Paket Rusak Saat Pengiriman Barang Cara Klaim Ke Ekspedisi

Paket Rusak Saat Pengiriman Barang Cara Klaim Ke Ekspedisi - Banyak sekali hal yang masih diragukan ketika berbelanja online. takut tertipu, takut barang hilang, dan lain sebagainya. Disini saya akan menjelaskan tentang bagaimana jika paket barang yang diterima dalam keadaan rusak ketika membeli dimarket online ??


Ada beberapa memang kesalahan kesalahan yang dilakukan dari 3 User, pertama adalah pembeli, kedua adalah espedisi, yang ketiga adalah penjual. Kalian harus tahu terlebih dahulu bahwa barang tersebut rusak atas kesalahan siapa dari 3 user tadi. Lalu bagaimana cara kita tahu bahwa barang tersebut rusak karena salah satu dari ketiga user tersebut.


Baiknya anda terlebih dahulu membuktikan bahwa barang tersebut rusak bukan karena kesalahan anda selaku pembeli. Bukti apa itu ? Pertama kali anda terima silahkan foto barang tersebut atau video barang tersebut seketika diterima oleh si kurir. Ketika tervideo, lebih detailkan kondisi paketan barang anda, apakah masih baik, atau sudah rusak. Dan jangan membuka paketan anda sebelum benar benar melakukan perekaman dalam bentuk vide. Rekam paketan anda sekaligus membukanya. 


Apabila produk yang dibeli adalah bentuk elektronik, silahkan rekam dan video sekaligus tanpa jeda ya. Bahkan meskipun itu adalah produk pakaian, dan apapun produknya silahkan dicek sambil divideo. Apabila terjadi kerusakan atas produk tersebut silahkan didetailkan divideo dan dijelaskan. Selesai


Apabila barang terjadi kerusakan silahkan langsung menghubungi penjual anda dan lakukan konfirmasi bahwa barang yang diterima dalam keadaan rusak dilampirkan juga bukti video yang direkam. Kita akan melihat bukti dari penjual. Apakah penjual sudah memberikan bukti juga terkait dengan barang yang dikirim dalam keadaan baik baik saja, 


Ketika penjual sudah memberikan bukti bahwa paket yang dikirim sudah sesuai dengna prosedur dari expedisi, kini anda langsung datangi ke pihak expedisi untuk meminta klaim ganti rugi, karena barang yang dikirimkan dalam keadaan tidak baik. Hal ini juga berdasarkan bukti perekaman video dan bukti dari penjual. Sehingga pihak expedisi tidak bisa mengelak, karena barang dari awal dikirim dalam keadaan baik namun ketika sampai barang dalam keadaan tidak baik. Artinya ada proses yang membuat barang itu rusak entah karena, terbanting, atau ketindihan dan lain sebagainya dimana kondisi tersebut membuat kerugian disalah satu pihak.


lalu barang seperti apa yang sekirianya bisa di klaim, Barang yang rusak hingga 70%, dan tidak bisa dipakai, dan lain sebagainya. Apabila anda mempunyai asuransi atas pengiriman barang, maka pihak asuransi akan menggantikan 10x nilai dari jasa pengiriman barang, bukan dari nilai barang ya...


Setiap ekspedisi mempunyai nilai niali dan prosedur tertentu dalam mengganti kerugian konsumen, lebih baik anda langsung datangi ke kantor espedisi dan meminta protes atas kerugian kerusakan barang. 


Serta klaim tersebut bisa anda dapatkan ketika barang tidak kunjung datang ke rumah alamat yang dituju. Biasanya espedisi akan mengganti biaya barang yang dikirim, tetapi tidak serta dengan biaya jasanya.



Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.