Pilih Mana Budaya Atau Ajaran Islam

Pilih Mana Budaya Indonesia Atau Ajaran Islam - dijaman sekarang ini kita sudah dihadapkan ke pilihan yang membuat sulit dalam berfikir. Bahkan banyak orang kebablasan dalam memilik keputusan dengan benar. Kali ini aku akan membahas terkait dengan pilih mana budaya indonesia atau ajaran islam. Mulai dari adat jawa, adat sunda dan adat semua daerah. 


Semua dibentur benturkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab, bahkan dengan orang orang yang tidak suka dengan ajaran agama. Mereka takut budaya budaya akan hilang, mereka takut akan negara ini menjadi negara islam, mereka takut akan ajaran islam yang diterapkan karena hukum hukumnya yang saat ini sudah sesuai dengan yang mereka inginkan, bisa berubah karena hukum islam.


Dalam pandang cara aku sendiri, Dengan aku adalah orang jawa yang cukup tahu terkait dengan budaya budaya orang jawa yang masih menjalankan ritual ritual jaman kerajaan hindu masih terbawa hingga saat ini. Aku berpandangan bahwa budaya itu adalah cara orang dari turun temurun, kepercayaan orang dari turun turun temurun.


Bahkan kepercayaan yang dulu dulu masih belum bisa dikatakan sesuai dengan kebenaranya. Sehingga orang orang jawa ketika datang suatu yang berbeda mereka mengatakan "Ini itu udah dari jaman nenek moyang, kita ngikut aja". Padahal apa yang dikatakan nenek moyong dulu, orang dulu itu belum sesuai dengan kebenaran yang ada. Bisa jadi mereka percaya karena mereka belum belajar, ilmu belum datang kepada mereka. sugesti sugesti yang belum bisa dibenarkan, opini opini yang masih belum divalidasi kebenaranya. 


Bahkan untuk saat ini saya selalu memfilter budaya budaya dari orang dulu, memfilter hal hal tersebut ke dalam keilmuan yang sedang berkembang atau udah maju. Saya tahu tidak semua kepercayaan orang dulu itu salah atau tidak sesuai dengan kebenaran. Mangkanya terkadang ada budaya jawa yang mengatakan : 


1. Dilarang mengajak keluar anak bayi keluar magrib magrib ke tempat pepohonan.

2. Dilarang Berkata kasar ke orang tua 


Dengan memvalidasi berdasarkan keilmuan agama dan beberapa pengalaman pribadi ini masih dibilang masih bisa diterima. Tetapi tidak dengan budaya jawa


1. Harus membuat sesajen disetiap jembatan disaat menikah

2. Harus Menabur bunga dikuburan

3. Harus Belah kelapa saat hamil.


Menurut aku masih sah sah saja, bila tidak dilanggar oleh keilmuan agama islam, ini adalah filter yang bisa saya jadikan alat agar hal hal budaya seperti ini tidak menjadi sebuah keharusan bahkan lebih baik tidak dikerjakan. 



Kesimpulan.. Saat ini adalah untuk aku sendiri memilih ajaran islam sebagai filter untuk mengerjakan budaya budaya dari orang orang dahulu, bahkan bukan dari budaya jawa saja. apabila budaya itu baik sesuai dengan ajaran islam maka aku akan membiasakan untuk melakukan budaya tersebut. Contoh budaya yang sudah sesuai dengan ajaran islam menurut aku adalah gotong royong, tidak mencaci, tidak sombong, rendah hati selalu membantu, membantu tetangga, mengasihani, memuliakan tamu, permisi dikuburan, permisi mau lewat, pamit berpergian, menyapa orang dan masih banyak lagi,


Related Posts

Post a Comment

Lebih bermanfaat bagi para pembaca lainya dengan meninggalkan jejak Komentar ^_^

MMU Menerima Content Placement Dan Back Link
Terimakasih Telah berkunjung , Ada yang bisa saya bantu? ...
Chat Sekarang