Semangat Belajar Memanajemen Waktu, Apa yang perlu dimulai ?

Smangat Belajar Memanajemen Waktu, Apa yang perlu dimulai ? - Mari kita belajar memanajemen waktu yuhuuuu.. Apa itu manajemen waktu. Manajemen waktu adalah sesuatu cara untuk mengatur waktu berharga kamu. Semua orang didunia ini mempunyai waktu yang sama, semua orang. Bahkan hewan, tumbuhan dan bumi se isinya punya waktu yang sama. Mungkin mengatur waktu adalah hal yang tabu bagi sebagian orang. Tetapi bagi orang orang yang mempunyai banyak kesibukan, banyak sekali jadwal, maka ini bukan hal yang tabu.


Dimana waktu merupakan hal yang sangatlah penting, bagi sebagian orang menganggap waktu adalah hal yang biasa, tetapi coba dipikirkan ketika kamu mempunyai banyak jadwal, kegiatan atau pertemuan pertemuan penting maka kamu akan berfikir bahwa waktumu merasa sedikit sekali. Kamu akan merasa mengapa waktu ku cuman sebentar padahal banyak waktu yang terbuang sia sia tanpa kamu sadari.


salah satunya orang membutuhkan manajemen waktu, adalah ketika seseorang merasa bahwa dia perlu waktu tambahan, dia merasa waktu 24 jam ini masih sedikit, masih kurang waktu dan lain sebagainya. tidak demikian yang dirasa bagi orang yang belum pernah merasakan sibuk, padat jadwal ataupun itu. Disini aku juga belajar terkait dengan manajemen waktu. 


Aku akan mencoba untuk menjabarkan bagaimana caranya agar waktu kita bisa teratur. Untuk sekarang ini seperti aku yang masih perlu belajar lagi, maka cara dibawah ini adalah cara yang simpel terlebih dahulu jangan yang berlibet. Tetapi ketika kita sudah bisa menjalankan secara konsisten maka bolehlah kita cari cara untuk meningkatkan memanajemen waktu secara bertahap lebih expert lagi.


1. Jadwalkan kegiatan sehari hari kamu.

Buka catatan kamu, lalu berikan jadwal yang dimana sehari hari kamu melakukan kegitan tersebut. Contohnya ketika kamu melakukan mandi pagi, bangun pagi, tidur malam, makan malam makan pagi. dan lain sebagainya. Tulis di jam jam berapa kamu akan melaksanakan kegiatan tersebut. dan bahkan kalo bisa jadwalkan kegiatan kamu seperti belajar, meneliti, melatih skill, berolahraga.

aku sudah merencanakan hal tersebut seperti

jam 5 pagi : Bangun tidur

jam 5 - 7.30 : Mengurus pekejeraan rumah, makan pagi, perisapan bekerja, memandikan anak.

jam 6 - 7 malam : belajar / mengasah skill.

* Pastikan kamu menjelaskan secara detail dijam jam tersebut.


2. Disiplin

Setelah kamu membuat kegiatan kegiatan dan waktu tersebut . Maka disiplinkan diri kamu untuk selalu mengerjakan sesuai dengan apa yang telah kamu jadwalkan.


Coba kamu praktekan terlebih dahulu cara simpel ini saja, Kamu boleh kok mencari cara lain, tetapi setelah saya belajar cara cara memanajemen waktu di youtube di artikel dan lain sebagainya. dasar yang paling utama adalah poin poin di atas, baru kamu bisa ke tahap selanjutnya. 


Dari poin diatas cobalah kamu konsisten selama 2 minggu jika kamu mampu maka kamu bisa belajar mengembangkan manajemen waktu lebih baik lagi. Tetapi ketika hal ini saja sebagai dasar kamu untuk membangun manajemen waktu belum bisa konsisten maka jangan harap kamu akan bisa melangkah ke hal selanjutnya.


Untuk langkah selanjutnya kamu bisa mendetailkan kembali kegiatan kegiatan tersebut selama 3 hari kedepan. Ingat ini kamu praktekan ketika kamu sudah konsisten dari 2 poin penting diatas. Meskipun kamu bisa mempraktekan tahap poin dibawah ini. Kamu tidak akan bisa konsisten dan terasa merasa ribet.


Dengan beberapa kegiatan yang berbeda contoh : 


Hari senin jam 6 - 7 malam :  Belajar / membaca buku / belajar gitar / piano

Hari Selasa jam 6 - 7 malam : Belajar / riset terkait pekerjaan

Hari Rabu jam 6 - 7 malam : Belajar bahasa inggris, menterjemahkan.


Ya mungkin itu dulu yang bisa saya berikan contohnya. penting kamu harus konsisten dulu ya. Jangan langsung menuju ke puncak. 

Related Posts

Post a Comment

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

MMU Menerima Content Placement Dan Back Link
Terimakasih Telah berkunjung , Ada yang bisa saya bantu? ...
Chat Sekarang