Nasib Programmer Di Indonesia | Gaji Programmer | Jasa Programmer

 

Nasib Programmer Di Indonesia | Gaji Programmer | Jasa Programmer - Saat ini sudah banyak lulusan bidang teknologi informasi di berbagai universitas di indonesia. tetapi banyak dari lulusan mereka yang bisa lulus menjadi seorang programmer. Bahkan sebagian dari mereka bertahan hingga menjadi senior programmer atau menjadi konsultan software engineer. Bahkan banyak juga seseorang menjadi programmer tidak harus lulus dari program study yang berhubungan dengan komputer.


Akan tetapi menjadi programmer di indonesia memang mempunyai gaji yang rendah dibandingkan dengan bekerja diperusahaan luar. Mengapa di indonesia gaji programmer sangatlah kecil, memang banyak faktor. Terutamanya karena banyak orang lulusan menjadi programmer dibayar murah hanya karena ingin mendapatkan pengalaman. Bahkan permintaan perusahaan untuk seorang programmer cukup rendah dibandingkan posisi yang lainya, Dan juga job des.


Seorang programmer di indonesia bisa dibilang cukup besar 5 juta hingga 7 juta bagi sebagian orang. Tetapi bagi saya hal itu sangat rendah bila dipaksakan seorang programmer diminta untuk melakukan pekerjaan full stack dimana pekerjaan yang harusnya 2 orang menjadi 1 orang saja. Fullstack itu pekerjaan 2 orang antara frontend dan backend. Bila perusahaan memberikan pekerjaan fullstack sama saja mereka ingin 1 orang dipekerjaan dengan pekerjaan 2 orang.


Banyak perusahaan yang sangat mendzolimi para pekerja IT khususnya programmer. Kita diminta mengerjakan sebuah aplikasi tanpa ada bantuan seperti Desain app, Quality assurance, testing, Server dan lain sebagainya. Bahkan diperusahaan software house pun terkadang ada yang kurang.


Dengan berbagai macam masalah masalah yang terjadi terkait dengan programmer munculah sebuah kondisi berita tentang Indonesia Darurat programmer. Bagaimana tidak programmer yang dimana mereka bekerja berdasarkan fikiran mereka, setiap tahun ada perubahan code, perubahan versi untuk coding, Apa yang dia pelajari sekarang belum tentu bakalan dipakai dimasa mendatang, Dan buanyak sekali tantangan tantangan ketika menjadi seorang programmer. 


Bahkan untuk menjadi seorang programmer yang mempunyai skill mempuni saja harus belajar banyak hal dan banyak pengalaman, mulai dari mempelajari code, mempelajari server, sql, database dan masih banyak lagi. Bahkan mereka sebagai developer web harus juga mengetahui banyak sekali library dan bahasa pemograman mulai dari html, css, javascript, library boostrap, vue, reactjs, web mobile, php, database. bisnis proses. Mengerikan sekali dan gaji mereka hanya segitu gitu saja. Wah...


Mungkin indonesia sudah dikatakan lebih baik dari pada awal awal, Sebelum ada sistem management yang baik terkait dengan cara kerja sebuah pengoperasian dan pembuatan aplikasi. Mulai naiklah sistem sistem dalam management development, mulai dari water fall, Agile dan masih banyak lagi. Sehingga memungkinkan tekanan tekanan yang diberikan ke developer sudah mulai berkurang dan pekerjaan tertumpuk diprogrammer akhirnya sudah ada yang membantunya.Mulai dari testing aplikasi, CI/CD dan lain2.


Ya seperti itulah nasib programmer yang bekerja di indonesia, Beban kerja kemungkinan akan selalu bertambah dibandingkan dengan pekerja yang lainya. Saya tahu mungkin dari sebagian orang bahwa menjadi programmer adalah tantangan, tantangan sih tantangan tapi kalo dimanfaatkan orang lain agar kita bekerja diluar yang tidak seharusnya. Setidaknya kita perlu menolak, apalagi berhadapan dengan lead yang tidak mau tahu. Pekerjaan harus selesai dengan cepat, tidak ada bug, sempurna. Susah... 


Bagaamana cerita kalian tentang menjadi programmer, ?



Related Posts

Post a Comment

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

MMU Menerima Content Placement Dan Back Link
Terimakasih Telah berkunjung , Ada yang bisa saya bantu? ...
Chat Sekarang