Pentingnya Pin Simcard Keamanan Smartphone Wajib Digunakan

Pentingnya Pin Simcard Keamanan Smartphone Wajib Digunakan  - Kali ini aku ingin memberitahukan terkait dengan keamanan yang sangat penting dibagian smartphone, Biasanya banyak orang menggunakan keamanan hanya sebatas pin untuk smarpthone, mulai dari finger print, face recognition. Padahal ada lagi keamanan lebih penting dari pada smartphone tersebut.


Padahal keamanan tersebut hanyalah mengamankan data didalam smartphone, tidak mengamankan akun didalam smartphone, Masih belum belum jelas yaa ? ... jadi gini keamanan tadi itu hanyalah sebuah pengunci untuk mengunci data didalam smartphone seperti photo, data wa, beberapa file yang ada di dalam. Tetapi keamanan simcard ini mengamankan akun akun penting seperti akun email, akun tokopedia, shoppee, kredivo dan akun akun penting lainya. Akun akun berhubungan dengan no telepon biasanya ada beberapa akun mbanking dan akun keuangan seperti pinjol dan lain sebagainya.


Jujur saja ketika aku memberitahukan hal ini kepada teman teman it saya, yang paham tentang teknologi dan paham tentang smartphone dan keamanan lainya, mereka gak paham tentang keamanan simcard ini. Wahh mengerikan sekali bukan... 


Padahal simcard ini sangatlah penting untuk menjaga akun akun kita ini lohh.. beneran ini, sungguh penting banget. Bayangkan kalo kamu kehilangan smartphone kamu, ok lah katakanlah kamu udah bikin keamaan di smartphone dengan apapun itu bentuknya dari pin, password, atau pola. Tetapi tidak dengan simcardnya. Ceritanya nih si maling ini gak bisa buka handphone kamu, tetapi dia bisa bisa pakai no telepon kamu, Dia tinggal cari no telepon di layanan operatornya udah dapat, 


Lalu duaaarrr, dia bisa  masuk ke akun email, akun tekopedia dan apapun itu dengan no telepon, mudahnya dia tinggal lakukan lupa password pakai no kamu. Gimana apa gak bahaya kann.. So bagaimana dengan cerita ini. Ini sudah banyak kejadian loh. Jadi soo.. ayuk lakukan sekarang untuk menggunakan pin simcard ini. tetapi ada beberapa hal yang wajib kamu tahu ya.. terkait dengan keamanan simcard ini.


Pertama tama, simcard pin defaultnya adalah 1234, jadi ketika kamu belum pernah masuk ke pin simcard kamu nanti akan diminta memasukan pin simcard dengan default pin tersebut masukan, dan kamu akan bisa mengaktifkan pin sim cardnya. Sudah ok, silahkan ganti pin simcard tersebut dengan number yang kamu sering ingat. 


Nantinya jangan sampai lupa, setiap no.telepon itu mati, dan hidup kembali nantinya akan diminta untuk memasukan pin simcard. Jangan sampai lupa, kalo kamu sampai lupa dan salah melakukan kesalahan hingga lebih dari 3x maka sim card kamu akan terblokir. caranya kamu harus memakukkan PUK1 hingga 3x ketika kamu salah lagi kamu akan diberikan 1 kesempatan untuk membuka blokiran dengan memasukan PUK2. Ketika salah lagi selama 3x maka kartu kamu otomatis terblokir tidak bisa terbuka kecuali harus dibawa ke grapari / operator celluler terdekat. 


Nah kamu harus tahu nih terkait dengan PUK1 dan PUK2 kode puk ini adalah kode yang bisa kamu ketahui dengan membuka aplikasi mobile celluler kamu. Disana ada kode puk atau cari tahu kode puk dilayanan operator kamu. ketika kamu udah dapat segera simpan di tempat yang aman. Ketika kamu lupa akan pin kamu, nanti kamu bisa buka blokiran dengan puk yang sudah kamu simpan. Asyikk. mudah bukan.. apakah hal ini membuat mu bingung ? Ok langsung aja bingungnya dimana, tulis dikomentar aja ya.


Oh iya,, untuk posisi dimana cara mengaktifkan pin simcard kamu, silahkan pergi ke pengaturan smarpthone dan pilih katagori kemanan, Intinya setiap smartphone beda beda ya, jadi cari aja pasti ketemu kok.


Bye bye ... Tunggu artike menarik selanjutnya... 

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.