Goa Gajah motoran tips dan trik wisata bali Part 5

Cerita ini adalah lanjutanya dari cerita part 4 silahkan klik disini untuk membaca apa yang sudah gue bagikan, Untuk cerita pertama kali yaitu part 1 silahkan klik disini, untuk part 5 ini adalah akhir dari perjalanan gue kebali.

setelah turun dari bedegul sekitar jam 10.00, gue masih kebingungan untuk mengisi waktu hari terakhir ini kemana lagi, akhirnya kita putuskan untuk pergi ke goa gajah yang sempet kita temukan kerberadaan wisata tersebut di google maps, wisata yang kita pilih ini berasal dari blog blog yang sudah mengulas tentang beberapa tempat wsata di bali. jadi mau gag mau ok deh kita lanjutkan perjalanan ke goa gajah. dengan posisi peta seperti ini, dan masuk kedalam gang gang kecil untuk melewati jalur lebih pendek dan cepat.

rute bedugul goa gajah
rute bedugul ke goa gajah

Nah hampir sekitar 4 KM sebelum sampai kita sempet mampir ke alfamaret buat minum teh dan makan snack kentang untuk mengganjal perut yang lagi kelaparan, kita juga udah tahu kalo makan harus didenpasarnya untuk menghemat, makanan didenpasar itu lebih murah dari pada diwisatanya. setelah itu skip selesai kita lanjutin perjalanan.

setelah sampai, rata rata disana parkir motor tidak tersedia, hanya parkir mobil saja yang disediakan, motor hanya parkir disela sela mobil, karena kita parkir motor tidak dipungut biaya, mungkin karena terlihat miskin mangkanya gag ditarik :v..

goa gajah

Ya setelah kita bergaya gaya dan berfoto ria, aku lihat seperti ada orang tiongkok putih orangnya mau masuk goa gajahnya, ternyata tidak ni orang cuman berfoto dan selvie seperti gue diatas setelah itu pulang. Wihhh gila banget,,, haha mampir cuman foto didepan tulisan goa gajah aja.

OK skip, setelah gue berjalan dan mau masuk tuh goa, kita disuruh bayar sekitar Rp 15.000 / orang, 2 orang gue bayar sekitar Rp. 30.000 setelah dapat karcis, kita akan masuk dari pintu masuk peraturanya harus memakai sewek bagi yang bercelana pendek rok pendek gitu.

karcis goa gajah

Nah setelah gue masuk ke itu wisata, ternyata itu adalah tempat peribadaan orang hindu dan dibuat sebagai wisata gitu. Pokoknya intinya kalo gue ambil kesimpulan dari sini ini, ternyata rata rata wisata bali itu lebih banyak wisata yang menunjukan peribadaan umat hindu. jadi seperti kalo kita lihat di wisata religi gitu deh. jadi gue cuman sekali aja deh datang ketempat tempat yang seperti ini. menurut gue sih rugi kalo datang 2 kali ke tempat tempat peribadaan kayak gini. Karena ini tempat sebenarnya buat ibadah umat hindu. Kenapa gue bakalan datang 2 kali. seperti itu. Pendapat gue sih. lebih baik ya ke wisata wisata alam seperti pantai, nusa dua, dan lain lain. yang tidak berhubungan dengan peribadaan umat hindu.

Ok setelah gue sempet selfi selfi. Disini memang kita lihat wisata ini kita harus menuruni jalan setapak kebawah dulu karena tempat wisatanya lebih rendah dan bukan hanya itu ditempat ini juga sangat sakral bagi umat hindu.

goa gajah

Nah di belakang gue itu sebenarnya adalah goanya, didalam goa itu benar benar sakral. bagaimana gag skaral waktu gue pergi kedalam buat melihat ada apa didalamnya penasaran ternyata disana baunya bau dupa yang menyengat banget, banyak sekali lilin yang menyala dan patung patung gitu. dan horor didalam. si melly aja sampai takut buat masuk kedalam. aku sih bodo amat takut gituan. ok deh sempet buat foto foto lagi dikolam apa juga gag tahu karena gue datang tanpa tour gaet jadi gag tahu apa tentang nie goa. yang dalam fikiranku bagus buat foto ayuk deh :v

danau goa gajah

Ok skip skip kita meninggalkan ini wisata, setelah sampai didenpasar gue sempat makan di tempatnya makan campur masakan orang blitar ternyata, sempet ngobrol ngobrol juga bahwa pemiliknya juga pernah PP dari blitar - bali dulu sebelum jalanya itu enak seperti sekarang ini. Waahhh gue gag bisa bayangin susahnya jaman dulu PP Blitar Bali.

skip setelah makan, kembali ke pondok 828, tidur nyenyak, karena malam hari sekitar jam 8 kita mau ketemuan sama temen kuliah dulu seangkatan yang udah nikah sama temen kuliah dulu juga seangkatan wihh kerenkan haha.. bro arik sama sis santi.

setelah bangun tidur dan mandi, gue berangkat menuju pantai kuta depan hard rock buat ketemuanya. setelah bertemu oke deh, kita pindah ke depan bandara. karena pantai kuta tidak memungkinkan dibuat ngobrol2 karena anginya kencang sekali. setelah sampai bandara oke kita lesehan dan makan martabak dan trambulan yang dibawakan sama mereka. gobrol juga sana kemari cerita sana sini. setelah jam 11.an kita sama harus menyelesaikanya dan pulang balik. Tak lupa Terimakasih banyak buat sis Santi dan Bro arik udah sempetin waktu buat nemunin kita hehe. gag sempet bisa berfoto foto karena cuacanya malam dan kurang penerangan. haha sebenarnya bisa pakai flash si, cuman entahlah ke,enakan ngobrol jadi lupa buat foto.

