja dengan sebuah Robot yang lebih efisien. Dan bila manusia yang digantikan dengan robot tidak ada pekerjaan lainya resiko maka orang orang tersebut akan di berhentikan.

maka sebab itu berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari masing masing tenaga manusia dan tenaga pabrik : 

Kelebihan Tenaga Robot :

1. Lebih Efisiensi ( dalam tenaga, waktu dan dana ) 
2. Cepat Menghasilkan
3. Bisa difungsikan hingga 24 jam nonstop ( tidak perlu istirahat seperti manusia )
4. Lebih Murah jangka panjang ( Meskipun biaya pembuatan mahal, tetapi jangka waktu untuk mengganti manusia lebih murah )
5. Jarang Terjadi Kesalahan
6. Tidak perlu dilakukan pengawasan.

Kekurangan Tenaga Robot : 

1.  Mahal Diawal ( Pembuatan Robot )
2.  Ada biaya Listrik
3. Ada Biaya Perbaikan dan kerusakan
4. Tidak Fleksibel

Kelebihan Tenaga Manusia : 

1. Fleksibel dalam melakukan pekerjaan.

Fleksibel ini artinya manusia bisa mengganti pekerjaan pekerjaan lainya, Contoh setelah melakuan perkejaan A maka apabila ada perubahan pekerjaan ke B  maka lebih mudah untuk menyesuaikan.

2. Biaya yang murah untuk diawal.

Kekurangan Tanaga Manusia : 

1. Tidak bisa running hingga 24 jam nonstop.
2. Kurang Cepat.
3. Terjadi kesalahan Contoh : lalai.
4. Terdapat Emosional.
5. Perlu dilakukan pengawasan.

Ingat kelebihan dan kekurangan ini saya tulis untuk pekerjaan yang monoton, itu itu saja, tidak berubah ubah, sehingga sangat beresiko akan digantikan oleh mesin. Disini saya tidak menghakimi orang orang yang bekerja seperti itu, tapi saya memberi tahu bahwa resiko dan peluang tersebut ada apabila kebijakan perusahaan tidak memperdulikan kesejahteraan. Tetapi ada juga perusahaan yang memang ingin fokus ke efisiensi karena masalah ekonomi juga ada. 

Saya harap dengan mengetahui ini, alangkah baiknya manusia harus terus berkembang dan selalu memperbarui skillnya, kemampuanya atau analisanya. Meskipun adanya robot ini juga akan menciptakan lowongan lowongan baru dalam sebuah mesin tetapi itu perlu dipelajari bertahun tahun lamanya. 

Mungkin besok saya akan share artikel bagaimana manusia menghadapi tantangan dalam menghadapi kemapuan robot untuk menggantikan pekerjaan manusia. 


Kategori Post : Informasi : viral, agama, tips dan trik, teknologi. Bisnis Internet. Soft Skill. Hard Skill : blogger, pemograman, hacking. Review Wisata : pandangan, politik, review produk. Keuangan : kartu kredit, investasi, pinjaman.

Related Posts

Post a Comment

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

MMU Menerima Content Placement Dan Back Link
Terimakasih Telah berkunjung , Ada yang bisa saya bantu? ...
Chat Sekarang