Setelah gue balik ke penginapan dan siap siap besok udah pulang, sebelum itu gue kesusahan buat cari makan malam didaerah bali, karena jam jam 11 ini pada tutup semua dan yang hanya nasi goreng, jadi baiknya gue beli nasi goreng karena udah gag memungkina cari selain nasi goreng,

setelah sampai penginapan gue harus istirahat buat besok, gue harus berangkat sekitar jam 6 pagi harus sudah berangkat. skip skip bangun tidur mandi dan siap siap buat berangkat packing packing barang. rute yang gue ambil. seperti pada peta ini.

skip perjalanan, kita udah sampai di gilimanuk sekitar jam 10.00 kita menyebrang dan ternyata ada yang ketinggalan yaitu kacamata gue hilang disana. mungkin kacamataku masih ingin berada dibali. huftt, setelah itu menyebrang 1 jaman, selama berada dikapal gue sempet hub temenku johan untuk bertemu dipantai boom akhirnya kita rencanakan habis ini kita ke pantai boom.

setelah turun dari kapal oke, kita berangkat ke pantai boom dan gue sempet lupa dimana pantainya akhirnya kita ketemuan dulu di alun alun banyuwangi. setelah bertemu kita sama sama ke pantai bom, untuk beristirahat sebentar dipantai boom makan siang.

Nah dipantai boom ini lumayan rame, jadi gue tidur cuman 20 menit aja suruh bangunin karena jam 1 kita harus ke malang, so, akhirnya cuman 1,30 menit kita dipantai boom. Ok setelah itu kita pamit dan berangkat kemalang. ditengah perjalanan ternyata hujan di alas baluran ini deras sekali kita lewati skip perjalanan sampai akhirnya kita sampai dimalang dengan selamat sekitar pukul 20.00 dari berangkat jam 1 siang.

Kesimpulan dari perjalanan gue adalah

pertama : keamanan perlu dijaga, motor harus siap service kalo buat perjalan jauh. jadi motor siapkan juga perlatan peralatan penunjang buat bila ada apa apa tuh motor. juga selalu cek kondisi ban harus benar benar tidak kempes. yang penting cek kondisi angin harus benar benar dalam tekanan sesuai. biar gag bocor ditengah jalan, karena motor gue almhamdulillah gag bermasalah atau pun ban bocor.

kedua : bawa uang secukupnya lebih dikit, karena apa yang kita tidak tahu pengeluaran bakalan berapa kita masih belum tahu bisa jadi itu diluar rencana, karena rencana ini udah aku matangkan 1 bulan sebelumnya.

ketiga : kalo kebali siapkan juga mau bertempat tinggal dimana, saya itu waktu cari penginapan udah gue booking lewat pegi pegi dengan harga yang lumayan murah karena ada diskon Rp 100.000m atau pakai traveloka juga bisa

keempat : tentukan dulu deh wisata yang mau kita kunjungi karena kita bakalan pusing nantinya kalo kesana gag tahu mana yang ingin dituju karena oh karena terkadang tempat yang kita tuju itu biaya masuknya mahal jadi kita gag jadi kesana dan altrnatifnya harus kemana itu harus dipikirkan juga.

Kelima : Cari tempat tinggal yang dekat dengan denpasar, karena makanan didenpasar tergolong lebih murah, dan akses ke semua wisata bali tepat berada ditengah tengah. kalo yang ingin liburan diberbagai tempat wisata bali paling cocok seperti gue di denpasarnya. kalo ingin cuman ke pantai dan club ya lebih baik dekat depan pantai kuta yang juga murah penginapanya. ada banyak penginapan yang murah kayak home stay, inn, hotel, hostel, dan lain lain. pilih sesuai dengan kebutuhan dan uang bro.

Keenam : kalo ingin datang ketempat wisata berbau keagamaan hindu lebih baik datang 1 kali aja gag perlu datang 2 kali karena menurut gue gag ada gunanya datang 2x karena itu wisata religi untuk kaum yang beragam hindu. jadi gue saranin buat datang ke wisata alam pantai, gunung, danau, dan lain sebagainya bisa bro datangin banyak kali. seperti contohnya pantai pandawa, kuta, sanur, dll. mungkin kalo gue ke bali lagi, gue gag akan ke wisata yang berbau pure2, gue sempet yang ingin pergi ke wisata pantainya lagi dan berbagu tantangan gue suka. hehe.

Mungkin sampai sini saja bro dan sis, yang udah baca sampai akhir terimakasih, ini sedikit ulasan cerita gue pergi kebali. dari malang motoran ke bali, pakai motor Supra X 125 Fi hehe.., alhamdulillah selama perjalan tidak ada masalah entah itu motor ataupun ban bocor. ok nantikan lagi cerita jalan jalan lagi